fbpx
kuota internet gratis liputantimes.com

Cara Mengecek Kuota Gratis Kemendikbud 2021 Semua Operator

Ada kabar menarik dari Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan), dimana instansi pemerintah tersebut telah resmi menyalurkan kuota internet gratis periode 2021 untuk para pelajar. Hal ini bertujuan, agar nantinya mereka yang melakukan aktifitas belajar secara daring bisa lancar tanpa terkendala masalah kuota internet.

Nah pada kesempatan kali ini, akan dibahas tentang cara mengecek bantuan kuota gratis Kemendikbud 2021 untuk anda semua, karena memang tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara mengecek kuota tersebut.

Mengecek Kuota Gratis dari Kemendikbud

Di Indonesia sendiri ada sekitar 6 provider yang digunakan, dimana semua pelajar yang memiliki nomor hp yang sudah di daftarkan, maka akan secara otomatis mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud tersebut.

Untuk PAUD bakal mendapatkan kuota gratis sebesar 7GB, lalu untuk para siswa mendapatkan kuota 10 GB, 12 GB untuk guru, dan juga 15 Gb untuk mahasiswa serta dosen. Kuota gratis ini sudah diberikan sejak tanggal 11-15 setiap bulannya, sehingga sekarang dipastikan semua sudah mendapatkannya.

Setiap operator seluler ini memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengecek kuota gratis tersebut, untuk itu anda tinggal menyesuaikannya dengan kartu yang anda gunakan saat ini.

Telkomsel

Cara mengecek bantuan kuota gratis Kemendikbud 2021 yang pertama kali ini adalah untuk pengguna Telkomsel.  Dimana Telkomsel ini menjadi provider dengan pengguna yang sangat banyak dan diklaim memiliki kualitas jaringan terkuat di Indonesia.

Untuk Telkomsel, semua kuota bantuan ini akan dimasukkan kedalam kuota umum. Bagi pengguna kartu Simpati, Kartu As, Loop maupun By.U yang sebelumnya sudah terdaftar kedalam Dapodik akan menerima SMS Pemberitahuan yang dikirim oleh pihak operator Telkomsel.

Nah untuk mengeceknya, maka anda bisa melakukanya dengan menggunakan panggilan Dial ke *363# atau juga bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Nantinya kuota gratis dari Kemendikbud ini bisa digunakan untuk belajar online, kecuali mengakses sosial media seperti Instagram, Twitter, TikTok, maupun Facebook.

BACA JUGA  Cara Menghemat Baterai Hp Android ini Ternyata Bikin Boros, Pernah Coba?

Indosat Ooredoo

Cara mengecek bantuan kuota gratis Kemendikbud 2021 selanjutnya kali ini untuk anda pengguna provider Indosat Ooredoo.  Untuk mengecek kuota gratis ini, anda bisa melalui panggilan dial up di *123*075# atau bisa mengeceknya langsung pada aplikasi MyIM3.

Selain melalui cara diatas, masih ada cara lain yang bisa anda lakukan yakni melalui akun Official WhatsApp dari IM3 Ooredoo di bit.ly/im3whatsapp, atau anda juga bisa membuka laman berikut ini: im3ooredoo.com/bantuankuotainternet.

Kuota gratis yang diberikan oleh Kemendikbut untuk pengguna Indosat Ooredoo ini bisa digunakan selama 24 jam untuk mengakses internet di lebih dari 300 portal pendidikan maupun platform video meeting seperti Ruangguru, Zenius, Zoom, Google Classroom, Microsoft Teams, hingga Sekolahmu.

Smartfren

Masih sama dengan provider diatas tadi, dimana bagi anda pengguna provider Smartfren maka akan mendapatkan pesan langsung berupa SMS dari Kemendikbud di nomor anda. Sementara itu untuk mengecek besarnya kuota yang diberikan, maka anda bisa mengeceknya lamgsung di *123# atau bisa juga di *995#.

XL dan Axis

Begitupun untuk anda pengguna provider XL dan Axis, dimana keduanya ini bernaung dibawah PT XL Axiata sehingga juga mendapatkan jatah kuota internet gratis yang sama. Silahkan anda cek pesan berupa SMS dari Kemendikbud mengenai kuota gratis bagi nomor anda yang sudah terdaftarkan.

Untuk mengecek jumlah kuota yang diberikan ini ada beberapa cara yang bisa anda coba, yakni bisa melalui aplikasi myXL, AXISnet, ataupun myXLprio. Cara lain yang bisa anda coba adalah dengan melakukan panggilan dial up ke *123*7*1*6*3#.

Tri

Yang terakhir bagi anda pengguna provider Tri juga mendapatkan jatah kuota gratis Kemendikbud 2021. Nah untuk mengecek bantuan kuota dari Kemendikbud ini pengguna provider Tri bisa melakukan panggilan dial ke nomor *123*10*3#. Selain itu anda juga bisa mengeceknya di aplikasi Bima+ dimana akan terdapat sebuah informasi pada kolom “Kuota aplikasi dan Edukasi”.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara mengecek bantuan kuota gratis Kemendikbud 2021, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.