BRIAPIUrl

Pengertian, Cara Kerja dan Manfaat API Sanbox BRIAPI

Beberapa orang tentu belum mengerti, Apa Itu Sandbox? Jadi, API sandbox merupakan sebuah fitur untuk melakukan simulasi dan pengujian Application Programming Interface (API) dengan data yang telah disediakan. Bagi developer, aktivitas tersebut cukup penting. Sebelum benar-benar mengintegrasikan API ke dalam pengembangan produk, developer harus mengetahui terlebih dahulu akan celah atau eror yang bisa saja terjadi dalam prosesnya.

Sebagai penyedia layanan API, maka BRIAPI turut membantu developer untuk melakukan simulasi dan uji coba API melalui API sandbox. Tentu saja fasilitas ini memungkinkan developer untuk menciptakan kondisi yang mirip dengan production behavior di platform mereka. Begitulah singkatnya tentang Apa Itu Sanbox. Berikut juga bisa anda simak tentang pengertian Sanbox lebih luas lagi.

Apa itu API Sandbox?

Apa Itu Sanbox? Sebagaimana yang telah disampaikan di atas bahwa tak lain, Sanbox adalah fitur yang membuat developer dapat melakukan simulasi request dan response menggunakan data dummy yang telah disediakan. Dengan kata lain Sanbox merupakan salah satu fitur yang ada pada BRIAPI yang hanya bisa digunakan oleh pihak ketiga (third-party) yang telah terdaftar. Perlu anda tahu, bahwa API sandbox cukup penting bagi developer.

Sebelum menggunakan API di production environment, uji coba harus dilakukan dahulu pada setiap API. Maka dari itu dibutuhkan lingkungan yang sesuai sekaligus mencerminkan penggunaan API di situasi tersebut. Jika di perhatikan, lebih mirip seperti kotak pasir (sandbox) yang memungkinkan Anda untuk membangun apapun di dalamnya, API sandbox BRIAPI juga akan membantu Anda untuk menciptakan lingkungan yang mirip dengan production environment sebelum mengintegrasikan API di sistem.

Bahkan anda juga bisa mengubah dan menambahkan produk lain sesuai dengan kebutuhan anda di dalam API Sanbox BRIAPI ini. Dalam setiap membuat portal app baru, Anda akan mendapatkan credential yang berupa consumer key dan consumer secret yang gunanya untuk mengakses Sandbox Environment BRIAPI.

BRIAPI

Di dalam BRIAPI ada salah satu fitur yang dikenal Sandbox, dan ini sudah pernah disinggung pada kesempatan sebelumnya. Dalam keamanan informasi, Sanbox menjadi solusi yang digunakan untuk menguji, menjalankan, serta memblokir program dan kode yang berpotensi berbahaya sebelum memengaruhi aplikasi, sistem, atau jaringan.

Selain itu, Sanbox juga bisa di artikan sebagai lapisan perlindungan tambahan yang bertujuan untuk mencegah kode dan perangkat lunak berbahaya yamg bisa menyerang dan membahayakan sistem komputer Anda. Jadi inilah alasan mengapa sandbox banyak digunakan dalam mencegah serangan malware, seperti ransomware, trojan, dan spyware. Di dunia perbisnisan, tugas sandbox membantu menjaga informasi tetap terlindungi.

BACA JUGA  Urutan Kabel UTP Straight dan Cross

Misalnya adalah mencegah pelanggaran data dan kerugian finansial. Sedangkan secara umum, Sandbox dari BRIAPI di gunakan sebagai pelengkap solusi keamanan lainnya, misalnya seperti solusi antivirus atau secure email gateway (SEG).

Bagaimana Cara Kerja Sanbox?

Sebagaimana yang telah disampaikan di atas tentang tentang Sandbox BRIAPI maka disini fungsi utamanya sebagai lingkungan virtual yang tidak bergantung pada komputer dan jaringan. Bagi yang mengembangkan perangkat lunak, sandbox lebih digunakan untuk menguji kode baru, menghindari kesalahan pemrograman. Laku untuk hal keamanan, informasi, sandbox digunakan untuk menguji serta menjalankan program berbahaya.

Praktiknya, dengan anda menggunakan Sandbox, maka file, lampiran, URL, dan program dijalankan untuk memeriksa apakah mereka berbahaya atau tidak. Secara sederhana, kotak pasir akan menjadi area aman untuk menguji file, lampiran, URL, dan program sebelum dikirimkan ke pengguna akhir. Verifikasi ini biasanya berlangsung tidak lama, yakni dari beberapa detik hingga beberapa menit.

Keuntungan utama dari Sandbox BRIAPI adalah bahwa apa yang terjadi di sandbox tetap berada sandbox. Sehingga kapasitas analisisnya cukup tinggi. Sandbox bahkan bisa menjadi senjata yang berguna dalam melawan eksploitasi zero-day, yakni merupakan ancaman berbahaya yang belum diidentifikasi oleh perangkat lunak keamanan.

Manfaat API sandbox BRIAPI

Selain pengertian tentang Apa Itu Sanbox, anda juga harus paham tentang manfaatnya. Ternyata bukan hanya untuk pengujian dan simulasi semata, tetapi penggunaan API sebelum diimplementasi ke produk, ada lima manfaat lain yang dapat Anda temukan di API sandbox BRIAPI yakni sebagai berikut:

  • Penyedia komponen dasar

API sandbox BRIAPI menyediakan komponen untuk melakukan tugas-tugas dasarnya atau (common tasks). Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus terhadap komponen unik aplikasi Anda dalam melakukan simulasi pengembangan produk.

  • Pelaksanaan simulasi kontinu

Pada saat anda telah mendaftar di BRIAPI, maka dapat menggunakan API sandbox BRIAPI untuk melakukan simulasi secara kontinu dan sebebas mungkin, tergantung dengan kebutuhan integrasi Anda.

  • Guna melakukan testinge

Manfaat lainnya adalah memungkinkan developer untuk melakukan System Integration Testing (SIT) dan Unit Acceptance Testing (UAT). Sebagai informasi, SIT ialah suatu pengujian untuk membuktikan bahwa setiap fungsi dari suatu aplikasi merupakan satu solusi terintegrasi. Sementara UAT adalah yang dilakukan setelah SIT, yakni pengujian di mana pengguna melakukan uji coba terhadap aplikasi.

  • Mengurangi risiko gagal integrasi

Pelaksanaan simulasi memang cukup penting, tak lain adalah untuk menemukan ketidaksesuaian API dengan proses pengembangan produk. Oleh sebab itulah Anda bisa memaksimalkan penggunaan API sandbox guna menemukan celah yang sekiranya dapat terjadi ketika Anda mengintegrasikan API tersebut.

  • Meningkatkan user experience
BACA JUGA  Cara Melacak HP Hilang dalam Keadaan Mati dengan Cara Cerdas Ini, Berikut Panduan Lengkapnya

Manfaat lain dari Sanbox adalah membuat developer bisa melakukan beragam uji coba dengan berbagai layanan BRIAPI. Dengan kata lain, API sandbox memberikan user experience yang baik bagi para developer sejak sebelum hingga setelah proses onboarding.

Lantas bagaimana kita bisa memanfaatkan API Sanbox BRIAPI tersebut? Yakni dengan melakukan pendaftaran ke website BRIAPI terlebih dahulu, kemudian Ikuti alur pendaftaran dan cermati setiap poin-poinnya untuk memaksimalkan API sandbox BRIAPI.

Tips Menggunakan API Sandbox BRIAPI

Agar anda bisa memperoleh manfaat maksimal di penggunaan API Sandbox ini maka harus memahami penggunaannya dengan baik dan benar. Nah, jadi anda bisa simak tips menggunakannya berikut:

  • Pahami informasi API

Memahami itu penting sekali, apalagi jika anda belum tahu. Sama halnya disini, anda harus memahami Apa Itu Sandbox. Untuk melakukannya, Anda dapat menjawab dua pertanyaan dibawah ini :

  • Apaa tujuan layanan API yang akan Anda uji?
  • Bagaimana alur kerja (workflow) aplikasi Anda dan di mana posisi API di workflow tersebut.
  • Cermati status output API

Tips kedua yakni mencermati semua status output API yang umumnya berupa kode respon. Bergantung pada skenario pengujian, maka anda dapat menentukan lolos tidaknya sebuah API dalam digunakan pada produk berdasarkan kode respon yang diperoleh.

  • Fokuskan pada fungsi khusus API

Dalam satu API mengusung kegunaan yang berbeda dengan API lainnya Misalnya adalah meskipun sama-sama API transaksional, API BRIZZI dan API BRIVA tetapi keduanya jelas mempunyai fungsi yang berbeda. Maka sebabnya dalam pengujian API, usahakan untuk melakukan pengujian sesederhana mungkin. Artinya, selesaikan terlebih dahulu pengujian satu demi satu API untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Apabila ada skenario yang mengharuskan Anda untuk melakukan pemanggilan terhadap lebih dari satu API, jangan lupa pastikan bahwa setiap API telah Anda uji dan berjalan lancar.

  • Ciptakan production behavior semirip mungkin

Perlu anda tahu bahwa API Sandbox adalah wadah Anda dalam melakukan simulasi real production. Oleh karena itu, Anda harus bisa menciptakan production behavior yang semirip mungkin dengan proses production yang Anda lakukan. Nantinya akan muncul potensi pengujian yang kesekian kalinya di API Sanbox jika anda tidak membuat situasi serupa. Ini terjadi karena production behavior yang berbeda antara platform Anda dengan API sandbox—yang tentunya bertentangan dengan tujuan sandbox.

  • Pisahkan data production dengan data sandbox

API Sandbox BRIAPI harus terisolasi dari platform internal Anda. Jadi anda harus ingat bahwa fungsi API sandbox yakni memungkinkan developer untuk mensimulasikan keadaan, bukan mengizinkan interaksi langsung antara data production dengan data buatan di API sandbox. Apabila anda tidak berhati-hati, maka proses pengembangan produk akan terdampak hingga tereksposnya data asli pengembangan ke pihak yang tidak dikenal.