fbpx

Ingin Cari Cuan Lewat NFT? Begini Syarat dan Caranya

Belakangan NFT ramai di bicarakan, Non-Fungible Token atau (NFT) menjadi kabar berita yang menarik perhatian masyarakat. NFT sendiri merupakan merupakan turunan sistem blockhain yang berupa sertifikat digital sebagai bentuk tanda atas kepemilikan sebuah karya. Nantinya para pemilik karya bisa menjual NFT ke orang lain dengan harga murah hingga selangit.

Pembayaran NFT inilah yang kemudian dilakukan dengan mata uang kripto, umumnya menggunakan jenis Ethereum. Beberapa NFT telah berhasil dijual dengan harga menarik, salah satunya adalah yang pernah di dapat “Peeble”. Untuk diketahui, Peeble merupakan seorang pemilik NFT di OpenSea, yang merupakan sebuah marketplace NFT cukup terkenal.

Dari NFT tersebut Peeble pernah meraup uang sebesar 69,3 juta dollar AS, atau setara dengan Rp 992 miliar dari penjualan satu NFT-nya. Selain Peeble, ada pula yang lain seeprti Ghozali Everyday, pemuda asal Semarang, Jawa Tengah yang meraup miliaran rupiah setelah menjual foto selfie dirinya di OpenSea.

Serta masih banyak lagi pemilik karya yang menjual dalam bentuk NFT dengan harga bervariatif. Pantas saja berita ini heboh di jagad maya. Apabila berminat, beberapa syarat tetap harus dipenuhi untuk menghasilkan uang dari menjual NFT. Tidak cuma perangkat berupa PC atau ponsel saja, namun syarat yang lain juga harus dipenuhi. Adapun beberapa syaratnya yakni sebagai berikut:

  1. Mempunyai Dompet Digital Crypto

Syarat pertama saat kamu ingin menghasilkan uang dari NFT adalah dompet crypto, kamu harus memilikinya. Ini adalah dompet digital mata uang crypto yang fungsinya untuk menukarkan uang resmi dengan uang kripto agar bisa melakukan transaksi di NFT. Kamu bisa membuat dompet digital tersebut melalui salah satu platform, yakni MetaMask.

  1. Harus Punya Akun di Marketplace NFT

Selain dompet digital, kamu juga harus mempunyai akun di marketplace NFT seperti OpenSea. Daftarkan dulu akun mu di OpenSea untuk melanjutkan transaksi, berikut caranya:

  • Silakan buka tautan di https://opensea.io, bisa lewat browser laptop atau ponsel, sesuaikan saja di mana Anda telah menginstal dompet digital tersebut.
  • Setelah membuka dan masuk di platform OpenSea, mulailah mendaftarkan akun mu dengan klik ikon dompet atau ikon foto profil, lalu pilih opsi “Connect Wallet”.
  • Kemudian pilihlah dompet digital yang telah Anda gunakan, misalnya seperti MetaMask
  • Selanjutnya buka extension MetaMask yang telah kamu install di Google Chrome dengan langkah klik ikon puzzle yang biasa berada di samping kolom pencarian situs. Lanjut klik opsi “Connect Wallet”.
  • Dompet digital MetaMask kamu bakal terhubung ke OpenSea.
  • Setelah itu klik opsi “Account” kemudian klik lagi opsi “Profile” untuk melakukan pengaturan profil kamu di OpenSea.
  • Silakan memasukkan username, alamat e-mail aktif, dan sebagainya kemudian klik opsi “Save”.
  • OpenSea bakal mengirim pesan ke alamat e-mail milikmu.
  • Setelah ada email masuk dari OpenSea, buka pesan tersebut guna memverifikasi permintaan pembuatan akun di OpenSea.
  1. Punya karya

Syarat lainnya untuk bisa menghasilkan uang di NFT jelas harus memiliki sebuah karya. Kalau tidak, apa gunanya semua ini? Karena hal utama dan paling penting disini adalah ada sesuatu yang bisa kamu tawarkan. Karya tersebut bisa dalam berbagai bentuk atau format, baik video, gambar, foto dan sebagainya masih banyak lagi. Kemudian karya tersebut dikonversi menjadi NFT di layanan marketplace.

Jadi itulah beberapa syarat untuk menghasilkan uang lewat NFT. Kurang lebih, langkah menjual NFT hampir mirip dengan ketika kamu ingin menjual barang di marketplace lain, seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan sebagainya.

Hanya saja bedanya disini transaksi NFT pakai mata uang kripto dan hanya bisa dijual pada platform marketplace khusus. Lalu untuk cara menghasilkan uang lewat NFT sendiri bisa dilakukan dengan menjual karya digital yang telah kamu siapkan di platform marketplace NFT. Kamu hanya perlu mengunggah karya tersebut di platform marketplace NFT dan menyematkan tarifnya. Mudah kan?

Memang, cara untuk menghasilkan uang di NFT terbilang mudah jika di perhatikan secara teori. Akan tetapi semuanya sama saja, butuh kesabaran, tlaten, kerja keras dan usaha. Serta, keberuntungan adalah nilai lebih disini, karena masih banyak juga yang tidak laku di NFT marketplace. Salah satu alasan tidak lakunya, kemungkinan barang yang dijual kurang berharga atau tidak layak di koleksi. Jadi, buatlah karya se-epik mungkin untuk memikat pembeli.

Jika mungkin karya mu telah banyak dilirik, menandakan ciptaanmu cukup berharga maka simak tips cara menghasilkan uang lewat NFT berikut ini:

  • Pasanglah harga NFT dengan riset pasar terlebih dahulu. Apabila kamu penjual baru, bisa melihat terlebih dahulu berapa harga jual untuk karya yang sejenis dengan milikmu.
  • Kemudian buatlah NFT dengan memiliki nilai khas atau unik yang bisa membuat karya mu lebih mudah dikenali calon pembeli. Cara khas inilah yang membuat NFT kamu lebih berharga.
  • Jangan lupa untuk membangun hubungan baik dengan komunitas pecinta NFT agar kamu dapat menjaring pembeli lebih banyak sehingga peluang karya yang terjual juga semakin besar.
BACA JUGA  5 Cara Membuat Foto Menjadi HD Tanpa Aplikasi