Smartphone Berteknologi Kamera Super Terbaru Mulai Dipamerkan

Setelah sukses memperkenalkan teknologi sensor shift IS (image stabilization) pada Desember 2021 lau, kini Tecno Mobile kembalu mengumumkan inovasi baru lensa makro teleskopik untuk perangkat smartphone.

Hal itu diketahui dari unggahan video yang berdurasi selama 30 detik, vendor smartphone asal China tersebut seolah sengaja memamerkan wujud dan keunggulan yang ditawarkan pada kamera makro teleskopik.

Bahkan kabarnya inovasi terbaru kamera makro teleskopik diklaim merupakan yang pertama di industri smartphone. Jika hal ini dipatenkan pada perangkat telekomunikasi, tentunya akan menjadi flagship super keren.

Layaknya lensa digital, dalam video tampak juga menjelaskan bahwa lensa makro teleskopik tersebut bisa menonjol hingga keluar dari bodi ponsel. Ketika itu, kamera akan melakukan kerjanya yakni membidik secara close-up tanpa pengguna harus berdiri terlalu dekat ke subyek foto. Menarik bukan?

Adapun salah satu kemampuan dari kamera tersebut yakni berkemampuan 5x optical zoom yang hasilnya diklaim sama bagusnya dengan bidikan kamera utama. Selain itu, Tecno juga menyebut bahwa lensa barunya itu memiliki bukaan atau (aperture) yang besar sehingga bisa membantu menghasilkan gambar dengan kualitas yang luar biasa.

Selain itu Tecno juga mengklaim, jika untuk menyematkan lensa makro teleskopik, ukuran modul kamera tetap dibuat padat, tidak perlu diperbesar. Sayangnya Tecno tidak menyebutkan lebih detail mengenai dimensinya.

Selain tak menyebut detail soal dimensi, Tecno juga belum mengungkap fitur-fitur atau hasil foto yang diambil dengan menggunakan kamera makro teleskopik baru ini. Bikin penasaran, kapan dan pada model apa lensa makro teleskopik inovasi terbaru ini terpasang pada smartphone belum diketahui.

Namun yang pasti inovasi terbaru itu bakalan mengisi moment tahun ini, 2022 sebagaimana yang dikutip dari Kompas Tekno, Kamis (13/1/22). Terlepas dari kabar lensa, Tecno bukan satu-satunya vendor yang mengembangkan kamera teleskopik di smartphone.

Ada Xiaomi yang sebelumnya telah pamerkan kamera teleskopik tahun 2020. Hanya saja untuk inovasi lensa Xiaomi lebih terfokus pada kemampuan telefoto. Di tahun 2014 lalu, vendor Korea Selatan seperti Samsung juga sempat menaungi konsep serupa lewat Galaxy K Zoom dengan lensa teleskopik yang tertanam di bodi ponsel berkemampuan optical zoom hingga 10x.

BACA JUGA  Ingin Cari Cuan Lewat NFT? Begini Syarat dan Caranya

Dipersoalan fotografi smartphone, memang inilah yang menjadi pertama tecno mengenalkan teknologi inovatif tersebut. Pada Desember 2021 lalu Tecno mengungkap soal sensor shift IS yang diklaim mampu untuk menstabilkan gambar dengan menggunakan gerakan sensor, mengimbangi getaran.