fbpx

Jangan Salah Pilih, Perbedaan Smart TV dan Android TV ini Harus Kamu Tau

Seperti yang diketahui bahwasanya teknologi sekarang ini tumbuh dengan ragam modernisasi. Salah satu yang dimaksudkan di kesempatan kali ini adalah teknologi TV yang juga semakin canggih. Bukan saja smart TV, namun android TV juga sentuhan teknologi yang bisa dimanfaatkan. Lalu apa sih bedanya?

Jika mengacu pada dulunya, TV hanyalah sebuah tabung yang mampu menampilkan gambar serta suara. Seiring berjalannya waktu, TV tabung tersebut bisa di anggap mulai langka. Hal itu lantaran banyaknya para pabrikan yang lebih merilis ragam baru seperti layar datar (flat screen) atau yang biasa dikenal sebagai LCD dan LED masa kini. Uniknya lagi kini televisi telah bertransformasi dengan kehadiran dua model terbaru yang dikenal dengan Smart TV dan Android TV. Mengutip dari Detik Inet Rabu, (01/12/2021) tentang penjelasan dari perbedaan kedua perangkat.

Android TV

Android TV bisa juga disebut sebagai lanjutan atau penerus dari Smart TV. Perangkat tersebut dilengkapi dengan koneksi internet serta Wi-fi, akan tetapi yang membedakan dari keduanya yakni jika Android TV merupakan TV yang memiliki sistem operasi android dan lebih mirip dengan smartphone yang saat ini banyak gunakan. Selain itu perangkat ini juga dibekali dengan sistem operasi serta prosesor yang lebih canggih untuk memberikan fitur serta kinerja mumpuni bagi pengguna.

Perilisan Android TV sendiri yakni pada tahun 2014 oleh perusahaan besar california yakni Google. Televisi android tersebut diciptakan canggih dengan ragam fitur menarik yang bisa membuat penggunanya semakin termanjakan. Salah satunya yakni bisa terhubung ke Google Play Store. Bahkan seperti halnya smartphone Android pada umumnya, perangkat ini juga dapat mendownload dan memperbarui aplikasi saat tersedia di play store. Disini salah satu keunggulannya adalah terdapat beberapa penambahan mikrofon ke dalam remote TV sehingga pengguna dapat menggunakan Google Assistant lantaran semakin banyak orang yang mengajukan pertanyaan secara handsfree.

Smart TV

Lain cerita lain multifungsinya, meskipun sama-sama merupakan barang penghibur dengan gambar dan suara yang ditampilkan namun Smart TV punya kelebihan tersendiri terntunya. Ternyata bukan saja bisa digunakan untuk menonton seperti pada umumnya, namun akan ada banyak hal lain yang bisa dilakukan dalam hal hiburan dari tontonan televisi. Smart TV atau dikenal juga sebagai Internet TV, merupakan sebuah perangkat yang mampu menyediakan program tambahan melalui jaringan konektivitas internet.

BACA JUGA  Nokia 6310 Reborn, Ponsel Jadul Tahan Banting Dengan Fitur Kekinian

Smart TV mempunyai beberapa fitur canggih yang membuatnya berbeda dengan TV biasa. Salah satunya memungkinkan untuk menonton film apapun melalui sebuah situs streaming tertentu. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses video Youtube dengan mudah. Disini salah satu keunggulan dari Smart TV adalah dilengkapinya dengan jaringan koneksi internet yakni menggunakan WiFi. Sehingga dengan kemudahan ini pengguna bisa melakukan browsing di internet asalkan dalam masa koneksi yang tetap ada.

Itulah perbedaan dari Android TV dan Smart TV yang harus diketahui, bahwa streaming dan kegiatan mobile lainnya tidak melulu dengan smartphone.