cara mengetahui penyusup wifi liputantimes.com

Cara Mengetahui Penyusup Pada Jaringan WiFi dan Memblokirnya

Jaringan Wifi saat ini memang menjadi sebuah kebutuhan banyak orang ya, dimana hal itu untuk memastikan jaringan Smartphone miliknya mendapatkan koneksi internet agar bisa berjalan secara maksimal. Mungkin anda yang memiliki jaringan Wifi pribadi pernah kesel karena koneksi internet sangat lambat, selain karena faktor internel juga bisa disebabkan jaringan Wifi anda banyak yang pakai.

Nah untuk memastikannya, maka anda perlu mencari tahu apakah benar ada penyusup yang mengakses jaringan Wifi kita tanpa izin. Bagi anda yang mengalaminya, berikut ini ada ulasan tentang cara Mengetahui Penyusup Pada Jaringan WiFi yang bisa anda coba nantinya. Dalam melakukan hal ini anda butuh bantuan aplikasi ketiga bernama FIng, nah untuk melakukannya anda bisa simak caranya dibawah ini.

Cara Mengetahui Penyusup Pada Jaringan WiFi

  • Langkah pertama, silahkan anda download dan install terlebih dahulu aplikasi bernama Fing di Play Store maupun App Store
  • Hubungkan smartphone dengan jaringan Wifi yang anda miliki
  • Setelah berhasil di install, selanjutnya silahkan anda buka aplikasi tersebut dan klik tombol Scan for Devices
  • Tunggu beberapa detik, nantinya aplikasi Fing ini bakalan mendeteksi beberapa perangkat yang telah terhubung pada jaringan Wifi yang anda miliki. Dalam daftar tersebut bakal ditampilkan nama produsen, model perangkat, Mac Address serta alamat IP yang digunakan.
  • Coba anda klik salah satu perangkat yang ada di dalam daftar, nantinya akan muncul informasi lebih lengkap mengenai perangkat tersebut
  • Jika anda curiga perangkat tersebut penyusup atau tidak dikenal, maka silahkan anda catat Mac address dari perangkat tersebut, lalu silahkan anda blokir melalui laman admin router Wifi anda melalui browser internet nanti

Setelah mengetahui cara mengetahui penyusup pada jaringan WiFi, tindakan selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memblokir perangkat tersebut agar nantinya tidak lagi tersambung pada jaringan WiFi yang anda miliki.

Nah untuk memblokirnya, maka silahkan anda cari tahu alamat IP Router dari Wifi anda, untuk nomor IP address router ini juga bisa anda lihat dari aplikasi FIng tadi, anda tinggal mencari keterangan Router saja di dalamnya.

BACA JUGA  Begini Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital, Gratis!

Setelah anda mencatat alamat IP Router tadi, anda selanjutnya bisa memasukkan daftarnya kedalam alamat URL melalui browser internet, bisa menggunakan smartphone maupun perangkat PC. Selanjutnya silahkan anda masukkan username dan password untuk admin router tadi

Setelah anda berhasil masuk, langsung saja silahkan masuk kedalam menu Advanced lalu silahkan pilih menu MAC Filtering. Disini silahkan anda klik tombol New, lalu masukkan Mac Address dari perangkat yang ingin anda blokir tadi. Selanjutnya klik tombol Apply untuk mengeksekusinya, dengan begini maka perangkat tersebut tidak akan bisa mengakses Wifi anda.

Perlu anda ketahui, jika dalam memblokir Mac Address ini sebenarnya setiap Router memiliki menu masing-masing, sehingga anda perlu melakukan penyesuaian nantinya karena perbedaan dari setiap router ini tidak banyak.

Jika anda bingung, maka bisa mencari menu pada laman admin router masing-masing yang terdapat fitur MAC Filtering maupun sejenisnya. Atau jika anda bingung, bisa mencoba cari tutorial di Youtube maupun sejenisnya untuk mengakses menu admin pada router yang anda miliki.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara cara mengetahui penyusup pada jaringan WiFi, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya. Dan ketika bermain hal berikut jangan di lingkup jaringan publik, dikarenakan hal tersebut bisa menjadi boomerang bagi anda sendiri lantaran ada orang lebih paham terkait jaringan tersebut yang sama-sama terhubung ketimbang anda.