Cara Melihat Panggilan WA yang Sudah Dihapus liputantimes.com 2023

Cara Melihat Panggilan WA yang Sudah Dihapus: Gampang dan Praktis!

Hello, Teman-teman Liputantimes! Ada pernah nggak sih kalian merasa bingung karena log panggilan di WhatsApp tiba-tiba hilang? Pasti cukup mengganggu, bukan? Apalagi jika log panggilan tersebut sangat penting dan belum sempat kita catat nomornya. Well, jangan khawatir! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tuntas mengenai cara melihat panggilan WA yang sudah dihapus. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Bicara soal WhatsApp, aplikasi ini memang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari chatting, berbagi foto atau video, hingga panggilan suara dan video, semuanya bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi ini. Tapi, apa jadinya jika suatu saat kita kehilangan log panggilan di WhatsApp? Tenang, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dua metode yang bisa digunakan untuk melihat kembali log panggilan WA yang sudah dihapus. Metode pertama adalah dengan menggunakan fitur backup dari Google Drive, dan metode kedua adalah dengan memanfaatkan backup lokal yang ada di memori ponsel kita. Tidak perlu khawatir, kedua metode ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, kita juga akan membahas beberapa tips untuk mencegah hilangnya log panggilan di WA. Jadi, mari kita mulai pembahasannya!

Metode Pertama: Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan online yang ditawarkan oleh Google. Salah satu fitur menarik dari Google Drive adalah kemampuannya untuk menyimpan dan memulihkan data dari berbagai aplikasi, termasuk WhatsApp. Jadi, jika kita telah mengatur agar WhatsApp kita melakukan backup data secara otomatis ke Google Drive, kita bisa menggunakan fitur ini untuk melihat kembali log panggilan yang sudah dihapus.

Untuk melakukan ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: Pertama, buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu Settings. Dari sini, cari menu Chats dan kemudian pilih Chat Backup. Pada halaman ini, kita akan melihat berbagai opsi backup yang bisa kita atur, termasuk frekuensi backup, akun Google yang digunakan, serta jenis data yang akan dicadangkan.

BACA JUGA  Memperingati 15 Tahun Sejak Peristiwa 7 Maret, TikTok Berkabung Untuk Korban Garuda Indonesia

Jika kita sudah pernah mengatur backup data WhatsApp ke Google Drive sebelumnya, kita akan melihat bahwa akun Google kita sudah terhubung dan tercantum di Account Options. Jika belum, kita bisa menambahkannya dengan mudah dengan mengetuk Add account dan kemudian memasukkan detail akun Google kita.

Selanjutnya, kita bisa memilih jenis data yang ingin kita backup. Secara default, WhatsApp akan mencadangkan semua data kita, termasuk pesan teks, foto, video, dan log panggilan. Namun, kita juga bisa memilih untuk mencadangkan hanya jenis data tertentu jika kita mau.

Setelah semuanya sudah diatur, kita bisa mulai proses backup dengan mengetuk tombol Back Up Now. Proses ini akan membutuhkan koneksi internet, jadi pastikan kita terhubung ke Wi-Fi atau memiliki kuota data yang cukup.

Jika suatu saat kita kehilangan data di WhatsApp, termasuk log panggilan, kita bisa memulihkan data tersebut dari Google Drive. Caranya adalah dengan menghapus dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp, lalu saat proses instalasi, kita akan diminta untuk memulihkan data dari Google Drive. Cukup pilih Restore dan semua data kita akan kembali seperti semula.

Metode Kedua: Memanfaatkan Backup Lokal

Metode kedua yang bisa kita gunakan untuk melihat kembali log panggilan WA yang sudah dihapus adalah dengan memanfaatkan backup lokal yang ada di memori ponsel kita. WhatsApp secara otomatis mencadangkan data kita setiap hari pada pukul 2 pagi dan menyimpannya di memori internal ponsel kita.

Untuk melihat backup ini, kita bisa menggunakan aplikasi File Manager yang ada di ponsel kita. Buka aplikasi tersebut dan cari folder yang bernama WhatsApp. Di dalam folder ini, kita akan menemukan subfolder lain yang bernama Databases. Inilah tempat di mana file backup WhatsApp disimpan.

File backup WhatsApp ini biasanya diberi nama ‘msgstore-yyy-mm-dd.1.db.crypt12’, di mana ‘yyy-mm-dd’ adalah tanggal saat backup dibuat. Jika kita ingin memulihkan log panggilan yang sudah dihapus, kita harus mencari file backup yang dibuat sebelum log panggilan tersebut dihapus.

Setelah menemukan file backup yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengganti nama file tersebut menjadi ‘msgstore.db.crypt12’. Dengan begitu, saat kita memulihkan data dari backup lokal, WhatsApp akan menggunakan file backup ini sebagai sumber datanya.

BACA JUGA  Tragis! Remaja Hanyut Setelah Bikin Konten Terjun ke Sungai!

Untuk memulihkan data dari backup lokal, kita harus menghapus dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Saat proses instalasi, kita akan diminta untuk memulihkan data dari backup. Kali ini, kita pilih opsi Restore from local backup. Kemudian, semua data kita, termasuk log panggilan yang sudah dihapus, akan kembali seperti semula.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kita tentang cara melihat panggilan WA yang sudah dihapus. Semoga setelah membaca artikel ini, Teman-teman Liputantimes semua menjadi lebih paham dan bisa mengatasi masalah ini dengan mudah. Ingat, data di ponsel kita sangat penting, jadi selalu lakukan backup secara berkala untuk mencegah kehilangan data.

Terima kasih sudah membaca! Jangan lupa untuk terus mengikuti Liputantimes untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, ya! Selamat mencoba dan semoga sukses!