Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP liputantimes.com 2023

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android dan iOS: Panduan Praktis untuk Teman-teman

Hello Teman-teman Liputantimes! Siapa di antara kita yang tidak pernah melakukan kesalahan? Mungkin salah satunya adalah ketika kita tanpa sengaja menghapus foto penting dari ponsel. Sebuah momen yang tidak bisa diulang atau foto berharga yang tiba-tiba hilang, tentu saja membuat kita panik. Tapi, jangan khawatir! Kita semua pernah berada di situasi tersebut dan kabar baiknya, ada solusi untuk itu.

Mungkin beberapa dari kita berpikir bahwa foto yang terhapus dari ponsel akan hilang selamanya. Namun, sesungguhnya ada beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk mengembalikan foto-foto tersebut. Ya, Anda tidak salah dengar. Foto yang terhapus masih bisa diselamatkan dan kembali ke galeri Anda. Bagaimana caranya? Simak terus artikel ini!

Di artikel ini, kita akan membahas berbagai cara untuk mengembalikan foto yang telah terhapus dari ponsel Anda. Metode yang akan kita bahas cukup mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Jadi, jika Anda adalah orang yang tidak begitu teknis, jangan khawatir! Anda tetap bisa mengikuti dan menerapkan metode-metode ini. Mari kita mulai!

1. Periksa Folder Sampah

Folder Sampah atau ‘Trash’ biasanya menjadi tempat pertama yang harus kita cek saat mencoba mengembalikan foto yang telah terhapus. Foto yang dihapus biasanya akan otomatis dipindahkan ke folder ini. Jadi, jika Anda baru saja menghapus foto, kemungkinan besar foto tersebut masih ada di sini.

Namun, perlu diingat bahwa foto yang berada di folder sampah biasanya hanya akan bertahan selama 30 hari setelah Anda menghapusnya. Jadi, pastikan untuk memeriksa folder ini sesegera mungkin setelah Anda menyadari bahwa Anda telah menghapus foto yang tidak seharusnya.

2. Membuka Google Photos

Google Photos adalah aplikasi penyimpanan foto yang disediakan oleh Google. Jika Anda tidak menemukan foto yang dicari di Folder Sampah, cobalah metode ini. Google Photos biasanya akan otomatis menyimpan semua file foto dan video yang ada di ponsel Anda. Jadi, kemungkinan besar, foto yang telah Anda hapus masih tersimpan di sini.

BACA JUGA  Budget Dibawah Rp 10 Juta Sudah Dapet 5 Laptop Gaming Ini Loh

Cara mengaksesnya cukup mudah. Buka aplikasi Google Photos dan pastikan email Anda sesuai dengan yang tercantum di ponsel. Setelah itu, Anda bisa mencari foto yang terhapus sesuai dengan tanggal kejadiannya. Jika Anda menemukan foto tersebut, Anda bisa mengembalikannya ke galeri Anda dengan mudah.

3. Periksa Cloud

Beberapa ponsel biasanya memiliki akun Cloud yang dapat menyimpan beberapa file, termasuk foto-foto. Jadi, jika metode sebelumnya masih belum berhasil, metode ini bisa menjadi alternatif berikutnya. Untuk mencoba metode ini, buka pengaturan dan ketik ‘cloud’. Anda akan diminta untuk memasukkan data seperti email dan kata sandi.

Setelah berhasil masuk, Anda akan melihat beberapa file yang otomatis tersimpan dari ponsel Anda. Jangan terkejut jika Anda menemukan foto yang telah dihapus di galeri masih berada di akun Cloud Anda. Anda bisa dengan mudah mengembalikan foto tersebut ke galeri Anda.

4. Mencadangkan Foto

Selalu mencadangkan foto Anda di ponsel adalah langkah pencegahan yang baik untuk menghindari kehilangan foto penting di masa mendatang. Anda bisa mencadangkan foto di Google Photos, atau menggunakan layanan cloud lainnya seperti iCloud untuk pengguna iPhone, atau Samsung Cloud untuk pengguna Samsung.

5. Mengembalikan Foto yang Terhapus Melalui Gallery

Berikut adalah cara mengembalikan foto yang terhapus melalui Gallery:

  1. Buka Gallery di perangkat Android Anda.
  2. Klik simbol titik tiga di kanan layar.
  3. Klik Trash.
  4. Buka foto yang ingin dipulihkan, lalu klik simbol panah melingkar alias Restore.
  5. Foto akan kembali ke Gallery Anda.

6. Mengembalikan Foto yang Terhapus Melalui Google Photos

Berikut adalah cara mengembalikan foto yang terhapus melalui Google Photos:

  1. Buka Google Photos di perangkat Android Anda.
  2. Klik Library.
  3. Klik Trash.
  4. Klik Select, lalu tandai foto mana saja yang ingin dikembalikan atau tekan lama pada foto-foto yang ingin dipulihkan.
  5. Klik Restore.
  6. Foto yang terhapus akan kembali lagi.

 

Langkah-Langkah Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Berikut adalah beberapa langkah dan cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus secara permanen di HP kamu.

Untuk Pengguna AndroidUntuk Pengguna iOS
1. Periksa Folder Sampah

📂

Buka dokumen dan cari folder ‘trash’ atau sampah. Jika menemukan foto yang dicari, kembalikan ke galeri. Harap diingat, foto di folder sampah hanya bertahan 30 hari sejak dihapus.

2. Gunakan Google Photos

📷

Buka aplikasi Google Foto dan pastikan email terhubung dengan ponsel. Cari foto yang terhapus berdasarkan tanggal kejadiannya.

3. Cek Akun Cloud Anda

☁️

Buka pengaturan dan ketik ‘cloud’. Masukkan data seperti email dan kata sandi. Cari foto yang terhapus di file yang tersimpan di cloud Anda.

4. Mengembalikan Foto melalui Gallery

🏞️

Buka Gallery, klik simbol titik tiga di kanan layar dan pilih Trash. Pilih foto yang ingin dipulihkan, lalu klik Restore. Untuk mengembalikan beberapa foto sekaligus, tahan salah satu foto dan tandai foto-foto yang diinginkan, lalu klik Restore.

5. Mengembalikan Foto melalui Google Photos

📷

Buka Google Photos, klik Library dan Trash. Klik Select, tandai foto yang ingin dikembalikan atau tekan lama pada foto yang diinginkan, lalu klik Restore.

1. Menggunakan Fitur Galeri

🏞️

Buka aplikasi Galeri dan pilih album dari menu drop-down. Gulir ke bawah dan cari tulisan utilitias, lalu pilih folder Baru Dihapus. Pilih foto atau video yang ingin dipulihkan dan klik Pulihkan. Foto atau video akan otomatis kembali ke folder galeri.

FAQ Mengenai Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Berikut adalah FAQ (Frequently Asked Questions) yang berbeda dengan judul yang telah dibahas sebelumnya, mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus di HP.

1. Kenapa beberapa foto tidak bisa diambil kembali dengan cara-cara yang telah saya lakukan?

Jika foto terhapus sudah lebih dari 30 hari, maka kemungkinan sangat kecil untuk bisa mengembalikannya. Selain itu, beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP sangat bergantung pada fitur dan aplikasi yang tersedia pada HP kamu.

2. Haruskah saya membackup semua foto yang ada agar tidak hilang?

Backup foto-foto yang ada dapat menjadi alternatif untuk menghindari hilangnya foto. Hal ini akan sangat membantu jika suatu saat HP kamu hilang, rusak, atau mengalami kesulitan teknis lainnya. Namun, pastikan kamu membackup foto secara berkala agar tidak terjadi kehilangan data yang lebih baru.

3. Apakah semua cara mengembalikan foto yang terhapus dapat bekerja pada semua jenis HP?

Tidak semua cara dapat bekerja pada semua jenis HP. Namun, untuk setiap jenis HP seharusnya terdapat cara mengembalikan foto yang terhapus sendiri yang bisa kamu cari.

4. Apakah foto yang sudah dihapus dalam waktu yang lama benar-benar hilang?

Ya, jika foto sudah terhapus lebih dari 30 hari, maka kemungkinan sangat kecil untuk bisa mengembalikannya.

5. Apakah aplikasi yang saya instal dapat mempengaruhi kemampuan untuk mengembalikan foto yang terhapus?

Iya, aplikasi yang kamu instal dapat mempengaruhi kemampuan untuk mengembalikan foto yang terhapus. Beberapa aplikasi dapat menghapus foto secara permanen dan tidak ada cara yang bisa dikembalikan lagi.

6. Apa yang dapat saya lakukan jika cara-cara yang telah saya gunakan tidak berhasil?

Jika cara untuk mengembalikan foto terhapus yang sudah dilakukan tidak berhasil, maka kamu bisa mencari solusi-solusi lain pada internet atau bantuan dari teknisi yang berpengalaman.

7. Bagaimana jika foto yang terhapus ada pada aplikasi yang tidak terdaftar dalam data?

Jika foto yang terhapus ada pada aplikasi yang tidak terdaftar dalam data, maka kamu bisa mencari solusi-solusi lain pada internet atau bantuan dari teknisi yang berpengalaman untuk dapat mengembalikannya.

 

Kesimpulan

Menghapus foto secara tidak sengaja bisa terjadi pada siapa saja. Tapi jangan khawatir, karena sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan foto tersebut. Mulai dari memeriksa folder sampah, membuka Google Photos, hingga memeriksa akun cloud Anda. Ingatlah selalu untuk mencadangkan foto Anda secara teratur dan berhati-hati saat menghapus foto dari ponsel Anda. Dengan begitu, Anda bisa menghindari kehilangan foto penting di masa depan. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!