Kumpulan Trik Foto Jalan yang Bikin Hasilnya Estetik

Seni fotografi sepertinya menjadi hobi bawaan teknologi masa kini. Bagaimana tidak, jika dahulu orang yang memimpikan menjadi fotografer sangat jarang sekali.

Hal itu karena salah satu faktornya adalah dukungan perangkat seperti kamera profesional. Tapi kini, setiap orang bisa belajar menjadi forografer hanya dengan sebuah smartphone.

Tidak di pungkiri bahwa ponsel masa kini kian mengalami peningkatan spesifikasi. Selain dari segi hardware, software pun ikut mengalami peningkatan secara berkala.

Dalam hal ini termasuk juga kamera, dimana bisa kita ketahui bahwa ada peningkatan pesat konfigurasi serta fitur pendukung di banding sebelum-sebelumnya. Umumnya, semakin tinggi kualitas kamera tergantung di segmentasi apa HP tersebut di pasarkan.

Kembali bicara soal potret memotret, kamera HP tak sekedar untuk berfoto mandiri tapi bisa juga digunakan untuk memfoto objek lepas seperti jalanan atau ‘Street Photography’.

Hal ini pun turut di akui oleh salah seorang fotografer dan content creator yakni Putri Anindya. Menurutnya, praktisnya sebuah ponsel memudahkan seseorang dalam mengabadikan momen sehari-hari.

“Saya biasanya bawa tas sampai 12 kilo, isinya bodi kamera dan lensa. Smartphone selalu ada di kita, praktis untuk dibawa, bisa langsung motret dan di-share.” kata perempuan yang akrab di sapa Puan, berdasarkan keterangannya pada acara Workshop Urban & Lighting Photography with Galaxy A53.

Di kesempatan itu Puan juga berbagi trik agar bisa menghasilkan street photography ciamik hanya dengan menggunakan ponsel.

10 Trik Street Photography Keren dengan Menggunakan Smartphone

  1. LEADING LINE

Menurut Puan, trik menerapkan Leading Line ini paling mudah. Bahkan bukan hanya foto jalan atau bayangan, tapi apapun bisa dibuat garis menjadi menarik yang bisa dijadikan subjek foto.

  1. LOOK FOR THE LIGHT

Cahaya sangat penting untuk kebutuhan fotografi. Apabila sebelumnya backlight kerap kali dihindari, maka berkat kecanggihan kamera ponsel justru bisa menjadi subjek foto epik.

  1. LOOK FOR REFLECTION

Genangan yang biasanya ada di jalanan bisa dimanfaatkan untuk menjadi subjek foto lebih menarik.

BACA JUGA  Cara Cek Masa Aktif Voucher Telkomsel Isi Ulang Fisik

“Kita bisa membalik posisi kamera sehingga memperjelas,” ujar Puan.

  1. LOOK DOWN AND LOOK UP

Biasanya, seseorang menggunakan mata sebagai angle memotret, disarankan untuk melihat atas ataupun bawah.

“Mungkin banyak yang terlihat biasa saja saat dipandang dari angle mata, ternyata melihat ke atas atau bawah malah lebih menarik,” kata Puan.

  1. LOW DOWN PERSPECTIVE

Menurutnya, angle dari bawah sering membikin foto tampak berbeda. Dengan berbekal kamera HP akan memudahkan pengambilan foto dari angle bawah.

  1. FRAMING YOUR SUBJECT

Trik lain dalam memotret jalan dengan HP, carilah frame yang mampu mengelilingi subjek yang hendak di foto. Sehingga hasil tangkapan juga lebih memukau. Bahkan mulai dari pohon hingga kaca spion bisa dijadikan frame.

  1. SENSE OF PLACE

“Kita mencari sesuatu yang bikin kita tahu lokasi foto tersebut. Bisa bentuk tulisan maupun landmark, misalnya plat B berarti Jakarta,” Puan melanjutkan.

  1. PLAY WITH SCALE AND NEGATIVE SPACE

Jika dulunya negative space banyak dihindari, kini trik tersebut banyak diminati terutama dalam hal memfoto minimalis.

“Negative space bikin foto lebih artistik,” Ucap Puan.

  1. PORTRAIT OF STRANGERS

Memang, memotret orang menarik saat berada di jalan secara candid. So, tak melulu harus menampakkan wajah subjek foto karena siluet tubuh pun tak kalah bagus.

Namun terkadang, masalah privasi menjadi alasan ketakutan orang untuk memotret. Tetapi menurut puan sangat sah-sah saja memotret orang selagi di Public Space.

“Sepengetahuan saya hukumnya, kalau motret orang di public space itu tidak apa-apa. Kadang saya foto dulu baru minta izin, kemudian motret lagi. Kalau berkeberatan ya sudah, tidak usah diposting,” saran dari Puan.

  1. ASKING SOMEONE TO POSE

Beberapa foto kian menarik apabila terdapat sosok manusia di dalamnya. Jadi, jangan pernah ragu untuk meminta teman atau orang yang ada di sekitar untuk berpose.