fbpx

Layar iPhone Macet Setelah Pasang iOS 16? Ini Solusinya

Sistem operasi terbaru Apple telah dirilis sejak 12 September lalu. Sebut saja iOS 16 yang beberapa waktu usai perilisan menuai labar kurang sedap.

Sistem operasi iOS 16 banyak di duga mengalami masalah pada iPhone. Dengan perilisan versi final, bukankah semestinya sistem tersebut telah siap digunakan pengguna iPhone secara umum dan tanpa kendala?

Pada kenyataannya, kabar yang ramai belakangan adalah kendala yang dihadapi pengguna iPhone ketika perangkatnya update iOS 16. Mesti begitu berdasarkan percobaan, mengutip Kompas Tekno (6/10/22) yang mana sejauh ini masih ditemukan beberapa bug alias gangguan pada iOS 16 versi final yang dipakai ke iPhone.

Salah satu bug yang sering dijumpai yakni layar iPhone mendadak tidak responsif, macet dan bahkan tidak bisa di gerakkan sama sekali.

Mungkin sebagian dari anda juga ada yang menemui kendala seperti ini, tapi bagaimana cara mengatasi layar iPhone yang macet akibat iOS 16? Sedikitnya ada dua cara yang bisa digunakan saat layar macet lantaran bug iOS 16 yaitu restart hp secara paksa dan update iOS 16.0.2.

Lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan soal dua cara mengatasi layar iPhone yang macet akibat sistem iOS 16.

Cara Mengatasi Layar iPhone yang Macet karena iOS 16

1. Restart iPhone Secara Paksa

Saat layar ponsel macet, secara otomatis anda tidak bisa memuat ulang atau restart dengan cara biasa. Seperti yang umum diketahui, restart iPhone biasa digunakan untuk refresh sistem jika terdapat kendala kinerja ponsel.

Namun di saat kondisi iPhone normal atau tak ada kendala, restart dilakukan dengan cara menekan tombol power dan volume bawah kemudian geser opsi “matikan” di layar. Nah, apabila layar iPhone macet maka opsi tersebut tidak akan bisa di geser.

Alhasil, perangkat pun jadi lebih sulit untuk di restart. Dalam mengatasi masalah ini iPhone perlu dimuat ulang secara paksa tanpa menyentuh layar untuk menggeser opsi “matikan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Tekan dan lepaskan tombol volume atas secara cepat.
  • Tekan dan lepaskan tombol volume bawah secara cepat.
  • Lalu, tekan dan tahan tombol power hingga muncul logo Apple kemudian lepaskan.
  • Selanjutnya, iPhone akan mati dan silakan tekan tombol power untuk menyalakannya kembali.
BACA JUGA  Cara Hubungkan Dua AirPods Pada Satu iPhone untuk Dengerin Musik Bersama

2. Update iOS 16.0.2

Cara yang kedua bisa anda lakukan adalah dengan meng-update ke iOS 16.0.2. Jadi, setelah perangkat anda telah dumuat ulang secara paksa dan layar bisa gerak kembali cobalah selanjutnya untuk melakukan pembaruan ke dalam sistem iOS 16.0.2.

Pada iOS ini, secara tidak langsung Apple mengakui bahwa terdapat bug yang membuat layar iPhone macet. Mengutip Kompas Tekno dari laman resmi Apple, iOS 16.0.2 membawa sejumlah perbaikan pada masalah kinerja, yang termasuk juga untuk masalah sentuhan tidak responsif, terutama pada bagian layar iPhone X, iPhone Xr dan iPhone 11 yang sudah pernah di servis.

Sementara update iOs 16.0.2 sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yaitu, pertama dengan Over the Air (OTA), atau bisa juga langsung mengunduh di menu pengaturan iPhone. Kedua, dengan aplikasi iTunes pada dekstop.

Jadi itulah cara mengatasi layar iPhone yang macet akibat sistem iOS 16, semoga bermanfaat.