Keamanan Cyber Indonesia Jadi yang Terburuk di Dunia?

Soal keamanan cyber, Indonesia dinilai sebagai negara terburuk di Asia dan bahkan Dunia. Benarkah?

Begitulah informasi yang mejeng di dunia maya, alhasil negara kita dianggap tidak aman apabila bekerja dari jarak jauh. Bukan tanpa alasan informasi ini dibuat. Namun penilaian ini merupakan hasil riset yang dibuat oleh Reboot Digital PR Service yang berbasis di Inggris.

Statistik keamanan cyber yang mereka analisa termasuk dengan unduhan drive-by, situs hosting, situs phising, malware, serta komputer yang disusupi hanya untuk membuat skor indeks bahaya siber.

Disebutkan bahwa Indonesia saat ini telah menduduki peringkat pertama mengenai keamanan cyber yang sangat kurang dengan skor 82,8 dari 100. Bahkan Roboot mendapati ada sedikitnya 643 komputer yang terjangkit virus yang terbagi antara 1.080 situs phising dan 1.040 situs yang mengandung malware.

Kendati begitu pada faktanya Indonesia tetap menjadi pusat perhatian oleh banyak turis mancanegara bisa menikmati liburan. Malahan, guna mempermudah mereka semua pemerintah mengeluarkan visa digital nomad.

Nah, setelah Indonesia negara Siprus jadi yang ke 2 dengan indeks keamanan terburuk. Skor yang diraihnya tidak berbeda dari yang di peroleh Indonesia. Sementara di urutan ke 3 ada Malaysia dengan skor 79,9 dari 100.

Untuk yang paling mengejutkan adalah negara Singapura, berada di urutan keenam dengan skor 75,9 dari 100.

Mungkin sangat mengejutkan, mengingat selama ini banyak yang mengira bahwa Singapura adalah negara maju dengan tingkat keamanan cyber yang terbaik sehingga menjadi pilihan orang-orang di seluruh dunia untuk bekerja secara online.

Namun ternyata dalam laporan Reboot Digital PR Service tersebut, negara Singapura masuk daftar 10 besar negara dengan keamanan cyber terburuk di asia dengan memiliki 780 situs phising, 2160 situs mengandung malware serta 204 kompter terinveksi virus.

Menurut Reboot Digital PR Service, Korea Selatan yang menjadi negara paling aman di Asia dalam hal keamanan cyber. Negeri Gingseng tersebut hanya punya skor bahaya 19,8 dari 100. Kemudian disusul oleh Jepang (21,8/100) dan Libanon (29,3/100).

BACA JUGA  4 Cara Menghubungkan Laptop ke TV Mudah dan Cepat

Berikut adalah gambar informasi daftar 10 negara dengan keamanan cyber terburuk versi Reboot Digital PR Service: