Begini Cara Merubah Kartu 3G ke 4G Telkomsel. Gak Perlu ke Grapari!

Sudah beberapa waktu lalu, informasi mengenai jaringan 3G yang akan di hapuskan. Pasalnya jaringan yang umum dan banyak dipakai saat ini adalah 4G, dan merambah ke 5G.

Ini karena peningkatan teknologi yang terus berjalan dari waktu ke waktu dan semakin baru. Nah, dalam rangka migrasi 3G ke 4G, operator seluler Telkomsel mulai menonaktifkan jaringan 3G di sejumlah wilayah di Indonesia secara bertahap.

Per 20 Juli 2022 lalu, terhitung sudah terdapat kurang lebih 143 kota/kabupaten baru yang tidak lagi bisa mengakses jaringan 3G Telkomsel. Ketika jaringan 3G Telkomsel dimatikan, pelanggan yang berada di wilayah tersebut hanya bisa mengakses jaringan 4G atau 5G dan itupun jika tersedia. Hal ini karena infrastruktur Telkomsel bakal berfokus untuk menggelar 4G dan 5G saja.

Dengan kata lain mengenai jaringan 3G Telkomsel yang dimatikan, artinya pelanggan harus segera beralih atau upgrade kartu miliknya ke 4G. Haruskah membeli ponsel baru yang mendukung 4G?

Tidak, bisa dengan mengunjungi Grapari untuk di pandu migrasi ke 4G. Namun ada beberapa langkah untuk mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel tanpa harus mengunjungi Grapari. Apa itu? Simak berikut ini.

Ada beberapa cara untuk merubah kartu 3G ke 4G Telkomsel yang harus kamu ketahui. Tapi uniknya, kamu bisa mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel tersebut tanpa ke Grapari.

Cara Mengubah Kartu 3G ke 4G Telkomsel Tanpa ke Grapari

  • Mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel secara online melalui website.
  • Mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel.
  • Mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel melalui Call Center 188.
  • Mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel melalui marketplace.
  • Mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel melalui media sosial Telkomsel.
BACA JUGA  Sederet Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tak Berfungsi Normal

Hal menarik lainnya, Telkomsel memberikan bonus kuota internet 4G hingga 30 GB untuk berselancar mengakses berbagai aplikasi, layanan streaming, serta penyimpanan berbasis cloud.

Melansir dari laman resmi Telkomsel, promo kuota 4G sebesar 15-30 GB ini akan dikenakan biaya hanya Rp 10 saat proses migrasi kartu 3G ke 4G yang berhasil. Tapi, promo kuota hingga 30 GB ini hanya berlaku bagi pelanggan yang menukar ke kartu 4G dengan masa aktif yang kurang dari 3 bulan. Program kuota hingga 30 GB untuk migrasi kartu tersebut berlangsung hingga 31 Desember 2022.

Bagi pelanggan Telkomsel yang belum melakukan migrasi kartu SIM 3G ke 4G berikut ini telah dirangkum tentang cara ganti kartu Telkomsel online dan mendapatkan kuota internet 4G hingga 30 GB.

Cara Mengubah Kartu 3G ke 4G Telkomsel Lewat Website

  • Masuk ke laman https://my.telkomsel.com/sim-replacement melalui browser ponsel. (Sebagai catatan, pelanggan dapat melakukan upgrade secara online hanya melalui smartphone lantaran memerlukan upload dokumen berupa foto selfie).
  • Masukkan nomor ponsel dan alamat e-mail.
  • Selanjutnya Telkomsel akan mengirimkan kode OTP melalui e-mail kamu.
  • Silakan masukkan kode OTP.
  • Pilih alasan ganti kartu, lalu klik “Pilih”.
  • Ikuti instruksi berikutnya hingga selesai.

Ketentuan Dalam Mengubah Kartu 3G ke 4G Telkomsel Secara Online

  • Bisa dilakukan oleh pelanggan Telkomsel PraBayar dan Telkomsel Halo.
  • Untuk syaratnya, khusus pelanggan Telkomsel Halo sudah lunas billing. Sementara untuk pelanggan Telkomsel PraBayar, tidak melewati masa berlaku atau pada masa tenggang.
  • Wajib menyiapkan Kartu Identitas seperti (eKTP / Paspor/ Kitas/ Kitap), Kartu Keluarga, foto diri (selfie bagian wajah), foto diri memegang Kartu Identitas serta alamat e-mail. Foto diri dengan memegang kertas bertuliskan ‘Ganti Kartu’ disertai dengan tanda tangan dan tanggal pemesanan
  • Pastikan nomor Telkomsel tidak memiliki layanan perbankan (tidak terhubung dengan digital banking maupun transaksi digital lainnya).
  • Kartu 4G akan dikirim dari GraPARI terdekat dengan lokasi pengiriman yang telah kamu tentukan.
  • Biaya Pengiriman kartu ganti dikenakan pada pelanggan dan harus dibayar di awal.
  • Untuk metode pembayaran bisa melalui mitra Telkomsel sesuai dengan pilihan pelanggan.
  • Kartu ganti akan dikirim oleh kurir mitra Telkomsel sesuai pilihan pelanggan, waktu pengiriman juga sesuai dengan layanan yang telah dipilih oleh pelanggan.
  • Proses pergantian kartu ini memerlukan foto pengguna, sehingga ukuran foto yang di-upload tidak melebihi 10 MB per file atau per foto.
  • Layanan upgrade 4G, kartu pelanggan tidak bisa digunakan sementara pada saat proses pergantian kartu.
BACA JUGA  Hati-hati Ada Google Translate Palsu yang Malah Membahayakan

Seperti yang disampaikan di awal, bahwa akan ada bonus yang diberikan dari pihak Telkomsel berupa kuota untuk pelanggan yang berhasil migrasi. Kuota hingga 30 GB dari Telkomsel tersebut bisa digunakan mengakses berbagai aplikasi maupun layanan streaming.

Bonus ini berlaku selama 30 hari sejak kartu aktif dan pelanggan bisa menikmati kuota 1 GB per harinya.

Mengapa Sinyal 3G di Indonesia Dimatikan?

Peningkatan teknologi terus berjalan, sekalipun soal jaringan yang terus ada upgrade paling bagus. Begitupun tentang jaringan, yang tidak terus menerus 3G namun ada peningkatan ke 4G hingga 5G. Namun salah satu lasan utama dimatikan sinyal 3G di Indonesia yakni agar operator seluler bisa memberikan layanan broadband seluler dan digital yang lebih baik ke pelanggan, yaitu dengan menggunakan jaringan 4G LTE.

Disamping itu menurut pengamat telekomunikasi yaini Moch S. Hendrowijono, kemampuan/kapasitas sinyal 3G masih rendah, sekitaran 2 Mbps dan kecepatan maksimum hingga 14 Mbps saja. Kemampuan itu sangat rendah dibandingkan 4G yang secara teknis mampu menghasilkan kecepatan unduh lebih cepat, yakni antara 10 Mbps hingga 1 Gbps.

Bukan hanya Telkomsel, operator lain yang mulai migrasi jaringan 3G ke 4G adalah XL, yang mana perusahaannya mulai mematikan 3G miliknya dan ditargetkan selesai pada akhir Maret 2022.

Lalu operator jaringan Smartfren, pihaknya telah mematikan jaringan 3G sejak lama yaitu 2017 silam. Sedangkan Indosat Ooredoo, saat ini masih belum mengumumkan secara resmi rencana akan mematikan layanan 3G secara keseluruhan.