Begini Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital, Gratis!

Sudah diumumkan beberapa waktu yang lalu, jika tahun ini menjadi akhir dari penggunaan TV analog. Artinya semua masyarakat akan di alihkan pada TV Digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang tengah sibuk melakukan penghentian siaran TV analog, dan nantinya akan beralih ke siaran TV digital atau dikenal dengan istilah Analog Switch Off (ASO).

Bansos 600K 2023 Sudah Cair, Cek Sekarang

Mau tak mau, ini seolah memaksa kelompok keluarga kecil yang harus menyisihkan biaya untuk kebutuhan TV semata. Memang, tak menggunakan televisi bukan menjadi masalah. Hanya saja televisi sudah mendarah daging di tiap rumah yang sudah terbiasa ada. Tanpanya, suasana akan terasa hampa.

Sebab itulah banyak yang tetap harus memikirkan bagaimana supaya bisa menyaksikan acara kesayangan. Padahal, tidak semua orang mempunyai uang sisa lebih dari kebutuhannya sehari-hari.

Namun tidak perlu khawatir, adanya program terbaru ini sudah di fikirkan oleh pemerintah juga. Jadi, pemerintah juga tidak sepenuhnya lepas tangan. Apa rencana pemerintah tersebut?

Bansos 600K 2023 Sudah Cair, Cek Sekarang

Kabar menariknya memang dibagikan Set Top Box TV Digital gratis. Tetapi yang perlu diingat, ini dilakukan bukan untuk seluruh masyarakat. Terkhusus program ini untuk membantu masyarakat menengah bawah agar semua bisa berjalan kondusif dan sama-sama tetap bisa menikmati TV Digital yang di gadang jernih.

Sebelumnya banyak yang mengira, harus dengan membeli TV baru jenis LED, LCD, tak lagi menggunakan tabung. Seharusnya memang seperti itu, jenis televisi modern yang mendukung program digital dan baru yakni jenis LED, LCD. Namun kenyataan itu telah di siasati, yakni dengan melengkapi TV analog dengan Set Top Box (STB).

Apa Itu Set Top Box?

Set top box adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang mampu ditampilkan pada TV Analog. Perangkat ini sudah mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2) dan dijamin tayangan lebih bersih dan jelas.

“Jadi kalau TV bapak ibu masih TV tabung atau TV analog, TV layar data tapi yang lama, itu bisa digunakan dengan STB ini,” kata Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti.

BACA JUGA  Rencana Bagikan Jutaan Unit STB Gratis, Malah Gagal Diserahkan Ribuan Perangkat

Cara Dapakan Saldo DANA gratis 2023

Niken juga menambahkan, apabila masyarakat sudah memasang STB yang terhubung ke TV analog, maka tidak perlu mengganti antena parabola. Hal itu karena, antena lama yang berupa UHF masih bisa dimanfaatkan.

Selain itu, pihak Kominfo juga menyebutkan total 6,7 juta set top box gratis akan dibagikan ke seluruh Indonesia namun sesuai dengan tahapan penghentian siaran TV analog di wilayah masing-masing.

“6,7 juta unit itu akan diberikan secara gratis kepada rumah tangga miskin. Siapa yang memberikan? penyelenggara mux, apabila ada kekurangan Kominfo akan menambahkan,” Niken menambahkan.

Cara Dapakan Saldo DANA gratis 2023

Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis TV Digital:

Dalam program pembagian set top box ini, termasuk warga miskin yang tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Adapun persyaratan umumnya yakni sebagai berikut:

  • Memiliki kartu identitas e-KTP.
  • Lokasi rumah berada di cakupan yang terdampak ASO.
  • Memiliki TV analog.
  • Mekanisme Distribusi Bantuan Set Top Box Gratis TV Digital.
  • Nantinya petugas melakukan verifikasi dan validasi KTP dan KK calon penerima bantuan yang terdaftar di DTKS.

Link Dapat Set Top Box Gratis

Apabila penerima bantuan tidak menunjukkan KTP dan KK (hilang atau dalam proses), maka bisa memperlihatkan surat pengantar dan/ atau surat keterangan dari RT/RW setempat.

Selanjutnya jika penerima bantuan sedang sakit atau tidak berada di rumah, atau juga meninggal dunia, maka bantuan dapat diberikan ke anggota keluarga (dalam satu KK).

Petugas memberikan tanda terima yang sah & dapat dipertanggungjawabkan berupa berita acara tanda terima atau berupa dokumen elektronik. Setiap wilayah akan dilakukan penghentian siaran TV analog berbeda-beda.

Link Dapat Set Top Box Gratis

Namun, proses mulai perhentian sudah dilakukan sejak 30 April 2022. Proses digitalisasi penyiaran ini adalah cara transformasi digital di bidang penyiaran, yang mana siaran TV analog sudah mengudara lebih dari 60 tahun lamanya.

Jadi Kominfo akan menerapkan suntik mati TV analog ini dalam tiga tahapan. ASO Tahap 1 yakni pada 30 April 2022 dan mencakup 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota, ASO Tahap 2 pada 25 Agustus 2022 di 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota, dan  selanjutnya ASO Tahap 3 dilakukan pada 2 November 2022 mencakup 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota.

BACA JUGA  Cara Install Vidio.com Untuk Menonton Liga Inggris

Link Dapat Set Top Box Gratis