Tips Agar Masa Aktif Smartfren Bisa Diperpanjang Tanpa Beli Pulsa

Kartu SIM atau nomor telepon dari setiap operator tentu saja memiliki masa aktif, termasuk juga Smartfren. Para pelanggan Smartfren harus selalu memperhatikan masa aktif dari kartu SIM miliknya tersebut.

Masa aktif pada kartu Smarfren dibutuhkan agar bisa mengakses layanan, seperti berkirim pesan SMS, panggilan telepon, hingga mengakses internet. Kartu Smartfren yang masa aktifnya telah habis tidak bisa dipakai untuk mengakses layanan tersebut.

Bukan hanya itu, bahkan pulsa dan segala jenis paket yang ada di dalam kartu Smartfren bakal hangus atau tidak bisa digunakan. Dengan demikian, maka para pelanggan Smartfren perlu untuk senantiasa memperpanjang masa aktif kartunya sebelum masa tenggang habis.

Cara untuk memperpanjang masa aktif Smartfren bisa dilakukan dengan berbagai langkah. Salah satunya yakni bisa melalui pembelian pulsa maupun dengan tidak membeli pulsa. Panduan selengkapnya bisa simak empat cara memperpanjang masa aktif kartu Smartfren berikut:

Empat Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren

  1. Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren Tanpa Membeli Pulsa

Cara yang pertama ini tidak mengharuskan pengguna membeli pulsa. Adapun yang dimaksud yakni dengan memanfaatkan layanan Transfer Pulsa dan Minta Pulsa. Intinya tetap sama, dengan menggunakan pulsa. Namun caranya saja yang berbeda, yang tidak membeli yang notabene mengeluarkan uang tetapi meminta alias gratisan.

Khususnya untuk sesama pelanggan smartfren, mereka bisa berkirim pulsa yang disertai dengan penambahan masa aktif kartu. Setiap pelanggan yang menerima pulsa dari layanan “Transfer Pulsa” dan Minta Pulsa bakal mendapatkan tambahan tenggang aktif. Untuk lama masa aktif yang ditambahkan tergantung jumlah pulsa yang diterima.

Minimal nominal pulsa yang bisa di transfer adalah Rp. 1, dengan biaya layanannya Rp. 500. Biaya tersebut tentu dibebankan pada pengirim. Dengan kata lain akan terasa berat sekali jika jumlah yang di transfer tidak sebanding dengan biaya layanannya. Setidaknya, misal biaya Rp. 500 maka pengirim bisa memberikan pulsa Rp. 1000.

BACA JUGA  Cara Menghapus Akun FB yang di Hack Agar Tidak Disalahgunakan

Penambahan masa aktif apabila pelanggan menerima pulsa yakni satu hari. Kemungkinan besar itu untuk nominal pulsa Rp. 1 atau beberapa ke atas. Apabila pulsa yang diterima jumlahnya cukup besar misal Rp. 20rb, Rp. 25rb atau lebih, tentu masa aktif lebih dari satu hari.

Nominal maksimal pulsa yang bisa di transferkan adalah Rp. 100.000,- dengan biaya layanan Rp. 2.500,-. Ini artinya semakin besar nominal pulsa yang di transfer maka akan semakin bertambah biaya layanannya. Untuk nominal pulsa Rp. 100rb, penambahan masa aktif selama15 hari.

Cara melakukan permintaan transfer pulsa yakni bisa melalui SMS ke 879 dengan format “KIRIM.<Nomor Penerima>.<Nominal>”, tanpa tanda kutip.

Tak jauh berbeda dengan layanan Transfer Pulsa, pelanggan juga bisa mendapat tambahan masa aktif dengan memanfaatkan layanan Minta Pulsa. Hanya saja bedanya, pelanggan sebagai penerima pulsa harus mengirim pesan permintaan transfer pulsa terlebih dahulu ke pengirim pulsa lewat Smartfren.

Cara minta pulsa Smartfren bisa dilakukan melalui SMS ke nomor 879 dengan format “MINTA.<No_Donatur>.<nominal>”, tanpa tanda kutip.

Adapun nominal pulsa yang bisa diminta penerima pulsa yakni mulai dari Rp. 1 hingga Rp. 100.00. Namun biaya layanannya lebih murah hanya Rp 200. Akan tetapi jumlah pulsa yang akan diterima bergantung pada kesediaan dari pengirim pulsa.

  1. Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren dengan Membeli Pulsa

Cara yang kedua yakni dengan membeli pulsa, maka perpanjang kartu akan otomatis bertambah. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara baik melalui platform, seperti toko fisik penjual pulsa, ATM, serta aplikasi MySmartfren.

Nominal pembelian pulsa Smartfren minimal Rp. 5000 dengan masa aktif 7 hari, dan maksimal hingga Rp 1.000.000 dengan masa aktif 360 hari. Bagi pelanggan yang ingin membeli pulsa melalui aplikasi MySmartfren dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi MySmartfren di ponsel
  • Login dengan menggunakan nomor Smartfren. Jika belum memiliki aplikasi ini, bisa download terlebih dahulu di toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).
  • Lalu di halaman awal aplikasi, silakan klik opsi isi ulang pulsa.
  • Selanjutnya masukkan nominal pulsa yang hendak dibeli kemudian pilih metode pembayarannya. Pembayarannya disini bisa melalui OVO, GoPay, DANA, ShopeePay, dan sebagainya.
  • Selanjutnya ikuti instruksi untuk menyelesaikan permintaan pembelian pulsa.
  1. Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren dengan Membeli Paket

Cara ketiga untuk menambah masa aktif yakni dengan membeli paket data internet. Pelanggan kini lebih mudah bisa membeli paket data melalui berbagai platform, seperti toko fisik penjual voucher paket data, kode UMB, dan aplikasi MySmartfren maupun aplikasi DANA sekalipun.

BACA JUGA  Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 4F 2021 Terbaru

Masa aktif kartu yang akan di peroleh tetap tergantung pada masa aktif paket datanya. Untuk membeli paket data di aplikasi “MySmartfren”, pelanggan bisa menggunakan cara berikut:

  • Buka aplikasi MySmartfren di ponsel.
  • Login dengan menggunakan nomor Smartfren.
  • Pada halaman awal, silakan klik menu “Shop”.
  • Di bagian menu “Internet”, pilih paket data yang ingin dibeli sesuai kebutuhan.
  • Kemudian klik opsi lanjutkan dan pilih metode pembayarannya. Pelanggan bisa membayar melalui GoPay, DANA, OVO, ShopeePay, dan sebagainya.
  • Ikuti instruksi untuk menyelesaikan permintaan pembelian pulsa.
  1. Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren Selama Satu Tahun

Mengutip Kompas Tekno dari laman resmi Smartfren, pelanggan juga bisa mendapat masa aktif kartu Smartfren selama satu tahun dengan cara membeli paket data bernama 10N+. Paket 10N+ bisa diperoleh melalui aplikasi MySmartfren dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi MySmartfren di ponsel.
  • Login dengan menggunakan nomor Smartfren.
  • Klik menu “Shop” yang ada di halaman awal.
  • Pada menu “Internet”, silakan pilih paket data 10N+ dengan kuota sesuai kebutuhan, ada 3 GB, 6 GB, serta 18 GB.
  • Pilih metode pembayaran pembelian paket, salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan dompet digital seperti OVO. Tentunya ada metode lainnya juga yang bisa digunakan.
  • Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembelian paket.

Disamping informasi tentang cara menambah masa aktif kartu Smartfren, adapun yang lainnya seperti cara memeriksa masa aktif dari kartu Smartfren bisa dilakukan lewat menu dial ponsel yaknu kode UMB *995#. Saat menghubungi kode UMB, pada layar ponsel bakal memunculkan informasi mengenai kartu Smartfren, termasuk masa aktifnya sekalian.