obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan

Tak Perlu Bingung, Ini Obat Tradisional untuk Batuk Pilek Pada Bayi 2 Bulan

Sebenarnya, batuk pilek pada bayi sangat lazim terjadi. Apalagi bayi yang masih berusia di bawah lima tahun. Hal ini terjadi karena memang sistem imun bayi masih dalam tahap penyesuaian terhadap lingkungan sekitarnya. Oleh karena itulah, obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan sering dicari karena dianggap mampu mengatasi masalah tersebut.

Tak bisa dipungkiri, gejala batuk pilek kerap membuat bayi merasa tidak nyaman. Faktanya, batuk pilek pada bayi bisa terjadi hingga 10 kali dalam setahun. Penyebabnya pun beragam, mulai dari infeksi ataupun alergi yang menular melalui udara dan sentuhan tangan. Inilah yang membuat para ibu mencari berbagai obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan.

Pasalnya, obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan ini ternyata mampu menjaga sistem kekebalan tubuh sekaligus pencernaan bayi selama proses tumbuh kembangnya.

Gejala batuk pilek pada bayi

Meski batuk pilek pada bayi bisa disembuhkan dengan cepat, tapi bukan berarti Anda bisa menganggap remeh penyakit satu ini. Batuk pilek yang dikenal sebagai common cold dalam istilah medis ini seringnya disebabkan oleh alergi yang biasanya dapat diatasi dengan obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan.

Namun Anda tak boleh sembarangan dalam memberikan obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan ini. Cermati dulu setiap gejala yang muncul sehingga penanganan yang diberikan bisa tepat sasaran dan aman.

Secara umum, obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan ini ampuh meringankan gejala demam, susah bernapas, hidung mengeluarkan lendir, tubuh melemah, hingga kehilangan nafsu makan.

Obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan

Ada kalanya, mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun jika bayi Anda sudah terlanjur mengalami batuk pilek, maka tak ada salahnya jika Anda memberikan obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan terlebih dulu. Sebab, tidak semua kondisi harus ditangani oleh dokter di Puskesmas ataupun rumah sakit.

Ketahuilah, batuk pilek seperti ini sebenarnya adalah mekanisme tubuh dalam melawan kuman penyakit. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan yang bisa Anda buktikan sendiri khasiatnya.

  1. Air Susu Ibu atau ASI
BACA JUGA  Rekomendasi 10 Minyak Ikan Terbaik untuk Kesehatan

obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan

ASI adalah obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan yang paling tepat. Sebab, kandungan antibodi di dalamnya terbukti mampu melawan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh bayi.

Meski demikian, Anda juga perlu memberikan penanganan lebih lanjut seperti mengeluarkan lendir dari hidung dan mulut bayi supaya tidak kesulitan bernapas. Anda juga disarankan untuk mencoba metode sauna sederhana dengan bantuan baskom kecil berisi air hangat yang telah dicampur dengan essential oil mint sebagai obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan.

  1. Larutan saline

obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan

Sebagian dari Anda mungkin masih sedikit asing ketika mendengar istilah larutan saline. Pada dasarnya, larutan saline merupakan garam fisiologis yang berfungsi untuk mengeluarkan lendir kering dari hidung. Dengan kata lain, larutan saline ini bisa dijadikan obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan yang cukup ampuh.

Anda bisa mendapatkan obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan ini di apotek terdekat dengan harga sekitar Rp 100 ribu per kantong. Untuk meneteskan larutan ini ke dalam hidung bayi, Anda bisa menggunakan pipet khusus dengan posisi kepala menengadah ke atas, lalu tunggu sekitar 30 detik.

Setelah lendir mencair, isap kembali obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan tersebut dan bersihkan hidungnya menggunakan cotton bud. Sebaiknya, minta petunjuk dari dokter terkait cara dan dosis pemakaian supaya lebih aman bagi bayi.

  1. Lemon

obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan

Obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan selanjutnya adalah lemon. Diketahui, lemon kaya akan vitamin C, zat anti-bakteri, dan anti-inflamasi yang sangat efektif untuk mengatasi batuk pilek ataupun gejala radang tenggorokan pada bayi.

Cara menggunakan obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan ini sangat mudah. Anda cukup mengukus atau mencampurkan perasan air lemon dengan segelas air hangat. Anda tak perlu menambahkan madu pada ramuan ini karena bayi yang berusia di bawah satu tahun sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi madu.

  1. Bawang putih

obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan

Tahukah Anda, bawang putih ternyata telah dikenal sejak dulu kala sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, tak terkecuali batuk pilek pada bayi. Pasalnya, obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan ini mengandung alicin yang mampu mengatasi virus penyebab pilek.

Sebagai obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan, bawang putih berperan sebagai dekongestan alami atau obat untuk meredakan hidung tersumbat. Anda bisa memberikan beberapa siung bawang putih dalam sebuah wadah kecil. Setelah itu, letakkan wadah berisi bawang putih tersebut di sekitar tempat tidur bayi, tapi jangan sampai terjangkau oleh si Kecil.

BACA JUGA  Jangan Bingung, Ini Lho 10 Shampoo untuk Rambut Minyak Terbaik

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mengolah obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan ini menjadi minyak pijat. Caranya, kupas dua siung bawang putih, lalu bakar di atas bara api sampai berubah warna jadi agak kehitaman. Lalu, tumbuh bawah putih bakar tersebut di dalam mangkuk kecil. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun ataupun minyak kelapa.

Setelah obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan tersebut selesai diolah, Anda bisa membalurkannya ke bagian leher dan dada sambil sesekali dipijat. Sebaiknya, lakukan cara ini ketika bayi sudah dimandikan.

Untuk mengetahui apakah bayi Anda sensitif atau tidak terhadap minyak bawang putih, coba balurkan sedikit saja obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan ini. Jika tidak terlihat adanya efek samping, maka gunakan cara ini secara rutin dengan takaran yang tepat sampai bayi benar-benar sembuh.

Alternatif lain obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan

Di samping menggunakan obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan, Anda juga bisa menerapkan beberapa cara lain. Mulai dari meninggikan bantal dan meningkatkan kelembapan udara menggunakan humidifier.

Pemasangan humidifier ini bisa dikatakan juga sebagai obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan. Di mana, semprotan pelembap udara ini bermanfaat untuk mengencerkan lendir yang tersumbat di dalam hidung bayi karena memang cara kerjanya menangkal virus dan debu di dalam ruangan.

Selain menggunakan obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan seperti di atas, Anda sangat disarankan untuk terus memantau perkembangan si kecil selama sakit. Anda juga harus mewaspadai munculnya beberapa gejala lain, seperti sesak napas, demam tinggi lebih dari 3 hari, kehilangan nafsu makan, muntah, lemas, batuk darah, dan kulit pucat atau kebiruan.

Apabila muncul gejala tersebut dan batuk pilek pada bayi bertambah parah meski Anda telah melakukan memberinya obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Tentang nezzumia