fbpx
timnas Indonesia

Sederet Pemain Timnas Indonesia yang Bakal Dikorbankan Untuk Pemain Naturalisasi di Piala Asia 2023

Usai kalah di babak semifinal Piala AFF 2023, kini timnas Garuda pun memindahkan fokus mereka pada ajang bergengsi lainnya yakni Piala Asia 2023. Ajang tersebut bakal digelar di Qatar dan rencananya akan digulirkan pada bulan Januari 2024 mendatang.

Timnas Indonesia sendiri kedatangan 5 pemain naturalisasi, dan hal tersebut membuat sejumlah pemain andalan bisa jadi “korban” kedatangan mereka. Nah pada kesempatan kali ini kita akan memprediksi siapa saja pemain timnas Garuda yang bakal tergusur posisinya di skuad garuda.

Jika ajang Piala Asia 2023 ini bakal digelar pada tahun 2024 mendatang, maka timnas Indonesia bakal diperkuat oleh tiga pemain naturalisasi yang sebelumnya bakalan tanding di Piala Dunia U-20 2023. Ketiga pemain ini adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, serta Justin Hubner.

Ketiga pemain tersebut diprediksi bakalan mengikuti jejak dua pemain naturalisasi sebelumnya yakni Shayne Pattynama serta Sandy Walsh. Jika performa mereka memenuhi espektasi, bukan tidak mungkin pelatih kepala timnas Indonesia Shin Tae-yong bakal membawa mereka semua tahun depan.

Lantas siapa saja pemain timnas Indonesia yang posisinya terancam digeser oleh pemain naturalisasi tersebut? cari tahu jawabannya di bawah ini :

Pemain Naturalisasi Berpotensi Main di Piala Asia 2023

pemain timnas indonesia

1. Asnawi Mangkualam

Pemain timnas Indonesia yang terancam posisinya adalah Asnawi Mangkualam. Di era pelatih, posisi fullback kanan tidak pernah lepas dari Asnawi Mangkualam. Namun kini posisinya terancam karena kedatangan pemain naturalisasi Sandy Walsh.

Sebenarnya ia disiapkan dalam ajang Piala AFF 2022, hanya tim dari Sandy yakni KV Mechelen tidak mengizinkan membuatnya gagal debut. Maka dari ajang Piala Asia 2023 menjadi momen debut dari sang pemain bersama Tim nasional Indonesia.

2. Dendy Sulistyawan

Selain posisi fullback, lini penyerangan dari Tim nasional Indonesia juga ditempati oleh Dendy Sulistyawan dalam ajang Piala AFF 2022 kemarin. Namun tempat nyaman dari Dendy ini pun berpotensi tergusur karena kedatangan dari Dimas Drajad maupun pemain sayap dari tim Eradivise ADO Den Haag, Rafael Struick.

BACA JUGA  Menang Sih Tapi Netizen Indonesia Masih Sayangkan Ini

Saat ini, Rafael Struick dalam tahap proses naturalisasi, dan diprediksi ia bakalan bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023 serta Piala Asia 2023 tahun depan

3. Rachmat Irianto

Peran Rachmat Irianto di barisan tengan skuad Garuda memang begitu sentral, terlebih dalam ajang Piala AFF 2022 kemarin. Dimana setiap kali Rachmat Irianto main, gawang Tim nasional Indonesia pun aman dan tak pernah kecolongan.

Akan tetapi ia tak bisa senang dulu, karena posisinya bisa saja terancam karena kedatangan dari Ivar Jenner. Kedua pemain ini memiliki posisi permainan yang berbeda sebenarnya, yakni sebagai gelandang bertahan dan gelandang serang. Hanya saja visi permainan Ivar Jenner inilah yang dibutuhkan STY di skuad Garuda dalam ajang Piala Asia 2023 mendatang.

4. Pratama Arhan

Pratama Arhan selalu mengamankan posisi fullback maupun wing back kiri di skuad Garuda yang tak tergantikan. Namun posisinya juga bakalan terancam karena kedatangan pemain naturalisasi asal Belanda yakni Shayne Pattynama.

Secara kualitas Shayne sudah tak perlu diragukan lagi, dimana eks pemain muda Ajaz Amsterdam tersebut menjadi andalan dari tim asal Norwegia, Viking FK. Sebelum memulai debut, tinggal menunggu Shayne menjalani sumpah jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

5. Rizky Ridho

Dan pemain timnas terakhir yang posisinya terancam pemain naturalisasi adalah Rizky Ridho. Ketika timnas bermain tiga bek dalam Piala AFF 2022, ia berduet bersama dengan Jodri Amat dan Fachruddin Aryanto kapten timnas.

Hanya saja dalam gelaran Piala Asia 2023 mendatang posisi dari Rizky bakalan terancam oleh Justin Hubner maupun Elkan Baggott. Perlu usaha keras dari Rizky jika ingin posisinya di skuad Garuda tetap aman dalam gelaran ajang bergengsi negara seluruh benua Asia tersebut.

Siapapun pemain yang dipanggil Shin Tae-yong di Piala Asia 2023, diharapkan mampu mendongkrak performa timnas agar bisa meraih hasil maksimal dalam ajang tersebut.