fbpx
negara yang tak bisa ikut piala dunia

Sederet Negara yang Tak Akan Pernah Bisa Masuk Piala Dunia

Kompetisi Piala Dunia 2022 saat ini tuan rumahnya adalah negara Qatar. Namun sayangnya, tim tuan rumah harus tersingkir lebih dulu pada babak penyisihan grup.

Saat ini kompetisi sepak bola empat tahunan tersebut sudah mencapai babak perempat final, dan tinggal beberapa hari saja sebelum pertandingan sepak bola paling bergengsi di seluruh dunia tersebut berakhit.

Berbicara tentang Piala Dunia, taukah anda jika ternyata ada beberapa negara yang tidak bisa ikut serta dalam kompetisi tersebut?

Ada beberapa alasan kenapa sejumlah negara ini tidak bisa mengikuti kejuaraan Piala Dunia tersebut, salah satu yang paling utama karena mereka tidak termasuk anggota FIFA selaku penyelenggara. Berikut ini kami berikan daftar negaranya untuk anda :

Daftar Negara yang Tidak Akan Bisa Ikut Gelaran Piala Dunia

1. Monaco

Negara pertama yang tak bisa ikutan Piala Dunia adalah Monaco. Alasannya karena tim nasional Monaco ini berada di bawah Liga Sepakbola Monegasque yang notabene bukan anggota FIFA atau UEFA.

Karenanya, Monako tidak dapat ikut memeriahkan Piala Dunia. Yang menariknya adalah, Monaco memiliki tim atau klub yang bermain di benua biru, yakni AS Monaco yang meramaikan persaingan di Liga Prancis.

2. Vatikan

negara yang tak bisa ikut piala dunia selamanya

Negara selanjutnya yang tidak akan pernah bisa berkompetisi di Piala Dunia adalah Vatikan, lagi-lagi alasannya karena negara tersebut memang tidak terdaftar sebagai anggota FIFA. Meskipun begitu, tim nasional Vatikan pernah bertanding dalam sebuah kompetisi pada November 2002 di Italia melawan Monaco.

3. Palau

Mungkin banyak orang yang belum pernah mendengar nama negara ini, Palau merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di kawasan Samudera Pasifik yang dekat dengan Papua Barat. Karena tidak masuk kedalam anggota FIFA, membuat negara kepulauan ini tidak bisa ikuti gelaran Piala Dunia.

Tapi bukan berarti tim nasional Palau tidak pernah ikut kompetisi, di tahun 1998 dalam ajang Micronesia Games mereka sukses berada di peringkat tiga kala itu.

BACA JUGA  Pasangan Ini Bikin Netizen Mewek! Istri Antar Suami Tes CPNS Pakai Sepatu Jebol, Tetap Berusaha Meski Banyak Kendala

4. Nauru

Lanjut ke posisi ke-4 sebagai negara yang tidak pernah bertanding di Piala Dunia ialah negara Nauru. Alasannya pun masih sama dengan sejumlah negara di atas tadi, yakni mereka bukan termasuk kedalam anggota FIFA. Dibandingkan sepakbola, masyarakat Nauru lebih menyukai olahraga rugby.

daftar negara yang tak bisa ikut piala dunia

5. Kepulauan Marshall

Negara yang tidak akan pernah kita lihat berlaga di Piala Dunia adalah Kepulauan Marshall, negara ini merupakan bekas jajahan dari Spanyol. Selain tidak tergabung dalam anggota FIFA, memang untuk tim nasional dari negara ini tidak begitu dikenali.

6. Tuvalu

Berbeda dengan sejumlah negara di atas tadi, negara Tuvalu ini memang tidak tercatat dalam anggota FIFA, namun mereka merupakan anggota OFC. Bukan mereka tidak ingin bergabung dengan FIFA, hanya saja Sekretaris Jenderal OFC menjelaskan jiak Tuvalu tidak memenuhi persyaratan untuk gavung dengan FIFA, sehingga tidak bisa tampil di Piala Dunia.

7. Mikronesia

Mikronesia merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Samudera Pasifik. Di mana negara tersebut memiliki luas kekuasaan sekitar 702 KM persegi, mereka pun sebelumnya pernah mengajukan diri sebagai anggota FIFA.

Bukannya diterima, proses untuk masuk keanggotaan FIFA ini malah justru menyulitkan Liga Sepakbola dari negara Mikronesia. Pada akhirnya, mereka pun tidak lolos ke Piala Dunia karena tidak diakui oleh FIFA.

8. Kiribati

Dan di posisi paling akhir negara yang tidak bisa ikut Piala Dunia adalah Kiribati. Negara ini ada di Samudera Pasifik yang ditempati oleh sekitaran 100 ribu orang. Walau terhitung sebagai salah satu negara kecil, Kiribati sempat ajukan diri untuk masuk keanggotaan FIFA.

Sama halnya dengan Tuvalu, proses pengajuan ini melalui Federasi Sepakbola Oceania (OFC), namun pengajuan selalu ditolak karena FIFA dan OFC tidak bisa menjalin kerjasama dengan baik.

Nah itu tadi beberapa daftar negara yang tidak akan pernah berkompetisi di Piala Dunia, semogai informasi ini menambah wawasan anda ya.