fbpx
piala dunia 2022

Gol Kedua Jepang Diprotes Banyak Netizen

Tim nasional Jepang, telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 pagi dini hari tadi. Di mana pada pertandingan terakhir, mereka secara mengejutkan mampu mengalahkan tim kandidat juara Spanyol dengan skor tipis 2-1.

Namun yang menjadi perhatian banyak penggemar bola kali ini bukan hanya soal keberhasilan mereka mengalahkan Spanyol. Akan tetapi,  Gol ke-2 Jepang dalam laga melawan Spanyol pada pertandingan terakhir Group E Piala Dunia 2022 memunculkan pro-kontra.

Pertandingan tersebut di gelar di Stadion Internasional Khalifa, Ar-Rayyan, Qatar, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB, tim Samurai Biru ini mampu mengalahkan tim Matador dengan skor tipis 2-1.

Gol-gol Jepang dicetak oleh Ritsu Doan di menit ke-48 dan Ao Tanaka pada menit 51′. Sementara itu, 1 gol Spanyol tercipta karena tandukan striker Alvaro Morata pada menit 11′. Spanyol memang unggul lebih dulu, namun Jepang mampu comeback dalam waktu 3 menit saja.

Yang menjadi perdebatan banyak orang saat ini adalah mengenai gol kedua dari tim nasional Jepang.  Dalam prosesnya, gol ke-2 Jepang tercipta dari operan silang Ritsu Doan ke dalam kotak penalti Spanyol. Lalu Kaoru Mitoma menyambarnya dan diselesaikan dengan baik oleh Ao Tanaka untuk membawa Jepang unggul.

Bahkan dalam proses gol tersebut, sang wasit pun juga sempat mengecek VAR (Video Assistant Referee) karena ada tanda-tanda jika bola tersebut telah keluar atau melalui garis lebih dulu saat sebelum disambut Kaoru Mitoma menjadi gol.

Meskipun begitu, VAR putuskan jika gol Tanaka sah ke gawang Spanyol itu telah sah. FIFA memaparkan jika gol itu sah karena dinilai jika bola belum seutuhnya melalui garis putih.

“Gol kedua Jepang harus dilihat oleh VAR, tapi Mitoma lakukan operan silang yang cukup buat Tanaka sebelum semua bola melalui garis,” tulis pengakuan FIFA.

Gol yang dilesakkan oleh Tanaka itu pun tidak cuma membuat Spanyol kalah, tapi juga sekaligus singkirkan tim nasional Jerman dari Piala Dunia 2022 Qatar kali ini. Padahal pada pertandingan terakhir, Jerman mampu mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2, namun hasil tersebut tidak cukup membuat mereka melaju ke babak selanjutnya.

BACA JUGA  Ronaldo Tak Masuk, Inilah 5 Pemain Piala Dunia 2022 dengan Lari Tercepat

Sementara itu, Jepang maju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup usai menempati posisi teratas klasemen akhir Group E dengan perolehan enam point.

Mereka berhasil menggusur Spanyol yang sebelum memuncaki klasemen grup dengan 4 point, kini Spanyol pun pasrah berada di rangking ke-2 dan melaju ke 16 besar sebagai runner-up.

Adapun Jerman dan Kosta Rika yang berurut menempati peringkat ke-3 dan ke-4 Grup E, sehingga membuat kedua negara tersisih dari Piala Dunia 2022 kali ini.