Timnas Indonesia Menggila, Shin Tae-yong Ungkap Kunci Keberhasilannya

Kabar datang dari Timnas Indonesia, sebagaimana disampaikan oleh sang pelatih yakni Shin Tae-yong menjelaskan bahwa skuad Garuda sebetulnya membuat target tinggi di Kualifikasi Piala Asia 2023: dua kemenangan dan juga satu imbang.

Jadi, Indonesia sendiri telah berhasil merebut tiket ke Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Nepal 7-0 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Dari hasil inilah yang membuat Indonesia duduk sebagai runner-up Grup A dengan perolehan enam poin.

Kemudian Shin Tae-yong juga ditanya soal bagaimana cara hingga bisa membawa Indonesia menjalani dengan baik fase Kualifikasi Piala Asia 2023 tersebut. Apalagi,  Kuwait juga berhasil dikalahkan pada laga pembuka, sehingga si tuan rumah pun akhirnya gagal melaju.

“Sebelum datang ke Kuwait, ada perencanaan yakni menang dua kali dan sekali imbang. Mengincar hasil imbang melawan Yordania. Rencana saya tinggi,” pungkas Shin Tae-yong selepas laga.

Bukan hanya itu saja, Shin Tae-yong juga menegaskan jika kemenangan 2-1 melawan Kuwait pada laga pertama adalah yang terpenting. Karena inilah seolah sekaligus meringankan tekanan Indonesia ketika menghadapi kalah 0-1 dari Yordania pada laga kedua.

“Ketahuilah ada hal penting yang harus Anda lakukan, pertandingan pertama melawan Kuwait berjalan sangat baik. Saya pikir para pemain melakukan segala hal di lapangan dengan sangat mulus,” tuturnya.

Di babak pertama, Indonesia memimpin 2-0 melawan Nepal melalui gol Dimas Drajad dan Witan Sulaeman.

Pada babak keduanya, untuk Indonesia cukup berjalan mulus terlebih lagi saat Nepal sudah bermain dengan 10 orang saat tertinggal satu gol. Lalu gol di tambahkan oleh Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, Witan, dan Marselino Ferdinan untuk menutup laga dengan skor 7-0.

Indonesia terakhir tampil pada ajang Piala Asia yakni tahun 2007. Kala itu Indonesia menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, serta Vietnam.

BACA JUGA  4 Tips Redakan Sesak Nafas Saat Terkena COVID-19