cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Jangan Salah, Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

Sebagai salah satu jenis tanaman yang menyimpan segudang khasiat, lidah buaya sangat populer di kalangan beauty junkies. Sebab, tanaman satu ini memang ampuh untuk mengobati jerawat. Terbukti, ada berbagai macam produk perawatan kulit yang kerap dijadikan cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini.

Efek samping cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Pada dasarnya, gel yang terdapat di dalam lidah buaya ini sangat aman dan efektif untuk mengobati berbagai masalah kulit, termasuk jerawat dan juga luka bakar. Namun, cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya hanya dilakukan secara topical.

Pasalnya, cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya secara oral alias dimakan ataupun diminum justru berisiko memicu penyakit kanker. Hal ini disebabkan getah lidah buaya yang tidak diolah kaya akan bahan kimia penyebab munculnya kanker dalam tubuh.

Di samping itu, konsumsi satu gram gel lidah buaya dalam beberapa hari bisa memicu kerusakan ginjal. Bahkan, ada efek samping lain seperti kram dan juga nyeri di bagian perut. Inilah mengapa cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya hanya boleh dilakukan secara topical. Oleh sebab itu, Anda juga perlu berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter supaya lebih aman.

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang paling efektif

Sejak zaman dulu, lidah buaya digunakan banyak orang untuk mengatasi jerawat membandel di wajah. Bahkan, tak sedikit pula yang menggunakan untuk memberantas jerawat di bagian tubuh lain, seperti di kulit kepala. Nah, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang patut Anda ketahui lebih lanjut.

Masker gel lidah buaya

Salah satu cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang sering dilakukan adalah menjadikan gel segar tanaman tersebut sebagai masker. Metode satu ini dipercaya mampu mempercepat proses pengeringan luka akibat jerawat.

Adapun cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini cukup mudah. Ambil saja beberapa batang lidah buaya, lalu tekan sedikit sampai seluruh gel di dalamnya keluar. Setelah itu, oleskan gel pada bagian kulit yang berjerawat menggunakan tangan yang telah dicuci bersih. Ulangi prose sini sebanyak dua kali sehari selama satu minggu untuk hasil yang lebih maksimal.

BACA JUGA  Tanpa Sakit! Begini Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Paling Ampuh

Masker lidah buaya dan lemon

Selain gel lidah buaya segar, Anda juga bisa menggunakan lemon sebagai cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini. Sebab, lemon kaya akan senyawa asam yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat membandel.

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dan lemon ini sangat mudah. Siapkan beberapa daun lidah buaya, tekan sampai gel di dalamnya keluar. Letakkan gel tersebut di dalam blender, campur dengan air perasan satu buah lemon. Kemudian, simpan losion lidah buaya di dalam kulkas selama 30 menit sebelum dioleskan pada wajah seperti halnya masker, sebelum tidur.

Masker lidah buaya dicampur kunyit dan madu

Ternyata, kunyit dan madu memiliki khasiat yang nyaris sama dengan lidah buaya. Kedua bahan alami tersebut sangat efektif untuk mengatasi jerawat di wajah. Inilah mengapa, cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang dicampur kunyit dan madu banyak digunakan banyak orang.

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya, kunyit, dan madu ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Ambil gel lidah buaya segar secukupnya, lalu campurkan dengan sedikit kunyit, madu, susu, dan beberapa tetes air mawar atau air biasa jika tidak ada. Aduk semua bahan tersebut hingga rata, kemudian oleskan pada bagian kulit yang berjerawat.

Diamkan sekitar 15-20 menit sebelum Anda membilas wajah dengan air bersih. Ulangi cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Cara paling tepat mengatasi jerawat di wajah

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Selain cara menghilangkan jerawat dengan lidah buah, salah satu pengobatan terbaik yang bisa dijadikan upaya untuk menghilangkan jerawat adalah mengurangi produksi minyak di kulit. Ada juga solusi lain yaitu, membantu membuka sumbatan sel kulit mati di pori-pori dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Namun secara umum, ada dua jenis pengobatan selain cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang telah dijelaskan di atas, seperti berikut ini.

  • Cara menghilangkan jerawat dengan produk bebas

Bukan hanya cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya, banyak orang juga menggunakan produk bebas seperti sabun wajah atau produk pembersih khusus yang mengandung beberapa zat. Mulai dari asam salisilat, benzoil peroksida, asam glikolat, hingga sulfur.

Perlu Anda ketahui, produk perawatan wajah yang mengandung benzoil peroksida bisa membantu mengusir bakteri penyebab jerawat. Sementara asam salisilat membantu memudahkan pengelupasan sel kulit. Kedua zat ini biasa ditemukan dalam produk berbentuk gel, krim, dan juga losion.

BACA JUGA  5 Kesalahan Saat Pakai Skincare. Mungkin Ini Alasan Gagal Glowing!

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya juga bisa didampingi dengan penggunaan produk bebas yang mengandung tea tree oil karena bersifat antiseptik. Bahkan, bahan satu ini dipercaya ampuh meredakan peradangan akibat jerawat sekaligus mengatasinya sehingga kulit Anda kembali seperti sediakala.

  • Cara menghilangkan jerawat dengan obat dokter

Bukan hanya menggunakan produk bebas yang dijual di pasaran, cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini juga bisa didukung dengan penggunaan obat antibiotik. Biasanya, obat semacam ini diresepkan oleh dokter untuk membasmi bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan di kulit wajah Anda.

Umumnya, antibiotik khusus jerawat berupa obat oles dan juga oral untuk diminum. Namun, antibiotik yang bersifat topical bakal bekerja lebih efektif jika digunakan dengan benzoil peroksida. Sebab, keduanya mampu mengurangi risiko terjadinya kekebalan bakteri terhadap antibiotik. Menariknya lagi, bisa digunakan bersamaan cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya.

Bukan hanya obat berupa antibiotik saja, cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya juga kerap dijadikan pendamping obat retinoid, baik dalam bentuk minum ataupun oles. Sebab, retinoid mampu membantu mengatasi jerawat dengan cara merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Selain itu, retinoid juga sering dikombinasikan dengan benzoil peroksida. Adapun efek samping yang muncul dari penggunaan retinoid adalah kulit kering, gatal, dan kemerahan sehingga tidak disarankan untuk ibu hamil maupun menyusui. Sebagian orang juga menggunakan obat jerawat berupa asam azeleat, pil KB dan juga dapsone.

Namun, penggunaan obat-obatan selain cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini juga harus dilakukan secara hati-hati. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit apabila kondisinya tidak membaik atau justru muncul keluhan lain, seperti peradangan luka jerawat ataupun gatal yang tak kunjung hilang.

Perawatan pendukung cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Selain obat yang berasal dari dokter kulit, cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya juga membutuhkan perawatan pendukung yang tepat, di antaranya sebagai berikut:

  • Sebaiknya cuci wajah yang berjerawat tidak lebih dari dua kali sehari karena bisa memicu iritasi. Jangan lupa gunakan air hangat dan sabun berbahan lembut supaya kulit tetap lembap.
  • Hindari memencet jerawat dan komedo karena bisa memperburuk kondisi kulit sekaligus meninggalkan bekas yang memengaruhi penampilan Anda.
  • Pilih produk perawatan wajah berbahan dasar air yang non-comedogenic.

Demikian cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang bisa Anda terapkan untuk mempercantik penampilan. Semoga informasi ini bisa membantu, ya!

 

Tentang nezzumia

Check Also

Masker untuk menghilangkan komedo

9 Masker untuk Menghilangkan Komedo Agar Wajah Kembali Mulus

Selain jerawat, komedo adalah salah satu masalah pada kulit wajah yang cukup menyebalkan. Perlu Anda …