fbpx
cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Madu Paling Tepat

Selain jerawat dan komedo membandel, permasalahan kulit yang sering dialami oleh sebagian besar orang adalah flek hitam. Tentu saja, kemunculan noda hitam di wajah seperti ini bisa membuat siapa saja menjadi tak percaya diri. Jadi jangan heran, jika semakin banyak orang mencari cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu.

Mengapa madu? Sebab, madu adalah salah satu bahan alami yang kaya akan vitamin dan mineral untuk menjadikan tampilan kulit menjadi lebih sempurna. Tak terkecuali untuk menghilangkan flek hitam di wajah yang biasanya memenuhi bagian bawah mata hingga hidung. Itulah sebabnya cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu seringkali dicoba.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu secara praktis

cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu

Banyak orang mengenal madu sebagai bahan alternatif untuk merawat kulit wajah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, madu kaya akan vitamin, air, dan mineral yang mampu melembapkan kulit secara sempurna. Bahkan, kandungan tersebut bisa mencegah radikal bebas pada kulit Anda sekaligus dijadikan cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu.

Salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu adalah menjadikannya masker. Langkah pertama yang patut Anda lakukan adalah membersihkan wajah menggunakan air hangat lebih dulu, lalu oleskan madu secara merata di permukaan kulit wajah dan diamkan sekitar 15-20 menit sampai benar-benar kering.

Kemudian, bilas madu tersebut menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan handuk. Ulangi cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu ini sekitar 2-3 kali seminggu sampai nodanya benar-benar hilang. Untuk hasil yang lebih optimal, tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis untuk menetralisir bakteri pada kulit.

Ketahui penyebab flek hitam di wajah

Perlu Anda ketahui, flek hitam muncul akibat peningkatan produksi melanin pada kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari secara berlebihan. Melanin dikenal sebagai pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin tinggi kandungan melanin pada kulit, maka semakin gelap pula kulit orang tersebut.

Sebelum Anda menerapkan cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu, pahamilah bahwa masalah satu ini biasanya muncul saat kulit menyerap sinar ultraviolet. Setelah itu, kulit akan mengalami penumpukan melanin dan berwarna lebih gelap dibanding kulit sekitarnya sehingga tampak seperti bintik-bintik.

BACA JUGA  11 Cara Menghilangkan Bruntusan di Pipi dalam Sekejap

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu bisa digunakan siapa saja karena memang flek hitam ini tak kenal usia. Namun, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya masalah kulit satu ini, di antaranya:

  • Terlalu sering terpapar sinar matahari secara berlebihan.
  • Faktor genetik.
  • Memiliki kulit berwarna putih atau cerah.

Gejala flek hitam yang patut diketahui

cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu

Sebenarnya, flek hitam bukan suatu kondisi yang memicu gejala tertentu pada diri Anda. Meski begitu, flek hitam memiliki karakteristik yang khas dari segi bentuk, warna, lokasi, dan pemicunya.

Sebelum memutuskan untuk mencari cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu, sebaiknya ketahui dulu warna flek hitam ini tidak selalu berwarna hitam. Ada juga yang berwarna kemerahan ataupun cokelat dan lebih gelap dibanding area kulit di sekitarnya. Bentuknya pun seperti titik noda kecil berukuran sekitar 1 mm yang tidak menonjol, tapi menyebar di permukaan kulit.

Selain itu, flek hitam biasa muncul di wajah dan kemudian menyebar hingga tulang hidung dan pipi. Bahkan, ada juga yang muncul di leher, lengan, dan dada. Pemicunya pun beragam, seperti sinar matahari di musim panas yang bisa saja hilang ketika Anda menghindari paparan sinar tersebut. Namun, ada baiknya jika Anda mengetahui cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu untuk pencegahan.

Umumnya, flek hitam ini pertama kali muncul di masa kanak-kanak, tetapi akan menghilang seiring bertambahnya usia. Di samping itu, flek semacam ini tidak akan menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, ada banyak orang yang tetap mencari cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu karena sangat mengganggu penampilan.

Pengobatan selain cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu

Meski tidak berbahaya dan tidak membutuhkan obat, banyak orang tetap memburu cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu untuk meningkatkan kepercayaan diri. Padahal, kondisi semacam ini cenderung hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia.

Kebanyakan dari mereka sengaja mencari cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu ataupun bahan lainnya agar flek tertutupi, wajah jadi lebih cerah, sekaligus mengubah warna kulit. Selain madu atau menggunakan riasan di wajah, ada beberapa metode lain yang bisa diberikan oleh dokter spesialis kulit, di antaranya:

Tabir surya

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu bisa juga tidak berdampak signifikan bagi sebagian orang sehingga mereka mencari cara lain yang lebih efektif, yaitu berkonsultasi pada dokter. Biasanya, dokter akan menganjurkan penggunaan tabir surya SPF 30 atau lebih ketika beraktivitas di luar ruangan supaya kulit terlindungi dari paparan sinar UV.

BACA JUGA  Tak Perlu Repot, Ini Cara Menghilangkan Komedo dengan Baby Oil

Krim pemutih kulit wajah

Selain tabir surya dan cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu, biasanya dokter juga akan menganjurkan penggunaan krim pemutih kulit. Namun pastikan lagi, krim tersebut tidak mengandung bahan-bahan berbahaya untuk menekan produksi melanin sekaligus mencerahkan area kulit yang gelap.

Terapi laser

Sebenarnya ada cara lain selain cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu yang paling efektif, yaitu terapi laser. Metode satu ini dilakukan dengan memancarkan sinar pada gelombang dan intensitas tertentu supaya kulit terlihat lebih cerah sekaligus mengusir flek hitam. Menariknya, dampak yang ditimbulkan oleh terapi laser ini relatif rendah.

Chemical peeling

cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu terkadang kurang efektif sehingga Anda harus mencari metode lain yang lebih tepat. Salah satunya adalah chemical peeling yang menggunakan cairan kimia, seperti asam trikoloasetat atau asam alfahidroksi. Kedua bahan ini mampu mengangkat sel kulit bermasalah sekaligus mendorong regenerasi kulit.

Ketahuilah, chemical peeling ini harus dilakukan secara rutin layaknya cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu demi hasil yang maksimal. Dan pastinya, cara-cara penanganan semacam ini juga berpotensi memicu efek samping, salah satunya adalah iritasi pada kulit wajah.

Komplikasi yang terjadi pada flek hitam di wajah

Sebenarnya, flek hitam jarang menimbulkan komplikasi apapun. Kendati demikian, kondisi semacam ini seringnya terjadi pada Anda yang memiliki kulit putih atau cerah sehingga lebih rentan mengalami kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Itulah sebabnya, cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu lebih banyak dicari oleh orang berkulit cerah.

Mencegah terjadinya flek hitam yang mengganggu penampilan

cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu

Umumnya, flek hitam ini muncul akibat kombinasi faktor genetik dan juga paparan sinar UV. Pada dasarnya, faktor genetik memang tak bisa diubah, akan tetapi paparan sinar UV pada kulit bisa Anda cegah melalui beberapa cara berikut ini:

  • Aplikasikan tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih ketika hendak beraktivitas di luar ruangan.
  • Jangan beraktivitas di bawah sinar matahari yang terlalu terik atau sekitar jam 10 pagi hingga 4 sore.
  • Pilih pakaian yang menutup seluruh area kulit ketika beraktivitas di luar ruangan.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu dan metode lain yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat ya!

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
cara memutihkan wajah flek hitam

Tentang nezzumia

Check Also

krim pemutih wajah terbaik

Dijamin Aman dan Tercatat BPOM, Ini 8 Krim Pemutih Wajah Terbaik

Krim pemutih wajah terbaik kerap dianggap sebagai jalan pintas bagi sebagian besar orang untuk mendapatkan …