cara menghilangkan gusi bengkak

Tak Lagi Nyeri, Ini 15 Cara Menghilangkan Gusi Bengkak Secara Alami

Gusi bengkak adalah salah satu masalah gangguan mulut yang kerap dialami banyak orang. Apabila hal tersebut terjadi, ada beberapa cara menghilangkan gusi bengkak yang bisa Anda lakukan.

Pada dasarnya, gusi bengkak bisa disebabkan beberapa hal, seperti misalnya infeksi. Tak jarang, keluhan gusi bengkak ini disertai dengan gejala lain. Mulai dari bau napas tak sedap, muncul nanah di bawah gusi ataupun gigi, hingga rasa kurang nyaman di dalam mulut. Ketika gejala tersebut muncul, maka cara menghilangkan gusi bengkak patut Anda ketahui lebih lanjut.

Para ahli mengatakan, gejala gusi bengkak merupakan awal dari berkembangnya suatu kondisi yang disebut sebagai periodontitis. Lantas, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Mengapa cara menghilangkan gusi bengkak jadi opsi paling masuk akal untuk mengatasinya?

Penyebab gusi bengkak

cara menghilangkan gusi bengkak

Ada beberapa hal yang mampu meningkatkan risiko terjadinya gusi bengkak sehingga Anda harus segera mencari cara menghilangkan gusi bengkak paling ampuh, di antaranya:

  • Kebiasaan merokok.
  • Penumpukan plak atau karang gigi yang terlalu tebal pada gigi.
  • Terjadi gingivitis atau peradangan pada bagian gusi tertentu.
  • Skorbut atau kekurangan gizi yang terjadi saat tubuh defisit vitamin C.
  • Kehamilan pada wanita.
  • Infeksi jamur ataupun virus pada tubuh.
  • Pemasangan gigi palsu atau aksesori lain yang kurang tepat sehingga menyebabkan komplikasi.
  • Meningkatkan sensitivitas pada gusi akibat penggunaan produk pasta gigi atau cairan kumur tertentu.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti kontrasepsi hormonal, penghambat saluran kalsium, atau anti-epilepsi.

Cara menghilangkan gusi bengkak secara sederhana

cara menghilangkan gusi bengkak

Banyak orang mengatakan, gusi bengkak adalah gangguan ringan yang bisa diatasi dengan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut. Dengan kata lain, cara menghilangkan gusi bengkak paling sederhana adalah menyikat gigi dua kali sehari. Dilengkapi juga dengan penggunaan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan dari sela-sela gigi.

Namun, ada juga cara menghilangkan gusi bengkak secara sederhana. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui.

  • Kompres gusi menggunakan air dingin untuk mengurangi pembengkakan.
  • Mengonsumsi buah dan sayur.
  • Menghentikan kebiasaan konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, merokok, dan minum minuman beralkohol.
  • Menghentikan penggunaan obat kumur yang tidak tepat.
  • Mengganti produk pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi Anda.
BACA JUGA  Tak Ada Lagi Rambut Kering dengan 10 Produk Masker Rambut Terbaik

Apabila gusi bengkak disebabkan karena efek samping dari obat-obatan tertentu, maka sebaiknya hentikan konsumsi obat tersebut dan segera berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa mengubah dosis atau mengganti jenis obat Anda sebagai cara menghilangkan gusi bengkak yang Anda derita.

Cara menghilangkan gusi bengkak secara alami dengan ramuan tradisional

Selain menggunakan cara medis, ternyata cara menghilangkan gusi bengkak juga bisa dibantu dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar Anda, seperti di bawah ini.

Berkumur menggunakan air garam

cara menghilangkan gusi bengkak

Tahukah Anda, garam merupakan cara menghilangkan gusi bengkak paling ajaib. Sebab, Anda cukup menyiapkan segelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan garam. Aduk larutan tersebut sampai benar-benar rata, lalu gunakan untuk berkumur. Dijamin, gusi Anda akan sembuh setelah tiga kali penggunaan metode tradisional satu ini dalam sehari.

Kumur dengan air lemon

Tak bisa dipungkiri, salah satu penyebab gusi bengkak adalah gigi yang berlubang. Nah, air lemon bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan gusi bengkak sekaligus membasmi penyebab gigi berlubang tersebut.

Di samping itu, kandungan asam pada air lemon berfungsi untuk mengatur kadar pH dalam mulut Anda. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba berkumur menggunakan perasan air lemon yang telah dicampur air hangat secara rutin tiga kali sehari sebagai cara menghilangkan gusi bengkak.

Kumur dengan daun jambu biji

Cara menghilangkan gusi bengkak berikutnya adalah menggunakan daun jambu biji. Sebab, daun satu ini dipercaya kaya akan anti-bakteri yang mampu menjaga kesehatan mulut dan juga gigi Anda. Caranya mudah kok, rebus saja beberapa lembar daun biji setelah dicuci bersih, lalu gunakan untuk berkumur secara rutin.

Oleskan belimbing wuluh

cara menghilangkan gusi bengkak

Bukan hanya digunakan sebagai bahan masakan saja, belimbing wuluh juga bisa dijadikan cara menghilangkan gusi bengkak paling ampuh. Hal ini dikarenakan senyawa asam di dalam buah satu ini mampu membasmi bakteri di dalam mulut. Sebaiknya, Anda memilih belimbing wuluh yang belum matang, tumbuk sampai halus. Lalu, oleskan pada bagian gusi yang bengkak.

Menempelkan ramuan bawang merah

Ternyata, kuman penyebab gusi bengkak juga bisa diatasi dengan bantuan bawang merah. Cara menghilangkan gusi bengkak menggunakan bawang merah ini sudah dikenal sejak dulu kala karena memang bawang merah mengandung antiseptik alami. Anda cukup menumbuk satu siung bawang merah dan garam sampai halus, lalu tempelkan di area gusi yang bengkak.

Menempelkan ramuan bawang putih

Seperti halnya bawang merah, bumbu dapur satu ini juga mengandung antiseptik alami yang bisa dijadikan cara menghilangkan gusi bengkak. Siapkan satu siung bawang putih dan satu sendok teh garam, kemudian tumbuk hingga halus dan tempelkan di area gusi yang terasa sakit. Dalam beberapa saat, nyeri akibat gusi bengkak pun sirna.

BACA JUGA  Yuk, Mulai Jauhi Kebiasaan Ini Agar Bisa Menabung Demi Masa Depan

Mengoleskan minyak cengkeh

Cengkeh adalah salah satu bahan tradisional yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan gusi bengkak. Sebab, cengkeh mengandung senyawa anti-inflamasi sekaligus untuk mengurangi rasa nyeri akibat gusi bengkak. Anda bisa mengoleskan minyak cengkeh secara langsung pada gusi atau berkumur dengan air yang telah diberi beberapa tetes minyak tersebut.

Mengoleskan madu pada gusi

cara menghilangkan gusi bengkak

Bahan alami selanjutnya yang bisa dijadikan cara menghilangkan gusi bengkak adalah madu. Anda cukup mengoleskan madu di bagian gusi yang terasa sakit sebanyak tiga kali sehari sampai bengkak benar-benar kempis. Namun pastikan, Anda menggunakan madu alami supaya membuahkan hasil.

Mengoleskan bubuk merica dan garam

Tak sekadar memberi rasa pedas pada makanan, merica juga bisa dijadikan cara menghilangkan gusi bengkak karena mengandung anti-bakteri dan juga anti-inflamasi. Anda hanya perlu mencampurkan merica dengan garam, lalu beri sedikit air sampai berbentuk seperti pasta. Lalu, oleskan pada gusi yang sakit atau bisa juga dioleskan pada gigi yang berlubang.

Menempelkan asam jawa

Cara menghilangkan gusi bengkak berikutnya adalah menggunakan asam jawa. Sebab, asam jawa mengandung senyawa antiseptik yang ampuh mengusir bakteri penyebab gigi berlubang dan gusi bengkak. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyangrai biji asam jawa, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

Kumur air serai

Bahan dapur lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan gusi bengkak adalah serai. Caranya sederhana, rebus dua tangkai serai dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur sebanyak dua kali sehari hingga gusi tak lagi mengalami pembengkakan.

Kumur air jahe

cara menghilangkan gusi bengkak

Kandungan anti-bakteri di dalam jahe ternyata juga bisa Anda jadikan cara menghilangkan gusi bengkak paling ampuh. Bahkan, jahe juga bisa membantu membasmi bakteri jahat dalam mulut. Cara ini sangat mudah karena Anda hanya perlu memarut jahe sambil memerasnya secara perlahan. Kemudian, air perasan tersebut dicampur dengan sedikit air untuk digunakan berkumur.

Kumur dengan air kelapa

Seperti halnya jahe, air kelapa juga mengandung antiseptik alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan gusi bengkak. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda memanfaatkan air kelapa untuk berkumur tepat setelah menyikat gigi untuk mengatasi gusi yang membengkak.

Meneteskan getah jarak di gusi dan gigi

Getah jarak mengandung antiseptik luar biasa untuk dijadikan cara menghilangkan gusi bengkak. Bukan itu saja, getah tanaman satu ini juga terbukti kaya akan antibiotik. Inilah sebabnya, Anda bisa menggunakan tetesan getah jarak secara langsung pada area gusi dan gigi yang sakit.

Demikian tadi cara menghilangkan gusi bengkak untuk membantu Anda meredakan nyeri yang tak kunjung hilang. Apabila gusi masih tetap terlihat mengalami pembengkakan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat tindakan lebih lanjut. Selamat mencoba, ya!

 

Tentang nezzumia