cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi Agar Penampilan Kembali Sempurna

Selama ini, pasta gigi atau yang juga sering disebut dengan odol lebih dikenal untuk membersihkan sekaligus menjaga kesehatan gigi. Namun siapa sangka, benda satu ini juga memiliki khasiat lain bagi kulit wajah. Salah satunya dijadikan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi yang super ampuh.

Jerawat biasanya muncul akibat kotoran atau minyak yang menumpuk di wajah. Selain itu, bisa juga karena alergi makanan, pengaplikasian kosmetik yang kurang tepat, penggunaan air yang kurang bersih, dan lain sebagainya.

Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi yang paling tepat

Bicara soal jerawat, ternyata ada cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi yang cukup mudah diterapkan. Bagaimana langkahnya?

Gunakan pasta gigi khusus, bukan yang biasa digunakan untuk sikat gigi

cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Langkah pertama dari cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi adalah memiliki odol khusus, bukan menggunakan odol yang biasa dipakai menyikat gigi. Sebab, jari Anda bakal sering menyentuh pasta gigi untuk mengambilnya saat hendak mengoleskan di kulit wajah. Padahal, jari Anda bisa saja kotor dan berpotensi membawa bakteri penyebab penyakit.

Oleh sebab itu, untuk menghindari terjadinya infeksi kuman yang bisa memperparah kondisi jerawat Anda, sebaiknya sediakan pasta gigi tersendiri untuk dijadikan obat anti-jerawat. Inilah cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi yang paling tepat.

Pilih pasta gigi berwarna putih

Saat ini, ada banyak jenis pasta gigi yang dijual di pasaran dengan berbagai manfaatnya. Mulai dari yang putih polos hingga berwarna hitam pekat karena mengandung activated charcoal. Jika Anda hendak menggunakan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi, pilih produk yang berwarna putih polos karena bebas dari bahan yang bisa membuat kulit Anda teriritasi.

BACA JUGA  Jangan Bingung Memilih, Ini 10 Masker Freeman Terbaik Berbahan Organik

Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi berwarna putih polos juga memiliki alasan tersendiri. Salah satunya, produk ini dibuat dengan kandungan zat aktif baking soda, triclosan, dan peroksida yang dibutuhkan untuk membuat jerawat Anda jadi kering.

Hindari penggunaan pasta gigi yang mengandung pemutih

Poin penting lainnya yang patut Anda ingat dari cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi adalah menghindari produk yang mengandung whitening atau zat pemutih gigi. Sebab, bahan semacam ini cukup berbahaya bagi kulit Anda. Bahkan bisa menimbulkan iritasi dan juga sensasi panas yang menyengat.

Jangan gunakan pasta gigi gel

cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi selanjutnya adalah tidak menggunakan odol berbentuk gel. Jika dilihat di pasaran, rasanya tidak ada produk pasta gigi gel berwarna putih. Kebanyakan justru berwarna biru ataupun hijau. Selain itu, formulasi pasta gigi gel ini sangat berbeda dengan pasta gigi biasa yang dikhawatirkan mengandung bahan berbahaya untuk kulit.

Pastikan kadar fluoride yang terkandung dalam pasta gigi

Umumnya, pasta gigi berwarna putih mengandung fluoride yang ampuh untuk mencegah karang gigi, membersihkan plak, dan juga menjaga kekuatan gusi Anda. Sementara untuk cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ada baiknya jika Anda memilih produk yang mengandung rendah fluoride.

Pasalnya, fluoride bisa bereaksi ketika dioleskan pada kulit yang berjerawat. Kandungan fluoride yang terlalu tinggi pada penggunaan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti misalnya ruam merah di kulit. Oleh sebab itu, cari informasi lebih dulu demi menemukan produk pasta gigi berkadar fluoride rendah untuk mengatasi jerawat.

Pilih produk pasta gigi organik

Ada baiknya, cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi pilih yang berbahan organik. Dengan demikian, keamanan dan kesehatannya bakal jauh lebih terjamin. Apalagi secara logika, bahan-bahan organik sudah pasti aman jika dibandingkan dengan bahan kimia.

Selain itu, cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi organik mengandung baking soda dan juga minyak batang teh yang berkhasiat mengeringkan jerawat meradang.

Memastikan wajah bersih sebelum dioleskan pasta gigi

Setelah Anda memilih produk pasta gigi organik dan rendah fluoride untuk mengobati jerawat, cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi berikutnya adalah membersihkan wajah terlebih dulu. Langkah ini wajib dilakukan agar minyak dan kotoran di wajah terbilas sehingga pasta gigi lebih mudah mengobati jerawat.

BACA JUGA  Atasi Jerawat dan Komedo dengan 7 Sabun Muka untuk Kulit Berminyak Terbaik Ini

Oleskan pasta gigi secara tepat di area kulit yang berjerawat

cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Satu hal yang patut Anda ingat saat menerapkan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi adalah mengoleskan produk tersebut tepat di area yang akan diobati. Pastikan, Anda mengoleskan pasta gigi secara tipis di benjolannya saja untuk menghindari terjadinya kulit kering, merah, ataupun iritasi pada area yang shat.

Mengaplikasikan pasta gigi sebelum tidur

Waktu paling tepat untuk menerapkan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi adalah di malam hari sebelum tidur. Namun, langkah satu ini tidak boleh dilakukan oleh Anda yang memiliki kulit sensitif. Sebab, bisa memicu terjadinya iritasi. Oleh sebab itu, sebaiknya segera bilas pasta gigi yang menempel di wajah setelah 15 menit menggunakan air bersih.

Jika Anda merasakan sensasi perih disertai kulit yang kemerahan di area wajah, sebaiknya hentikan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi tersebut. Bisa jadi, ada bahan yang tidak cocok untuk kulit Anda.

Membersihkan wajah menggunakan kain lembut

Cara menghilangkan jerawat dengan pasti gigi bagi pemilik kulit normal jelas tidak akan memicu masalah apapun. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan di malam hari dan biarkan melekat sampai pagi tanpa harus terburu-buru membersihkannya. Setelah bangun pagi, segera bersihkan sisa pasta gigi di wajah Anda menggunakan air hangat dan kain super lembut.

Caranya mudah kok, celupkan saja kain tersebut ke dalam wadah berisi air hangat. Kemudian, usap wajah perlahan dengan gerakan memutar supaya bagian wajah benar-benar bersih dari pasta gigi dan Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit lainnya.

Gunakan pelembap wajah

Ada beberapa orang yang merasa kulitnya jadi lebih kering setelah menerapkan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Jika itu terjadi pada Anda, maka gunakan moisturizer atau pelembap untuk menghidrasi kulit. Pastikan, produk pelembap yang Anda pilih tepat dengan jenis kulit Anda. Lalu, oleskan secara merata supaya wajah terasa lebih segar dan lembut.

Terapkan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi secara berkala

cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Demi mendapatkan hasil yang terbaik, Anda disarankan untuk menerapkan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini secara berkala. Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Namun pastikan, Anda menghentikan metode ini ketika jerawat sudah mulai mengering.

Ketahuilah, pasta gigi memang digunakan banyak orang sebagai salah satu cara mengatasi jerawat sejak dulu kala. Namun, cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini sebaiknya tidak dijadikan rekomendasi utama karena memiliki efek samping bagi kulit, terutama pada kulit yang teramat sensitif.

Anda juga bisa menggunakan cara lain selain cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini, seperti krim peeling ataupun antibiotik yang diresepkan oleh dokter kulit. Akan tetapi, Anda harus menghentikan pengobatan jika timbul dampak negatif saat menggunakan produk semacam ini. Jika jerawat masih belum teratasi, sebaiknya kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

 

Tentang nezzumia

Check Also

sabun muka untuk kulit berminyak terbaik

Atasi Jerawat dan Komedo dengan 7 Sabun Muka untuk Kulit Berminyak Terbaik Ini

Seiring berkembangnya zaman, sudah banyak produsen yang menciptakan sabun muka untuk kulit berminyak terbaik. Anda …