fbpx
cara menghilangkan biang keringat pada bayi

Dijamin Aman, Ini 6 Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi

Sebagian besar bayi pasti pernah mengalami biang keringat. Meskipun bukan kondisi yang terlalu mengkhawatirkan, cara menghilangkan biang keringat pada bayi patut untuk Anda ketahui supaya tidak terjadi kondisi yang semakin parah.

Ketahuilah, melalui tindakan dan cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang tepat, dijamin kondisi semacam ini akan menghilang sekitar 2-3 hari setelah muncul bintik merah di permukaan kulit. Pada dasarnya, biang keringat disebabkan oleh suhu ruangan yang terlalu panas. Kendati demikian, ada beberapa faktor yang bisa memperparah kondisi tersebut.

Salah satunya adalah bahan pakaian yang tidak nyaman atau juga karena penggunaan produk perawatan kulit bayi yang tidak aman. Durasi tidur bayi yang terlalu panjang hingga alergi terhadap obat-obatan tertentu juga bisa memperparah kondisi biang keringat. Inilah sebabnya, Anda harus mencari cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang paling aman dan efektif.

Jenis biang keringat pada bayi yang patut diketahui

cara menghilangkan biang keringat pada bayi

Biang keringat pada bayi juga dikenal dengan sebutan miliaria. Menurut para ahli, ada beberapa jenis miliaria yang bisa dibedakan secara klinis sehingga memengaruhi cara menghilangkan biang keringat pada bayi. Berikut ini penjelasan tentang jenis biang keringat yang perlu Anda ketahui.

  • Miliaria crystallina

Biang keringat satu ini disebabkan adanya penutupan saluran ekrin sebesar 1-2 mm. Biasanya, miliaria crystallina muncul pada bagian kulit kepala, leher, hingga tubuh bayi. Biang keringat ini bisa bertahan selama beberapa sampai berhari-hari sehingga Anda harus segera mencari cara menghilangkan biang keringat pada bayi ini supaya bayi tetap nyaman.

  • Miliaria rubra

Dikenal sebagai ruam panas, biang keringat satu ini umumnya disebabkan tingkat obstruksi kelenjar keringat yang lebih dalam. Miliaria rubra kerap terjadi pada bagian kulit yang tertutup sehingga cara menghilangkan biang keringat pada bayi satu ini cukup berbeda dengan miliaria crystallina.

  • Miliaria profunda

Bisa dikatakan, biang keringat bernama miliaria profunda ini adalah yang paling parah daripada dua jenis sebelumnya. Namun, kondisi ini sangat jarang terjadi pada bayi sehingga Anda tidak perlu terlalu pusing mencari cara menghilangkan biang keringat pada bayi.

Miliaria profunda terjadi saat keringat di bagian dermis bocor ke dalam dermis sehingga menyebabkan pembilasan dan pembakaran yang cukup intens. Umumnya, penderita biang keringat jenis ini akan mengalami tanda-tanda kelelahan panas. Bahkan, ruam yang muncul bisa berisiko mengalami infeksi.

BACA JUGA  Kerap Dijuluki 'Kutu Loncat', Ini Penjelasan Tentang Lingkungan Kerja Seperti Apa yang Ideal Bagi Gen Z

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang paling efektif

Sebaiknya, Anda harus bisa menetapkan cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang paling tepat supaya tidak memperparah kondisinya. Menurut para ahli, sebagian besar miliaria jenis apapun itu bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

Namun, guna meredakan sekaligus mencegah biang keringat yang semakin parah, ada beberapa cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang bisa Anda lakukan di rumah.

Oleskan losion khusus bayi

cara menghilangkan biang keringat pada bayi

Losion khusus bayi bisa dijadikan cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang paling tepat. Sebab, produk semacam ini berkhasiat untuk meredakan rasa gatal sekaligus kulit yang bersisik. Meski tidak sepenuhnya menyembuhkan, losion khusus bayi ini bisa mencegah biang keringat melebar ke area kulit lainnya.

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi menggunakan losion yang paling tepat adalah memilih produk dengan pH 5,5 supaya sama dengan tingkat keasaman kulit bayi. Losion seperti ini bisa menjaga kulit bayi tetap lembap, tidak kering ataupun mengelupas, bebas gatal, dan jauh dari risiko iritasi.

Salah satu losion yang bisa dijadikan cara menghilangkan biang keringat pada bayi adalah losion yang mengandung calamine aktif. Senyawa satu ini dipercaya ampuh untuk meredakan rasa gatal akibat alergi, gigitan serangga, ataupun iritasi.

Selain itu, Anda juga bisa mencari produk losion yang mengandung zinc oxide dan diphenhydramine hydrochloride sebagai cara menghilangkan biang keringat pada bayi. Biasanya, produk semacam ini sangat disarankan bagi bayi berusia 1-6 bulan yang mengalami biang keringat.

Anda hanya perlu mengoleskan losion tersebut sekitar 2-4 hari sekali sebagai cara menghilangkan biang keringat pada bayi. Namun pastikan, Anda sudah membersihkan area kulit tersebut dan kulit dalam keadaan kering. Disarankan, penggunaan losion ini dilakukan tepat setelah mandi atau sebelum tidur.

Obat antihistamin khusus bayi

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi berusia 1-6 bulan yang paling efektif adalah memberikan obat yang mengandung antihistamin. Perlu Anda ketahui, antihistamin merupakan kelompok obat-obatan khusus untuk reaksi alergi, sengatan serangga, ataupun biang keringat.

Bahkan, antihistamin juga sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi gejala mual dan muntah yang diakibatkan oleh mabuk kendaraan selain cara menghilangkan biang keringat pada bayi. Namun, Anda wajib berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat antihistamin semacam ini.

Menjaga tubuh tetap sejuk

cara menghilangkan biang keringat pada bayi

Berikutnya adalah menjaga tubuh bayi tetap sejuk sebagai cara menghilangkan biang keringat pada bayi, baik melalui suhu ruangan ataupun kondisi kulitnya. Metode satu ini sangat efektif untuk meredakan rasa gatal pada kulit bayi Anda.

BACA JUGA  Cara Menurunkan Berat Badan Saat Ramadan yang Paling Ampuh

Demi menciptakan suhu ruangan yang sejuk untuk dijadikan cara menghilangkan biang keringat pada bayi, Anda bisa membuat lubang ventilasi udara ataupun mengatur suhu pendingin di kamar. Jangan lupa untuk memastikan kulit bayi selalu segar dengan cara membasuh tubuh bayi sesering mungkin, lalu mengeringkannya dengan sempurna menggunakan handuk bersih.

Hindari terlalu sering menggendong bayi

Meski terdengar sedikit aneh, tapi percayalah bahwa tidak terlalu sering menggendong bayi bisa dijadikan cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang paling tepat. Artinya, Anda tidak perlu menggendong bayi jika tidak terlalu diperlukan.

Coba bayangkan, di tempat tidur saja bayi bisa berkeringat apalagi jika didekap dalam gendongan terlalu lama. Apabila Anda harus menggendong bayi untuk menyusui atau rewel, gunakan bantuan kipas angin ataupun pendingin ruangan sebagai cara menghilangkan biang keringat pada bayi.

Memilih pakaian yang terbuat dari bahan katun

cara menghilangkan biang keringat pada bayi

Memilih pakaian yang tepat dan nyaman bisa jadi cara menghilangkan biang keringat pada bayi Anda. Ketahuilah, pakaian yang terbuat dari bahan polyester ataupun nilon sangat mudah memicu terjadinya biang keringat pada bayi. Sebaiknya, pilih pakaian bayi yang terbuat dari bahan katun sehingga udara berjalan lancar dan bayi tetap nyaman.

Apalagi, kain katun memiliki kemampuan menyerap keringat secara sempurna sehingga kulit bayi bisa cepat kering. Jangan lupa juga untuk mengganti popok bayi secara rutin jika memang bayi rentan terhadap keringat. Tindakan ini pun bisa dikatakan sebagai cara menghilangkan biang keringat pada bayi.

Kulit semangka

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi berikut ini memang terdengar aneh dan asing di telinga. Namun ternyata, menggosok biang keringat dengan bagian dalam kulit semangka sudah dilakukan sejak berabad-abad silam.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang berjudul Local Fruit Wastes as a Potential Source of Natural Antioxidant. Penelitian tersebut menyatakan, bahwa kulit semangka mengandung antioksidan dan citrulline yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan biang keringat pada bayi paling aman.

Senyawa tersebut ternyata memiliki fungsi untuk melindungi kulit bayi dari gatal-gatal, kemerahan, iritasi, dan pastinya biang keringat. Anda bisa mengoleskan kulit semangka ini tepat di area kulit yang gatal untuk dijadikan cara menghilangkan biang keringat pada bayi.

Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda yang mungkin saat ini sedang bingung mencari cara menghilangkan biang keringat pada bayi dengan tepat dan aman. Selamat mencoba!

Tentang nezzumia