cara menghilangkan kapalan di kaki

Tanpa Sakit! Begini Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Paling Ampuh

Kapalan atau callus merupakan kondisi di mana kulit bagian tertentu menebal sebagai bentuk perlindungan kulit terhadap tekanan dan gesekan secara berlebihan. Umumnya, bagian kulit yang mengalami kapalan berubah warna menjadi kekuningan dan kurang sensitif. Mengingat tampilannya, tak heran jika banyak orang mencari cara menghilangkan kapalan di kaki.

Selain muncul di kaki, kapalan juga banyak yang muncul di buku-buku jari ataupun telapak tangan. Sebenarnya, kapalan tidak sama seperti mata ikan karena mata ikan ukurannya lebih kecil, keras, dan berbentuk bulat. Sementara kapalan berukuran lebih besar dan tepian yang tidak jelas.

Sebelum Anda berniat mencari cara menghilangkan kapalan di kaki, sebaiknya ketahui dulu apa penyebabnya. Biasanya, kapalan muncul karena kulit yang terlalu kering ataupun berkurangnya lapisan lemak pada kulit. Kondisi semacam ini kerap terjadi pada lansia. Di samping itu, kebiasaan rutin terkait aktivitas yang berulang juga bisa menjadi penyebab kapalan.

Diketahui, kapalan dibedakan menjadi dua jenis. Pertama adalah kapalan dengan bentuk lebih kecil yang tumbuh di bagian atas ataupun samping jari tangan dan kaki, sedangkan jenis kedua muncul di bagian telapak tangan ataupun kaki. Karena sangat mengganggu, segala upaya seringkali ditempuh sebagai cara menghilangkan kapalan di kaki ini.

Gejala kapalan yang patut diketahui

cara menghilangkan kapalan di kaki

Secara garis besar, ada beberapa kondisi yang bisa Anda rasakan di kulit jika terjadi kapalan, di antaranya sebagai berikut:

  • Kulit terasa lebih tebal dan kasar

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kulit yang mengalami kapalan akan terasa lebih tebal secara signifikan. Penebalan ini biasanya cukup keras dan terjadi di sekitar telapak kaki, tangan, ataupun lutut. Ketika berjalan, Anda akan merasakan sedikit rasa sakit yang pasti membuat siapa saja ingin segera mencari cara menghilangkan kapalan di kaki tersebut.

  • Kulit terasa lebih keras disertai benjolan

Pada dasarnya, kulit adalah bagian tubuh manusia yang paling elastis. Tapi tidak demikian jika Anda mengalami kapalan. Sebab, area yang mengalami kapalan justru berubah menjadi lebih keras dan membentuk benjolan sehingga Anda patut mencari cara menghilangkan kapalan di kaki tersebut.

  • Area bawah kulit terasa nyeri
BACA JUGA  Tak Perlu Repot, Begini Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Paling Ampuh

Ketika Anda mengalami kulit kapalan, maka jangan heran jika nantinya Anda merasakan sedikit rasa sakit saat sedang beraktivitas. Hal ini memang umum terjadi sehingga tak heran banyak orang yang mencari cara menghilangkan kapalan di kaki paling mudah, praktis, dan tanpa sakit.

Cara menghilangkan kapalan di kaki dengan tindakan pencegahan

cara menghilangkan kapalan di kaki

Tak ada salahnya jika Anda melakukan beberapa tindakan pencegahan sebelum mencari cara menghilangkan kapalan di kaki supaya kondisi serupa tidak terjadi lagi. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui untuk mencegah kapalan.

  • Memilih ukuran sepatu yang tepat

Tahukah Anda, ternyata sering mengenakan sepatu yang sempit atau terlalu kecil bisa meningkatkan risiko terjadinya kapalan di kaki. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan ukuran sepatu yang digunakan dalam beraktivitas sehari-hari sudah pas dan nyaman di kaki. Dengan demikian, Anda tak perlu repot mencari cara menghilangkan kapalan di kaki.

  • Hindari penggunaan sepatu hak tinggi

Apabila Anda suka mengenakan sepatu hak tinggi, sebaiknya kurangi penggunaan model sepatu satu ini jika tidak ingin repot mencari cara menghilangkan kapalan di kaki. Selain itu, Anda juga harus menghindari sepatu berujung lancip yang biasanya terlalu menekan kulit sehingga memicu timbulnya kapalan.

Cara menghilangkan kapalan di kaki dengan bahan alami

Sebenarnya, kapalan bukan suatu kondisi yang sulit ditangani. Kendati demikian, Anda tetap membutuhkan cara menghilangkan kapalan di kaki dengan tepat supaya tidak memicu timbulnya kondisi lain yang lebih parah.

Salah satu cara menghilangkan kapalan di kaki bisa ditempuh dengan bahan-bahan alami seperti berikut ini:

Merendam kaki dengan air hangat

cara menghilangkan kapalan di kaki

Cara menghilangkan kapalan di kaki paling efektif yang pertama adalah merendamnya di dalam air hangat. Metode satu ini telah dibuktikan secara ilmiah oleh para peneliti dari American Academy of Dermatology.

Cara menghilangkan kapalan di kaki dengan air hangat memang sepraktis yang Anda bayangkan. Rendam tangan ataupun kaki yang mengalami kapalan di dalam wadah berisi air hangat sekitar 5-10 menit. Setelah itu, keringkan sambil sesekali digosok menggunakan handuk bersih. Dijamin, kulit kapalan akan terasa jauh lebih lunak sehingga gampang dikikis.

Ramuan bawang putih dan cuka

Bahan alami berikutnya yang bisa dijadikan cara menghilangkan kapalan di kaki adalah bawang putih dan cuka. Anda cukup mencampur kedua bahan tersebut dalam sebuah wadah, lalu biarkan sejenak di bawah sinar matahari langsung. Oleskan ramuan tersebut pada area yang mengalami kapalan sesaat sebelum tidur supaya kulit jadi lebih lunak dan terkikis secara perlahan.

BACA JUGA  Sadari Sejak Awal 5 Red Flags di Perusahaan, Termasuk Menuntut Aktif 24 Jam!

Mengoleskan minyak vitamin A atau E

cara menghilangkan kapalan di kaki

Ternyata, vitamin A ataupun E bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kapalan di kaki. Oleskan saja minyak vitamin tersebut pada area kulit yang kapalan, kemudian bungkus dengan kaus kaki. Biarkan minyak tersebut bekerja dan membuat kulit Anda melunak sampai kapalan benar-benar menghilang sempurna.

Merendam kaki menggunakan minyak jarak

Minyak jarak atau castor oil juga bisa dijadikan cara menghilangkan kapalan di kaki paling efektif. Anda cukup merendam kaki di dalam minyak tersebut selama beberapa menit secara rutin. Ketahuilah, cara satu ini terbukti ampuh untuk melunakkan bagian kulit yang mengeras karena kapalan membandel.

Merendam kaki dalam ramuan tea tree oil

cara menghilangkan kapalan di kaki

Selain castor oil, ternyata tea tree oil atau minyak pohon teh yang diteteskan ke dalam wadah berisi air hangat juga bisa jadi rendaman berkhasiat bagi tangan atau kaki kapalan. Cara menghilangkan kapalan di kaki dengan tea tree oil pun sangat mudah. Anda hanya perlu merendam kaki tak lebih dari 15 menit karena minyak satu ini cukup keras untuk kulit.

Larutan garam Epsom

Cara menghilangkan kapalan di kaki dengan bahan alami berikutnya adalah merendam kaki ke dalam wadah berisi larutan garam Epsom. Produk dengan nama lain magnesium sulfat ini terbentuk dari senyawa kimia yang kaya akan magnesium, oksigen, dan juga belerang.

Inilah yang membuat garam Epsom dikenal juga sebagai eksfoliator alami sebagai cara menghilangkan kapalan di kaki. Cukup larutkan sekitar 2-3 sendok makan garam Epsom ke dalam sebuah wadah berisi air hangat. Lakukan perendaman ini secara rutin supaya hasilnya lebih optimal.

Menghilangkan lapisan kulit secara perlahan

cara menghilangkan kapalan di kaki

Cara menghilangkan kapalan di kaki yang paling populer adalah menggunakan kain lap yang agak kasar, papan amril, batu apung, ataupun kikir kuku untuk mengikis lapisan kulit yang mengeras tersebut. Namun perlu Anda ketahui, metode ini tidak disarankan bagi para penderita diabetes karena bisa melukai kulit dan memperburuk kondisinya.

Demikian beberapa cara menghilangkan kapalan di kaki yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Apabila semua cara tersebut sudah dilakukan dan kapalan masih tetap ada atau malah semakin parah, tak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Sebab, dokter pasti lebih tahu cara menghilangkan kapalan di kaki paling efektif. Biasanya, Anda akan diberi obat untuk menghilangkan kapalan tersebut beserta antibiotik jika memang terjadi infeksi pada kulit. Bahkan, dokter juga akan melakukan pemangkasan pada kulit atau melakukan operasi pada bagian kulit kapalan yang sudah terlalu parah.

 

Tentang nezzumia

Check Also

body wash terbaik

9 Rekomendasi Body Wash Terbaik Bebas Kandungan Anti-Bakteri Berbahaya

Mandi merupakan kebutuhan setiap manusia yang hidup di muka bumi, khususnya bagi kita yang tinggal …