cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras memang tak bisa dilakukan sembarangan. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati untuk mengatasinya.

Sebagian orang mengira, plak dan karang gigi adalah masalah yang sama. Padahal, keduanya jelas berbeda. Plak merupakan lapisan lembut dan lengket yang terbentuk tepat di bagian luar gigi atau di sepanjang garis gusi. Jika tidak dibersihkan dengan baik, plak bisa berubah menjadi karang gigi yang terlihat seperti noda berwarna kuning kecokelatan pada gigi.

Ketika makan, bakteri yang ada di dalam mulut memecah karbohidrat menjadi asam. Senyawa ini kemudian bercampur dengan sisa partikel makanan dan air liur sehingga membentuk plak pada gigi. Selain menimbulkan plak dan juga karang gigi, kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik menyebabkan cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras jadi lebih sulit.

Bahkan, Anda bisa berisiko mengalami bau mulut, gingivitis atau penyakit gusi, dan kerusakan gigi yang parah. Sebuah penelitian mengungkap, ada kemungkinan hubungan antara penyakit gusi ini dengan kondisi kesehatan lainnya seperti demensia hingga pneumonia. Itulah mengapa cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras perlu dilakukan secepatnya.

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras menggunakan bahan alami

cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

Sebenarnya, cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras paling efektif adalah meminta bantuan dokter gigi. Hal ini dikarenakan karang gigi yang sudah mengeras terlalu sulit untuk dirontokkan secara mandiri. Biasanya, dokter gigi akan melakukan prosedur scaling secara manual ataupun menggunakan alat yang disebut ultrasonic scaler.

Umumnya, proses scaling tidak menyebabkan rasa sakit yang berlebihan. Inilah sebabnya, pasien tidak membutuhkan bius selama menerima cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras oleh dokter gigi.

Namun jika Anda merasa takut dan khawatir melakukan prosedur semacam ini, ada beberapa cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras menggunakan bahan-bahan alami.

Membersihkan gigi menggunakan baking soda

Siapa sangka, membersihkan atau menyikat gigi menggunakan baking soda bisa jadi cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Diketahui, baking soda mampu menghilangkan karang gigi tanpa merusak enamel alami yang Anda miliki. Bahkan, pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif mengurangi jumlah plak penyebab karang gigi.

BACA JUGA  Jangan Salah, Begini Cara Menghilangkan Bruntusan Paling Efektif

Baking soda juga kerap digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras karena mampu melindungi gigi dari demineralisasi. Proses kimiawi satu ini menghilangkan kalsium dari email gigi sehingga gampang keropos ataupun patah.

Nah, baking soda terbukti mampu mengurangi efek demineralisasi karena memiliki pH tinggi yang bisa membantu menyeimbangkan tingkat pH di dalam mulut sekaligus mencegah terkikisnya enamel gigi.

Selain itu, baking soda bersifat anti-mikroba yang bisa mencegah kerusakan gigi karena serangan bakteri. Itulah sebabnya, cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras menggunakan baking soda cukup populer di kalangan masyarakat.

Oil pulling

cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

Berkumur dengan minyak atau yang dikenal sebagai oil pulling merupakan cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras paling mudah. Diketahui, oil pulling adalah tindakan terapi mulut tradisional asal India. Terapi ini dilakukan dengan cara berkumur menggunakan minyak tertentu sekitar 10 menit secara rutin untuk merontokkan karang gigi yang sudah mengeras.

Minyak kelapa adalah jenis minyak yang paling ideal untuk terapi oil pulling karena bersifat anti-inflamasi dan kaya akan anti-oksidan. Selain itu, minyak kelapa mengandung asam laurat atau asam lemak yang bersifat anti-mikroba sehingga dinilai efektif untuk digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras menggunakan terapi oil pulling ini sangat mudah. Tempatkan saja satu sendok makan minyak kelapa hangat di bagian mulut. Selanjutnya, Anda harus berkumur menggunakan minyak tersebut selama kurang lebih 5-10 menit. Setelah itu buang minyak pada tissue karena minyak ini bisa menyumbat pipa pembuangan.

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dengan air lemon

Asam yang terkandung dalam lemon ternyata mampu membantu menghancurkan karang gigi sekaligus memutihkan gigi Anda. Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras menggunakan air lemon ini sangat mudah. Celupkan saja sikat gigi ke dalam air lemon, kemudian sikat gigi Anda secara perlahan dan diamkan sekitar satu menit sebelum membilasnya.

Namun, cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras menggunakan air lemon ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Sebab, asam pada lemon bisa menyebabkan erosi pada gigi Anda.

BACA JUGA  7 Cat Rambut Terbaik Agar Penampilan Semakin Trendi dan Kekinian

Mengunyah daun sirih untuk membersihkan karang gigi

cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

Daun sirih juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Bahkan, daun satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut. Caranya, tumbuk selembar daun sirih dan tambahkan satu batang cengkeh. Anda tidak perlu menumbuknya terlalu halus supaya masih bisa dikunyah dan mengatasi berbagai permasalahan pada gigi.

Lidah buaya

Bukan hanya bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah, lidah buaya ternyata juga bisa dijadikan cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Terapi ini cukup dilakukan dengan menggosokkan potongan lidah buaya pada gigi sampai batas gusi. Setelah itu, diamkan sekitar 10 menit dan bilas menggunakan air dingin.

Cuka putih

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras berikutnya menggunakan cuka putih. Sebab, cuka putih mampu mencegah terjadinya plak pada gigi yang berujung pada karang gigi membandel.

Anda bisa mencampur dua sendok teh cuka putih dengan satu sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air hangat untuk dijadikan cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Setelah itu, berkumurlah dengan campuran tersebut sebanyak 1-2 kali sehari untuk hasil yang optimal.

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dengan tindakan pencegahan

cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

Tahukah Anda, mempraktikkan kebersihan mulut dengan baik adalah cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras paling praktis. Oleh sebab itu, Anda sangat disarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Bahkan, Anda juga direkomendasikan untuk melakukan flossing sekali sehari.

Flossing merupakan cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras menggunakan benang gigi sesaat sebelum menyikat seluruh gigi di dalam mulut. Metode ini bertujuan untuk membersihkan sisa makanan sekaligus plak yang terbentuk di antara sela gigi. Setelah flossing, Anda tetap harus menyikat gigi untuk menghilangkan plak.

Tindakan pencegahan paling tepat untuk dijadikan cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras adalah menyikat gigi secara rutin. Anda bisa memulainya dari bagian belakang mulut atau gigi geraham atas sambil menggunakan sapuan sikat gigi memutar yang pendek. Sikat bagian permukaan depan dan belakang gigi atas Anda, lalu ulangi langkah tersebut pada gigi bawah.

Setelah membersihkan gigi menggunakan benang dan menggosok gigi, segera bilas mulut menggunakan obat kumur sebagai bagian dari cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Ada banyak jenis obat kumur yang dijual bebas di pasaran dengan kandungan fluoride yang mampu melindungi gigi dari plak.

Demikian berbagai cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat ya!

 

 

Tentang nezzumia