cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Dijamin Ampuh! Begini Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Terkadang, bau ketiak yang tak sedap seringkali membuat siapa saja kehilangan rasa kepercayaan diri. Padahal, cara menghilangkan bau ketiak secara alami bisa dipraktekkan dengan mudah. Salah satunya adalah menjaga kebersihan tubuh setelah beraktivitas sehari-hari.

Ada banyak kegiatan yang biasanya Anda anggap sepele. Padahal sebenarnya, kegiatan tersebut justru bisa jadi cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang paling ampuh. Selain menggunakan berbagai produk deodoran ataupun bedak penghilang bau tentunya.

Mandi secara teratur, menggunakan sabun, mengeringkan tubuh setelah mandi, menggunakan pakaian bersih hingga memperhatikan pola makan dan berolahraga bisa jadi cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Bisa dikatakan, bau ketiak bakal sirna ketika Anda menerapkan pola hidup yang benar.

Bukan itu saja, cara menghilangkan bau ketiak secara alami juga bisa dilakukan dengan penggunaan berbagai jenis tumbuhan, dedaunan, hingga buah-buahan. Tentu saja, cara satu ini cenderung lebih sehat daripada Anda harus menggunakan produk berbahan kimia yang pasti memiliki efek samping dalam jangka panjang.

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang praktis dan tanpa repot

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang bisa Anda coba terapkan di rumah.

Baking soda

cara menghilangkan bau ketiak secara alami
wooden spoon full of baking soda on the white background

Rupanya, bahan dapur satu ini bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami pengganti deodoran. Sebab, baking soda memiliki kemampuan menetralkan asam dan basa sehingga ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap di tubuh. Bukan itu saja, baking soda juga tidak akan membuat pakaian Anda rusak, seperti produk deodoran yang dijual di pasaran.

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami menggunakan baking soda ini cukup dengan mencampurkannya bersama satu sendok teh air perasan jeruk nipis. Kemudian, diamkan sekitar 10 menit sebelum dibilas menggunakan air hangat. Sebaiknya lakukan metode ini sebanyak sekali sehari secara rutin.

Cuka apel

Bukan hanya dikenal sebagai bahan penambah rasa makanan, cuka apel ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi kehidupan Anda. Salah satunya sebagai bahan utama cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Selain itu, cuka apel juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan, seperti jerawat, diabetes, hingga kolesterol.

Cuka apel diketahui mengandung asam tartar yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Di samping itu, asam asetat yang ada di dalamnya juga berfungsi sebagai anti-mikroba. Inilah yang membuat cuka apel ampuh dijadikan cara menghilangkan bau ketiak secara alami.

BACA JUGA  8 Aneka Merk Tas Ransel Wanita Bagus Muat Banyak

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami menggunakan cuka apel sangat mudah. Rendam beberapa bola kapas ke dalam cuka apel, lalu oleskan pada ketiak Anda. Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas sampai benar-benar bersih. Setelah itu, Anda disarankan untuk mandi dan terapkan cara ini setiap hari untuk hasil yang lebih optimal.

Daun sirih

cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang bisa Anda coba selanjutnya adalah menggunakan daun sirih. Banyak penelitian membuktikan, daun sirih mengandung anti-oksidan tinggi yang ampuh membasmi segala masalah kesehatan, termasuk bau badan. Hal ini juga dipengaruhi oleh tingginya kandungan vitamin C, riboflavin, dan tiamin niacin dalam daun sirih.

Daun sirih sangat mudah digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus dengan dua gelas air, lalu campurkan ke dalam bak air yang hendak Anda gunakan untuk mandi. Lakukan metode ini secara rutin, dijamin bau ketiak akan lenyap seketika.

Daun beluntas

Beluntas merupakan salah satu jenis tanaman kecil yang sering tumbuh di pinggiran pantai dan dijadikan cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Sebab, daun satu ini kaya akan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Mulai dari minyak atsiri, kalsium, alkaloid, lemak, magnesium, asam amino, hingga vitamin A dan C.

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami dengan daun beluntas ini sangat mudah. Minum saja air rebusan daun beluntas secara rutin sebanyak dua kali sehari. Percayalah, bau ketiak tidak akan lagi jadi masalah penampilan Anda sehari-hari.

Daun kemangi

cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Salah satu senyawa yang ampuh untuk mengusir bau ketiak adalah minyak atsiri. Daun kemangi adalah bahan alami yang kaya akan minyak atsiri sehingga dipercaya mampu dijadikan cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang praktis. Selain itu, daun ini berfungsi sebagai antiseptik yang mencegah Anda terserang bakteri ataupun virus berbahaya.

Cukup konsumsi daun kemangi segenggam setiap pagi dan sore hari sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang mudah dilakukan. Tentu saja, Anda harus mencucinya terlebih dulu hingga benar-benar bersih.

Jikalau Anda tidak suka mengonsumsi daun kemangi mentah, olah saja menjadi teh yang tak kalah nikmat. Cara menghilangkan bau ketiak secara alami dengan teh daun kemangi sangat gampang. Keringkan daun kemangi, kemudian tumbuk sampai benar-benar halus. Setelah itu, seduh menggunakan air panas dan saring. Minum teh daun kemangi ini dua kali sehari untuk hasil yang optimal.

BACA JUGA  10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik yang Wajib Dicoba

Temulawak

Seperti halnya daun sirih dan beluntas, temulawak juga mengandung minyak atsiri dan zat lain seperti flavoinoida serta sapomin yang berkhasiat mengusir bau ketiak. Cara menghilangkan bau ketiak secara alami dengan bantuan temulawak ini bisa Anda terapkan dengan meminum air perasan temulawak tersebut.

Siapkan temulawak, cuci bersih, kemudian parut hingga halus. Setelah itu, beri air secukupnya sambil diperas beberapa kali. Jangan lupa untuk menambahkan satu sendok teh madu supaya rasanya lebih nikmat. Dijamin, cara menghilangkan bau ketiak secara alami ini sangat efisien untuk Anda coba di rumah.

Cengkeh

cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami lainnya adalah menggunakan cengkeh. Diketahui, cengkeh juga kaya akan minyak atsiri sehingga ampuh untuk menghilangkan bau badan yang menyengat.

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami dengan cengkeh tergolong mudah. Anda cukup merendam cengkeh ke dalam air panas selama 15 menit, kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum air tersebut sebanyak dua kali sehari secara rutin.

Menjaga kebersihan

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang paling mudah berikutnya adalah mandi dua kali sehari. Jangan lupa untuk menggunakan sabun di seluruh tubuh sampai benar-benar bersih sambil menggosok kulit supaya tak ada bakteri yang tertinggal di area ketiak atau bagian tubuh lainnya. Setelah itu, keringkan tubuh supaya kulit tidak lembap dan jadi sarang bakteri.

Memastikan pakaian selalu bersih

cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Mencuci baju sampai benar-benar bersih dan menjemurnya di bawah terik sinar matahari juga bisa dijadikan cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Ketahuilah, bakteri yang melekat pada pakaian bisa jadi penyebab utama bau badan. Apalagi jika bercampur dengan keringat dan kotoran setelah beraktivitas di luar ruangan.

Apabila Anda termasuk orang yang gampang berkeringat, sebaiknya pilih bahan pakaian yang terbuat dari katun. Sebab, katun memungkinkan kulit Anda untuk bisa bernapas dan menyerap keringat lebih baik dibandingkan bahan kain lainnya. Inilah yang menjadikannya ampuh sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami.

Memperhatikan asupan makanan sehari-hari

Mengurangi bau ketiak juga bisa dilakukan dengan memperhatikan kembali asupan makanan sehari-hari. ketahuilah, upaya ini juga bisa dijadikan cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang paling ampuh. Sebab, ada beberapa makanan yang memang bisa menyebabkan bau badan, seperti makanan pedas, bawang, pete, jengkol, hingga minuman beralkohol.

Nah, itu tadi beberapa cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang bisa Anda coba supaya rasa percaya diri Anda bisa kembali seperti sediakala. Selamat mencoba!

 

Tentang nezzumia

Check Also

cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Selamanya Secara Alami dan Praktis

Salah satu indikator penampilan yang menarik dan memesona adalah napas segar dan tubuh bebas dari …