bagaimana cara menghilangkan jerawat

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat yang Paling Ampuh?

Bagaimana cara menghilangkan jerawat yang paling ampuh sering membuat banyak orang penasaran. Pasalnya, jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap terjadi pada siapa saja. Bukan hanya sekadar mengganggu penampilan, jerawat juga menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman.

Namun tahukah Anda, bagaimana cara menghilangkan jerawat ini ternyata bisa dijawab dengan mudah. Ada beragam metode yang bisa dilakukan, baik secara alami maupun menggunakan peralatan medis terkini.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami?

Salah satu cara mengatasi kulit berjerawat adalah melakukan perawatan wajah secara alami dengan bahan-bahan yang mudah Anda temukan. Diketahui, bahan-bahan seperti lidah buaya hingga madu memang efektif untuk menjadikan kulit kembali sehat dan bebas dari jerawat yang membandel.

Namun harus Anda ingat, belum banyak penelitian yang bisa membuktikan manfaat bahan-bahan berikut ini sehingga Anda pun harus tetap berhati-hati ketika menggunakannya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa dicoba sendiri di rumah?

Lidah buaya membantu meredakan peradangan

bagaimana cara menghilangkan jerawat

Sudah bukan rahasia umum jika lidah buaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit. Salah satunya adalah membantu meredakan peradangan di kulit akibat jerawat yang membandel. Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini dikarenakan kandungan sulfur dan asam salisilat di dalamnya.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat menggunakan lidah buaya?

Caranya mudah kok, Anda hanya perlu mengeruk gel lidah buaya secara langsung dengan menggunakan sendok. Lalu, oleskan gel tersebut langsung ke wajah Anda sebagai pelembap dan ulangi penggunaannya 1-2 kali. Apabila muncul iritasi dan wajah terasa gatal atau timbul bercak kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaan gel tersebut.

Cuka apel membunuh bakteri penyebab jerawat

Selain lidah buaya, cuka apel juga kerap jadi jawaban paling tepat atas pertanyaan bagaimana cara menghilangkan jerawat. Sebab, cuka apel mengandung beberapa jenis asam organik yang terbukti mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat yang tepat menggunakan cuka apel?

Campur saja satu sendok makan cuka apel dan tiga sendok makan air. Bersihkan wajah terlebih dulu, kemudian oleskan campuran cuka apel ke area kulit yang berjerawat menggunakan kapas steril. Diamkan sekitar 5-20 detik hingga larutan tersebut meresap, lalu bilas wajah Anda dan keringkan. Ulangi cara tersebut sebanyak 1-2 kali sehari untuk hasil yang lebih optimal.

BACA JUGA  5 Kesalahan Saat Pakai Skincare. Mungkin Ini Alasan Gagal Glowing!

Madu membantu membersihkan kotoran di wajah penyebab jerawat

bagaimana cara menghilangkan jerawat

Pertanyaan bagaimana cara menghilangkan jerawat ternyata bisa dijawab juga dengan penggunaan madu. Pasalnya, madu mengandung zat antioksidan yang mampu membersihkan kotoran pada wajah sekaligus mencegah terjadinya penyumbatan di pori-pori.

Bukan itu saja, madu bersifat anti-bakteri dan mengandung bahan yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Bagaimana cara menghilangkan jerawat ini juga mudah. Anda cukup mengoleskan madu ke area kulit yang berjerawat dengan kapas steril, diamkan sejenak, lalu bersihkan wajah.

Bawang putih mengatasi infeksi dan melawan bakteri penyebab jerawat

Banyak orang percaya, bawang putih bisa dijadikan jawaban paling tepat atas pertanyaan bagaimana cara menghilangkan jerawat. Bahan dapur satu ini memang ampuh untuk mengatasi berbagai infeksi sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri, termasuk jerawat.

Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam asupan harian supaya mendapat manfaat secara langsung. Namun sebaiknya, Anda tidak mengoleskan bawang putih secara langsung ke kulit untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara menghilangkan jerawat karena bisa memicu iritasi.

Es batu membantu meredakan jerawat meradang

bagaimana cara menghilangkan jerawat

Meski tidak bisa dijadikan jawaban bagaimana cara menghilangkan jerawat secara tuntas, faktanya es batu tetap bisa membantu Anda meredakan jerawat yang meradang. Anda bisa mengompres jerawat menggunakan es batu yang dibalut kain untuk merasakan manfaat tersebut. Es batu akan membantu mengencangkan pembuluh darah di wajah sehingga peradangan mereda.

Lemon mengandung asam sitrat yang ampuh mengatasi jerawat

Di dalam sebuah lemon, terdapat kandungan asam sitrat yang ternyata bisa Anda jadikan jawaban atas pertanyaan bagaimana cara menghilangkan jerawat secara cepat dan praktis. Untuk melakukannya, Anda hanya membutuhkan kapas steril yang dicelupkan ke dalam perasan air jeruk lemon tersebut. Lalu, usapkan kapas ke area kulit yang berjerawat dan diamkan semalaman.

Namun pastikan, tindakan ini bisa memicu terjadinya iritasi pada kulit yang berjerawat. Apabila Anda kulit terasa perih sesaat setelah dioleskan air perasan lemon, maka segera hentikan perawatan tersebut. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat jawaban bagaimana cara menghilangkan jerawat yang paling tepat.

Minyak kelapa efektif menghilangkan jerawat di wajah

bagaimana cara menghilangkan jerawat
Coconut oil with fresh coconut half on wooden background

Tahukah Anda, ternyata minyak kelapa juga bisa dijadikan cara paling efektif dalam menghilangkan jerawat secara alami. Bagaimana cara menghilangkan jerawat menggunakan minyak kelapa ini terjawab karena kandungan zat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang ada di dalamnya.

Kedua zat tersebut memungkinkan minyak kelapa menghancurkan bakteri penyebab jerawat pada wajah cantik Anda. Bahkan, minyak satu ini juga mampu mengurangi efek kemerahan sekaligus pembengkakan pada jerawat.

BACA JUGA  11 Cara Menghilangkan Bruntusan di Pipi dalam Sekejap

Teh hijau menghilangkan kotoran di wajah dan mengatasi kerusakan sel

Para ahli membuktikan, teh hijau mengandung zat anti-oksidan bernama polifenol yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan banyak orang, bagaimana cara menghilangkan jerawat. Zat satu ini disebut sebagai katekin yang jumlahnya sangat banyak sehingga mengonsumsi atau menggunakan teh hijau sebagai produk kecantikan bisa membantu menghilangkan kotoran dan mengatasi kerusakan sel.

Putih telur membantu mengatasi penyumbatan pada pori-pori

bagaimana cara menghilangkan jerawat

Bagaimana cara menghilangkan jerawat juga bisa dijawab dengan putih telur yang mengandung protein dan vitamin untuk mengencangkan sekaligus mengeluarkan minyak dari lapisan kulit. Hal inilah yang mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori wajah dan membantu meredakan terjadinya peradangan di kulit Anda.

Kulit jeruk membantu meregenerasi sel kulit

Bukan hanya meredakan jerawat, kulit jeruk ternyata juga ampuh dalam memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan kulit jeruk ini ternyata disebabkan kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Kedua zat tersebut sangat baik untuk meregenerasi sel kulit secara keseluruhan.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan kulit jeruk sangat mudah. Parut saja kulit jeruk, lalu haluskan dengan air hingga bertekstur seperti pasta. Kemudian, oleskan ke area kulit yang berjerawat, diamkan sekitar 10 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Meredakan stres yang berkepanjangan

bagaimana cara menghilangkan jerawat

Bahan-bahan topical seperti yang disebutkan di atas memang terbilang efektif untuk menjawab bagaimana cara menghilangkan jerawat. Namun ada kalanya, Anda juga membutuhkan perawatan dari dalam diri.

Ketahuilah, hormon yang dikeluarkan tubuh ketika mengalami stres bisa memicu produksi minyak atau sebum berlebih sehingga menyebabkan kulit meradang. Inilah yang membuat kondisi jerawat Anda semakin parah. Bukan itu saja, stres juga memperlambat proses penyembuhan luka akibat jerawat sebanyak 40%.

Olahraga secara teratur untuk kebugaran tubuh

Bagaimana cara menghilangkan jerawat ternyata bisa diatasi dengan olahraga secara teratur untuk memperbaiki sirkulasi darah. Aliran darah yang meningkat terbukti membantu memelihara sel kulit supaya tetap sehat dan mencegah timbulnya jerawat di wajah.

Mengonsumsi air putih secara rutin

bagaimana cara menghilangkan jerawat
Woman drinking from water bottle

Bagaimana cara menghilangkan jerawat ternyata juga bisa dijawab dengan mengonsumsi air putih secara rutin. Sebab, asupan cairan yang cukup bisa membantu proses penyembuhan kulit menjadi lebih cepat sekaligus mengurangi risiko terjadinya jerawat baru. Ketahuilah, kulit kering karena kekurangan cairan justru menyebabkan kulit gampang iritasi dan muncul jerawat.

Itu tadi ulasan singkat mengenai bagaimana cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Semoga cukup membantu permasalahan Anda akan jerawat yang membandel ya!

 

 

Tentang nezzumia

Check Also

body wash terbaik

9 Rekomendasi Body Wash Terbaik Bebas Kandungan Anti-Bakteri Berbahaya

Mandi merupakan kebutuhan setiap manusia yang hidup di muka bumi, khususnya bagi kita yang tinggal …

Leave a Reply

Your email address will not be published.