fbpx
cara menghilangkan bopeng di wajah

Kembali Mulus dan Menawan, Begini Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah

Tak bisa dipungkiri jika jerawat telah menjadi masalah kulit yang paling umum terjadi pada banyak orang. Bahkan, pada beberapa di antaranya malah meninggalkan luka yang cukup dalam di lapisan kulit sehingga mengubah tekstur wajah. Inilah yang kemudian disebut sebagai bopeng sehingga banyak orang mencari cara menghilangkan bopeng di wajah.

Bopeng biasanya berbentuk cekung atau lekukan yang terjadi saat lapisan kulit bagian dalam mengalami kerusakan. Sayangnya, bopeng tidak bisa hilang dengan sendirinya. Dibutuhkan cara menghilangkan bopeng di wajah yang tepat supaya tidak semakin merusak tekstur kulit.

Tentu saja, memiliki wajah bersih, mulus, dan bebas jerawat merupakan impian setiap orang. Apabila Anda memiliki wajah bopeng, jangan pernah khawatir lagi karena memiliki wajah mulus tak lagi sekadar angan. Ada banyak cara menghilangkan bopeng di wajah cantik Anda. Namun, sebelum membahas hal tersebut, coba ketahui dulu penyebab timbulnya bopeng berikut ini.

Penyebab bopeng di wajah setelah berjerawat

cara menghilangkan bopeng di wajah

Seperti yang telah disebutkan di atas, bopeng merupakan bentuk lubang atau lekukan di kulit akibat jerawat yang sengaja dipencet ataupun digaruk sehingga jerawat tersebut pecah. Akibatnya, seluruh kelenjar minyak yang terdapat pada kulit lapisan dalam pecah dan timbul luka yang disebut jaringan parut. Jika sudah begini, cara menghilangkan bopeng di wajah kerap dicari.

Ketahuilah, jaringan parut menarik kulit lapisan atas sehingga menciptakan bekas cekung yang sekilas seperti berlubang. Hal inilah yang membuat wajah jadi bopeng. Luka bopeng juga sering disebut sebagai bekas luka atrofi. Umumnya, jenis luka ini terjadi karena kulit kekurangan kolagen untuk proses penyembuhan.

Bekas luka pada akhirnya tumbuh menutupi luka sebenarnya, tetapi jumlah jaringan yang diproduksi tak mampu menutupi setiap area yang mengalami kerusakan. Alhasil, bekas luka tampak cekung dan membuat banyak orang kebingungan mencari cara menghilangkan bopeng di wajah paling aman supaya tidak terjadi luka baru.

Umumnya, bekas luka atrofi ini muncul akibat jerawat ataupun cacar air. Pada sebagian orang, bekas luka atrofi ini juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Sementara faktor lain yang memicu risiko terjadinya bopeng adalah tindakan tanpa pengawasan dokter, seperti memecahkan jerawat tanpa memperhatikan kebersihan tangan.

BACA JUGA  Bedak Tabur Terbaik dengan Harga Terjangkau Tapi Berkualitas Premium

Cara menghilangkan bopeng di wajah paling aman

Tak sedikit orang yang bertanya-tanya, apakah bopeng di wajah bisa hilang? Apakah wajah yang bopeng bisa kembali mulus seperti sebelumnya? Dan jawabannya adalah bisa!

Faktanya, wajah bopeng memang bisa kembali seperti semua dan bukan sekadar impian belaka. Sebab, ada beberapa cara menghilangkan bopeng di wajah paling ampuh dan aman sehingga wajah Anda kembali cantik seketika. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui untuk mengatasi bopeng.

Menggunakan krim perawatan wajah

cara menghilangkan bopeng di wajah

Ada baiknya, sebelum memutuskan untuk pergi ke klinik kecantikan, Anda menggunakan krim yang dibuat khusus untuk menyembuhkan bekas luka sebagai cara menghilangkan bopeng di wajah. Pada dasarnya, krim semacam ini bekerja dengan cara mengurangi gejala yang muncul, seperti gatal, iritasi, dan membantu meningkatkan kelembapan pada kulit wajah Anda.

Namun sayangnya, khasiat dari krim semacam ini baru bisa dirasakan setelah berbulan-bulan ataupun bertahun-tahun. Ini juga tergantung dari bahan dasar yang digunakan dalam krim tersebut. Seperti halnya krim wajah, cara menghilangkan bopeng di wajah menggunakan masker juga membutuhkan waktu lama sampai tekstur kulit bisa kembali mulus.

Memijat wajah yang bopeng

cara menghilangkan bopeng di wajah

Cara menghilangkan bopeng di wajah berikutnya adalah melakukan pemijatan pada wajah. Kendati demikian, pemijatan semacam ini sebenarnya tidak bisa menghilangkan bopeng bekas jerawat secara seketika.

Pada dasarnya, pemijatan pada area wajah yang bopeng bisa jadi pelengkap terapi perawatan kulit menggunakan krim wajah. Bukan itu saja, cara menghilangkan bopeng di wajah satu ini juga bisa mengurangi terjadinya inflamasi sekaligus meningkatkan sirkulasi kulit.

Meski dinilai aman dan tidak memicu efek samping apapun, Anda harus tahu bahwa efektivitas dari pijat wajah sebagai cara menghilangkan bopeng di wajah ini belum terjamin. Dengan kata lain, Anda membutuhkan terapi pendukung lain demi membuat wajah kembali mulus seperti sediakala.

Mikrodermabrasi

Versi mikro dari metode dermabrasi yang menggunakan kristal aluminium oksida kecil untuk mengangkat sel kulit mati ini jug sering dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bopeng di wajah. Target kulit yang dilakukan pengelupasan pada kasus bopeng adalah kulit lapisan terluar atau epidermis.

Mikrodermabrasi jadi tindakan yang cukup populer dan relatif aman sebagai cara menghilangkan bopeng di wajah. Bahkan, metode ini juga bisa mengatasi berbagai gangguan kulit seperti mengurangi kerutan, mengecilkan pori-pori, mengurangi flek hitam dan mengangkat sel kulit mati.

BACA JUGA  Rekomendasi 7 Krim Pemutih Ketiak Terbaik dan Aman Digunakan

Tak sekadar mengikis lapisan sel kulit mati, mikrodermabrasi juga bisa merangsang pertumbuhan epidermis dan dermis kulit wajah Anda, merangsang pertumbuhan kolagen, dan sirkulasi darah serta oksigen. Inilah yang membuat banyak orang tak ragu melakukan mikrodermabrasi sebagai cara menghilangkan bopeng di wajah sekaligus merawatnya agar tampak cantik sempurna.

Chemical peeling

cara menghilangkan bopeng di wajah

Seperti halnya mikrodermabrasi, chemical peeling merupakan salah satu teknik yang menggunakan cairan asam untuk mengangkat sel kulit mati dan sering digunakan sebagai cara menghilangkan bopeng di wajah. Target pengelupasan teknik satu ini adalah lapisan kulit terluar atau epidermis.

Bukan hanya menjadikan kulit wajah jadi lebih muda dan menyamarkan kerutan di wajah, chemical peeling juga bisa membantu Anda menghilangkan noda-noda hitam akibat paparan sinar matahari. Bahkan, bopeng bekas jerawat pun juga bakal sirna seketika.

Skin needling

Pada dasarnya, metode skin needling atau yang sering juga disebut dengan dermaroller ini merupakan alat berbentuk penggulung kecil dengan ratusan jarum kecil yang menempel mengelilinginya. Cara menghilangkan bopeng di wajah satu ini cukup populer di kalangan para beauty junkies.

Cara kerja skin needling ini dengan cara merusak jaringan kulit mati sehingga memicu terbentuknya kulit baru ketika roller digerakkan di atas kulit. Biasanya, ukuran jarum yang digunakan tergantung pada kedalaman bekas luka yang Anda miliki. Semakin dalam luka bopeng, maka semakin panjang jarum yang digunakan supaya cara menghilangkan bopeng di wajah ini bisa maksimal.

Laser

cara menghilangkan bopeng di wajah

Walau dibanderol dengan harga yang lebih mahal, metode laser sebagai cara menghilangkan bekas bopeng di wajah bisa dikatakan sebagai cara paling cepat dan efektif. Sebab, prinsip kerja laser adalah menghancurkan lapisan kulit paling luar dengan menggunakan sinar laser, tapi tetap aman.

Sinar laser yang digunakan bakal menembus kulit untuk merangsang produksi kolagen dan pembaruan sel demi mengencangkan kulit di sekitarnya. Kemudian, lapisan kulit yang tadinya rusak akan menghilang secara perlahan dan tumbuh lapisan kulit baru di bawahnya. Cara kerja yang seperti inilah yang membuat laser jadi cara menghilangkan bopeng di wajah paling efektif.

Ketahuilah, apapun cara menghilangkan bopeng di wajah yang Anda pilih, pastikan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter spesialis kulit. Hal ini bertujuan untuk memastikan perawatan wajah tersebut benar-benar tepat dan sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda.

 

 

Tentang nezzumia

Check Also

krim pemutih wajah terbaik

Dijamin Aman dan Tercatat BPOM, Ini 8 Krim Pemutih Wajah Terbaik

Krim pemutih wajah terbaik kerap dianggap sebagai jalan pintas bagi sebagian besar orang untuk mendapatkan …