fbpx
cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam

Dijamin Ampuh! Ini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam di Wajah

Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam di wajah pasti sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Meski begitu, tak sedikit dari mereka yang ternyata gagal melakukan langkah tersebut sehingga berujung pada kondisi yang semakin buruk.

Pasalnya, cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Lantas, apa yang harus dilakukan supaya bekas jerawat di wajah bisa lenyap dan tak mengganggu penampilan sehari-hari?

Penyebab bekas jerawat yang menghitam di wajah

Nah, sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam, ada baiknya jika kenali dulu penyebab noda bekas jerawat membandel seperti berikut ini.

Kebiasaan memencet jerawat

cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam

Perlu Anda ketahui, salah satu penyebab bekas jerawat yang menghitam adalah kebiasaan menyentuh dan memencetnya. Apalagi jika Anda melakukan tindakan ini dalam kondisi jari tangan yang kurang bersih. Saat Anda memencet jerawat, maka bisa dipastikan risiko kulit teriritasi akan semakin parah sehingga Anda membutuhkan cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan tepat.

Berkurangnya produksi kolagen

Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam sering dicari oleh orang-orang yang mengalami kondisi berkurangnya produksi kolagen pada kulit. Menurut para ahli, kondisi semacam ini bisa saja terjadi seiring bertambahnya usia seseorang. Pada dasarnya, kolagen bermanfaat dalam setiap proses penyembuhan kulit yang sedang berjerawat.

Meningkatnya produksi melanin

cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam

Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam juga dibutuhkan oleh orang-orang yang mengalami peningkatan produksi melanin di wajah. Seperti yang telah diketahui, melanin bisa jadi pemicu timbulnya bekas jerawat menghitam. Ketika jerawat meradang, proses ini diikuti dengan regenerasi sel kulit baru yang membantu pemulihan.

Namun, pembentukan sel kulit tersebut justru mengandung terlalu banyak melanin. Dengan demikian, si penderita membutuhkan cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam secara tepat sebagai solusi terbaiknya.

Melanin merupakan suatu pigmen yang mampu memberikan warna pada kulit. Saat melanin pada kulit terlalu banyak, maka bisa dipastikan noda bekas jerawat yang menghitam bisa terlihat sehingga memicu terjadinya hiperpigmentasi pasca inflamasi. Di saat inilah Anda membutuhkan cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam untuk mengembalikan kesempurnaan penampilan.

Faktor keturunan

Rasanya tak banyak yang tahu, kalau ternyata faktor keturunan juga sangat berperan terhadap kemunculan bekas jerawat menghitam di wajah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology, jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki masalah terhadap bekas jerawat menghitam, bisa jadi Anda akan mengalami hal yang sama.

BACA JUGA  Kembali Mulus dan Menawan, Begini Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah

Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam secara alami

cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam

Bekas jerawat yang menghitam biasanya paling sering terlihat di daerah pipi. Pada dasarnya, cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam berbeda dengan cara menghilangkan luka ketika jerawat masih meradang. Sebab, Anda membutuhkan waktu sekitar 3 bulan hingga 2 tahun supaya bekas jerawat tersebut bisa benar-benar hilang sepenuhnya.

Itu juga jika Anda tidak memiliki jerawat baru di area kulit yang sama ataupun berdekatan. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan berbagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam di wajah. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah.

Meski belum terbukti secara klinis, tetap tak ada salahnya jika Anda mencoba cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam menggunakan bahan-bahan alami. Di antaranya sebagai berikut:

Lemon

cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam adalah menggunakan air lemon. Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa kandungan vitamin C mampu mencerahkan wajah dan meratakan teksturnya yang rusak akibat jerawat.

Bukan itu saja, vitamin C juga dikatakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam paling ampuh karena merupakan substansi aktif. Senyawa satu ini bekerja dengan menurunkan pembentukan melanin penyebab bekas jerawat di wajah cantik Anda.

Lidah buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam berikutnya adalah dengan bantuan lidah buaya. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan pada hewan uji mengungkap, bahwa lidah buaya yang digunakan secara konsisten mampu menurunkan produksi melanin pada sel kulit menjadi lebih stabil.

Baking soda

cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam

Siapa sangka, ternyata baking soda juga bisa dijadikan cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Hal ini disebabkan baking soda memiliki fungsi sebagai zat eksfolian yang membantu menyamarkan bekas jerawat membandel.

Adapun cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam menggunakan baking soda ini cukup mudah dilakukan. Siapkan saja dua sendok teh baking soda dan air secukupnya dalam sebuah wadah. Aduk kedua bahan tersebut hingga benar-benar merata dan memiliki tekstur kental layaknya pasta masker wajah.

Oleskan campuran tersebut ke permukaan kulit sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Lalu, diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas menggunakan air hangat. Anda bisa melakukan langkah ini secara rutin untuk membantu mengurangi bekas jerawat yang mengganggu penampilan.

BACA JUGA  Jangan Salah, Begini Cara Menghilangkan Bruntusan Paling Efektif

Cuka apel

Tahukah Anda, ternyata cuka apel juga bisa dijadikan cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam di wajah. Bahan yang tak asing lagi di dunia kecantikan ini memang terbukti ampuh dalam mencerahkan kulit, memperbaiki sel kulit, merangsang produksi kolagen, hingga mengangkat sel kulit mati. Jadi jangan heran jika cuka apel kerap digunakan untuk mengusir bekas jerawat secara alami.

Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam menggunakan cuka apel ini sangat mudah. Campurkan saja cuka apel dan beberapa tetes air. Lalu, celupkan bola kapas bersih ke dalam larutan tersebut dan oleskan tepat di area bekas jerawat. Setelah itu, diamkan selama lima menit sebelum Anda membilasnya menggunakan air bersih.

Anda juga bisa menggunakan cuka apel sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan menambahkan sekitar dua sendok makan madu. Setelah itu, celupkan bola kapas ke dalam campuran tersebut untuk dijadikan masker. Diamkan sekitar 10-15 menit atau sampai Anda terasa wajah mengering, lalu bilas menggunakan air bersih.

Grapeseed extract

cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam

Bahan alami lain yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam di wajah Anda adalah grapeseed extract. Sebuah penelitian mengungkap, bahwa penggunaan grapeseed extract sebagai obat jerawat oral bisa meringankan gejala melasma.

Diketahui, melasma adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan hiperpigmentasi pasca inflamasi. Namun, belum ada hasil penelitian lain yang mampu membuktikan grapeseed extract ini sebagai obat topical atau obat oles yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam secara alami.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam di wajah yang bisa Anda coba terapkan. Namun ingat, sebelum melakukan salah satu dari beberapa metode di atas, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan para ahli. Sebab, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan sudah pasti reaksinya pun berlainan.

Bahkan, beberapa kandungan kimia dalam produk perawatan kulit juga bisa memberi reaksi negatif saat digunakan pada wajah. Misalnya, beberapa jenis retinol yang justru bekerja menipiskan lapisan terluar kulit sehingga lebih mudah memicu iritasi. Oleh sebab itu, pastikan Anda hanya menggunakan cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam paling aman.

 

Tentang nezzumia

Check Also

cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Madu Paling Tepat

Selain jerawat dan komedo membandel, permasalahan kulit yang sering dialami oleh sebagian besar orang adalah …