Cara menghilangkan blackhead

Berbagai Cara Menghilangkan Blackhead Membandel Tanpa Repot

Cara menghilangkan blackhead sering diburu oleh banyak orang. Sebab, blackhead atau komedo hitam sering jadi masalah kecantikan yang mengganggu penampilan. Meski tidak tergolong kondisi yang serius, tapi banyak orang merasa tidak percaya jika memiliki blackhead di wajahnya.

Apa itu blackhead?

Dalam dunia kecantikan, blackhead merupakan salah satu jenis komedo. Sesuai namanya, komedo satu ini sangat mudah dikenali karena berwarna hitam dan muncul di permukaan kulit akibat adanya penyumbatan folikel rambut. Oleh sebab itu, cara menghilangkan blackhead sangat penting bagi kebanyakan orang demi penampilan yang tetap terjaga.

Perlu Anda ketahui, blackhead merupakan cikal bakal jerawat jika dibiarkan begitu saja tanpa perawatan yang tepat. Biasanya, area paling banyak terdapat komedo hitam ini ada di sekitar hidung. Namun selain di wajah, komedo hitam juga sering muncul di punggung, dada, leher, bahu, hingga lengan sehingga cara menghilangkan blackhead ini memang jadi solusi terbaiknya.

Adapun tanda-tanda blackhead adalah kemunculan benjolan kecil berwarna gelap di permukaan kulit. Biasanya, komedo hitam ini menjadikan tekstur kulit sedikit terangkat, tapi cenderung lebih datar dari jerawat. Namun, Anda tak perlu khawatir karena blackhead tidak seperti jerawat yang meradang ataupun menimbulkan rasa nyeri.

Cara menghilangkan blackhead di area hidung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hidung adalah salah satu area yang jadi tempat favorit munculnya blackhead. Pada dasarnya, komedo jenis ini bukan masalah kulit serius yang perlu diperiksakan ke dokter. Anda bisa melakukan berbagai cara menghilangkan blackhead dengan beberapa langkah berikut ini:

Cara menghilangkan blackhead

Membersihkan wajah secara teratur

Salah satu cara menghilangkan blackhead membandel di hidung adalah membersihkan wajah secara rutin. Sebaiknya, bersihkan wajah dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari untuk membantu mengangkat tumpukan minyak sekaligus kotoran yang menempel di wajah. Jangan lupa gunakan sabun pembersih yang tepat sesuai jenis kulit supaya tidak memicu iritasi.

Alangkah baiknya jika Anda menggunakan sabun cuci muka anti-bakteri untuk membunuh bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat sebagai salah satu cara menghilangkan blackhead. Namun ingat, terlalu sering mencuci muka juga tidak baik karena bisa mengiritasi kulit dan menjadikannya lebih rentan terhadap berbagai masalah kulit.

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Madu Paling Tepat

Cara menghilangkan blackhead

Hindari memencet komedo

Munculnya blackhead di wajah memang sering membuat siapa saja tak tahan untuk memencetnya. Namun sebaiknya, Anda menahan diri untuk tidak memencet komedo sebagai cara menghilangkan blackhead di wajah. Sebab, memencet atau memecahkan komedo dengan tujuan mengeluarkannya justru memperburuk kondisinya.

Alih-alih komedo hilang, kulit wajah Anda justru bisa mengalami iritasi karena penanganan yang tidak seharusnya. Jadi pastikan, Anda menjauhkan jari tangan dari wajah dan jangan coba-coba memencet komedo sebagai alternatif cara menghilangkan blackhead membandel tersebut.

Apabila kemunculan komedo hitam yang dialami sudah sangat mengganggu penampilan, maka tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapat penanganan yang tepat. Dan sebenarnya, berkonsultasi dengan para ahli merupakan cara menghilangkan blackhead terbaik.

Cara menghilangkan blackhead

Hindari stres

Siapa sangka, menghindari stres juga bisa jadi cara menghilangkan blackhead di hidung. Tentu saja, hal ini bukan tanpa alasan. Sebab, stres memang bisa memicu kemunculan jerawat. Apalagi, jika Anda sudah memiliki tumpukan blackhead yang membandel di kulit wajah. Ketahuilah, stres bisa merangsang hormon yang meningkatkan produksi minyak pada kulit.

Cara menghilangkan blackhead

Cara menghilangkan blackhead yang direkomendasikan oleh dokter

Meski tidak bisa dibilang sebagai kondisi yang serius, blackhead memang sangat mengganggu. Itulah sebabnya, banyak orang yang kehilangan percaya diri dan terpaksa mencari cara menghilangkan blackhead secara instan.

Jika memang kemunculan komedo hitam ini mengganggu penampilan sehari-hari hingga membuat Anda merasa malu dan stres, maka sebaiknya berkonsultasi pada dokter spesialis kulit untuk meminta rekomendasi pengobatan yang tepat. Nah, berikut ini ada beberapa pilihan pengobatan sebagai cara menghilangkan blackhead yang memang direkomendasikan.

Obat tanpa resep dokter

Salah satu cara menghilangkan blackhead yang direkomendasikan oleh dokter adalah menggunakan obat-obatan tanpa resep alias membeli obat yang banyak dijual di pasaran. Biasanya, obat untuk mengatasi komedo hitam ini tersedia dalam bentuk gel dan krim yang cukup dioleskan ke permukaan kulit yang terdapat blackhead.

Obat-obatan semacam ini bisa dijadikan cara menghilangkan blackhead paling tepat karena mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan resorsinol. Ketiga bahan aktif tersebut bekerja dengan membunuh bakteri, melepaskan sel kulit mati sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Obat resep dokter

Cara menghilangkan blackhead dari resep dokter biasanya memanfaatkan obat-obatan yang mengandung vitamin A. Jenis obat semacam ini bisa membantu mencegah sumbatan pada folikel rambut dan mempercepat pergantian sel kulit sehingga tidak menyebabkan penyumbatan pada pori.

BACA JUGA  Ini Lho, 10 Produk Clay Mask Terbaik yang Wajib Dicoba

Beberapa obat resep yang bisa dijadikan cara menghilangkan blackhead membandel di antaranya adalah tazarotene, tretinoin, dan adapalene.

Apabila Anda memiliki banyak komedo hitam hingga membuat permukaan kulit terasa tidak rata, maka bisa dikatakan Anda sedang mengalami kondisi peradangan karena jerawat hormon. Cara menghilangkan blackhead karena pengaruh hormon seperti ini biasanya dengan produk berbahan benzoil peroksida dan obat-obatan antibiotik.

Cara menghilangkan blackhead

Pengangkatan komedo manual

Cara menghilangkan blackhead di hidung selanjutnya adalah dengan prosedur pengangkatan manual. Prosedur satu ini dilakukan dengan cara menggunakan alat khusus bernama round loop extractor. Biasanya, prosedur pengangkatan komedo manual ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau terapis profesional yang memang telah terlatih untuk mengeluarkan sumbatan pori wajah.

Apabila dilakukan oleh ahlinya dengan cara-cara yang tepat, maka pengangkatan komedo secara manual ini sebenarnya cukup efektif dikatakan sebagai cara menghilangkan blackhead di wajah.

Cara menghilangkan blackhead

Mikrodermabrasi

Ternyata, mikrodermabrasi juga bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan blackhead di wajah. Ketahuilah, mikrodermabrasi merupakan prosedur kecantikan yang bersifat non-invasive atau tidak membutuhkan tindakan pembedahan apapun.

Proses mikrodermabrasi ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit menggunakan alat khusus yang memiliki permukaan kasar untuk mengikis lapisan luar kulit wajah. Melalui prosedur pengikisan kulit semacam ini, sumbatan di pori-pori yang menyebabkan blackhead akan secara otomatis terangkat. Inilah yang membuat mikrodermabrasi disebut secara cara menghilangkan blackhead paling efektif.

Selain mengikis permukaan kulit, cara menghilangkan blackhead satu ini juga bisa dilakukan dengan menyemprotkan kristal-kristal halus dan juga vakum untuk mengangkat berbagai bentuk sel kulit mati. Sebenarnya, tujuan utama dari mikrodermabrasi adalah memperbaiki tekstur sekaligus mengembalikan warna kulit sehingga penampilan tampak lebih muda.

Cara menghilangkan blackhead

 

Chemical peeling

Cara menghilangkan blackhead selanjutnya adalah chemical peeling yang bertujuan untuk mengangkat sumbatan dan membuang sel kulit mati penyebab komedo hitam. Pada prosedur satu ini, dokter akan mengoleskan cairan kimia khusus ke permukaan kulit wajah, kemudian didiamkan selama beberapa saat hingga meresap ke dalam lapisan kulit terdalam.

Setelah prosedur tersebut selesai dilakukan, biasanya lapisan luar kulit wajah Anda akan mengalami pengelupasan dan digantikan oleh lapisan kulit yang lebih halus. Dengan demikian, kulit wajah Anda pun terlihat lebih cerah memesona. Cara menghilangkan blackhead satu ini jadi cara paling populer di kalangan kaum hawa.

Demikian beberapa cara menghilangkan blackhead di wajah yang membuat penampilan sehari-hari jadi terganggu. Pilih cara terbaik sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan budget Anda. Selamat mencoba.

 

 

 

 

 

 

Tentang nezzumia

Check Also

krim pemutih wajah terbaik

Dijamin Aman dan Tercatat BPOM, Ini 8 Krim Pemutih Wajah Terbaik

Krim pemutih wajah terbaik kerap dianggap sebagai jalan pintas bagi sebagian besar orang untuk mendapatkan …