cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Paling Ampuh dan Super Cepat

Tak bisa dipungkiri, bahwa jerawat telah menjadi problematika wajah yang paling populer dan menyerang hampir setiap orang. Siapapun pasti pernah mengalami kondisi wajah berjerawat, baik hanya berupa jerawat ringan hingga jerawat parah yang membutuhkan perawatan khusus. Itulah mengapa cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam sering diburu banyak orang.

Mendapati wajah terserang jerawat merupakan suatu hal yang sangat mengganggu. Apalagi jika jerawat meninggalkan bekas dan flek hitam di wajah. Bukannya sulit dihilangkan, noda bekas jerawat juga mengganggu penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Oleh sebab itulah, cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah dianggap penting.

Tahukah Anda, cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang paling tepat adalah membedakan terlebih dulu antara keduanya. Tanda gelap ataupun merah muda di kulit sebenarnya bukanlah bekas jerawat, melainkan peradangan. Kondisi ini kerap meninggalkan noda sebagai bagian dari proses penyembuhan alami.

Peradangan semacam ini jadi penyebab meningkatnya produksi pigmen sekaligus memicu noda. Namun, noda tersebut bisa memudar dengan sendirinya selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan. Di sisi lain, bekas jerawat terbentuk saat terjadi kerusakan pada kulit yang mengarah pada kolagen yang abnormal.

Penyebab bekas jerawat dan flek hitam

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam kerap dicari karena memang keduanya dianggap sebagai satu kesatuan yang sama. Flek hitam yang tertinggal ketika jerawat menghilang umumnya disebabkan oleh peradangan yang mengganggu proses penyembuhan kulit secara alami.

Peristiwa kulit yang terbuka ketika jerawat pecah dan kemudian menutup kembali, menyebabkan wajah mendapatkan pigmentasi, tekstur, serta warna abnormal yang terlihat berbeda di sisa kulit wajah.

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam ataupun menghindarinya adalah dengan menggunakan rutinitas perawatan kulit yang benar. Sebisa mungkin, Anda tidak menyentuh, menusuk, dan memecahkan jerawat secara paksa. Biasanya, bekas jerawat ini terjadi saat jaringan normal di kulit dihancurkan dan diganti dengan jaringan berserat.

Saat kerusakan yang disebabkan oleh jerawat sudah sedemikian parah, tubuh merespons dengan membuat terlalu banyak atau terlalu sedikit lapisan jaringan. Produksi jaringan yang terlalu banyak membentuk keloid atau bekas luka hipertrofik. Sementara produksi yang terlalu sedikit menyebabkan depresi pada kulit atau bekas luka atrofi.

BACA JUGA  Super Aman! Ini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi

Beberapa bekas jerawat dan juga flek hitam bisa Anda kendalikan. Namun, beberapa lainnya tidak. Selain dipengaruhi oleh genetika, ada beberapa kebiasaan yang membuat cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam ini sia-sia belaka. Seperti misalnya, terlalu sering terpapar sinar matahari atau kebiasaan mencungkil jerawat.

Berbeda dengan bekas jerawat, flek hitam atau yang sering disebut sebagai hiperpigmentasi ini disebabkan oleh produksi melanin yang sangat berlebihan di kulit oleh melanosit. Melanin ekstra ini bisa dipicu oleh banyak hal, seperti misalnya hormon. Itulah sebabnya wanita hamil sering mendapati flek hitam dan menghilang setelah melahirkan.

Selain hormon, sinar matahari juga bisa meningkatkan kadar melanin. Bahkan, usia juga bisa memengaruhi sekaligus meningkatkan ukuran melanosit. Faktor lainnya adalah iritasi kulit akibat jerawat, waxing, hingga scrub berlebihan juga bisa menyebabkan flek hitam. Untuk itu, ketahui dulu penyebab flek hitam ini sebelum Anda mencari cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam supaya tidak salah langkah.

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam paling tepat

Sebelum kita membahas lebih detail mengenai cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam, ketahuilah, bahwa perawatan bekas jerawat paling baik ditangani dengan perhatian dan perawatan khusus dari dokter kulit. Pasalnya, bekas jerawat membutuhkan beberapa prosedur yang lebih intens ketimbang opsi alami atau produk yang banyak dijual bebas di pasaran.

Namun sayangnya, perawatan semacam itu cenderung mahal. Apabila Anda belum siap secara finansial, maka ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian dalam berjuang melawan bekas jerawat. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang perlu diketahui.

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat yang Wajib Dicoba

Suntikan steroid

cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam

 

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang pertama adalah suntikan steroid. Bukan hanya mampu mengurangi peradangan jerawat yang ada, kortison juga bisa membantu bekas luka tebal atau keloid tampak lebih rata dan lembut.

Dermal fillers

cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam berikutnya adalah dermal fillers. Ketahuilah, bekas jerawat tertentu bisa diisi dengan zat yang mengangkat daerah kulit tertekan, seperti misalnya asam hialuronat. Zat satu ini bisa membuat permukaan kulit lebih merata sekaligus menyingkirkan noda.

Namun sayangnya, hingga kini cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam menggunakan dermal fillers bukan solusi yang permanen untuk mengatasi kedua masalah tersebut.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lidah Buaya

Perawatan laser

cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam selanjutnya adalah dengan perawatan laser. Para dermatologist kerap mengubah bentuk kolagen menggunakan laser yang sebenarnya tidak sepenuhnya menghilangkan bekas jerawat, tapi memperbaikinya hingga 30% atau bahkan lebih. Laser diketahui mampu membantu mengurangi kemerahan terkait bekas jerawat dan bekas luka.

BACA JUGA  Kembali Mulus dan Menawan, Begini Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah

Punch excision

cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam

Tahukah Anda, prosedur satu ini jadi cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam paling baik untuk mereka yang memiliki bekas jerawat tipe ice pick. Apabila Anda menggunakan treatment jenis punch excision pada bekas luka jenis lain yang lebar, Anda justru semakin memperparah kondisinya.

Jadi, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan perawatan satu. Apalagi, cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam satu ini cukup berisiko bagi Anda yang memiliki kulit lebih gelap atau rona yang rentan terhadap hyperpigmentation.

Vitamin C

cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam

Siapa sangka, ternyata vitamin C bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Sebab, vitamin C merupakan anti-oksidan topical yang mampu membantu memblokir radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif pada kulit penyebab keriput dan kulit kusam.

Hydroquinone

cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam

Satu lagi yang tak kalah ampuh untuk dijadikan cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam adalah hydroquinone. Anda bisa menemukan bahan ini di pasaran dengan konsentrasi sebesar 2% atau kurang. Pada tingkat biologi, zat satu ini mampu bekerja menghambat enzim yang disebut tyrosinase yang membantu memproduksi melanin.

Secara alami, semakin sedikit tyrosinase yang diproduksi, maka semakin sedikit pula melanin yang diproduksi sehingga cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam ini dianggap efektif. Namun, hydroquinone bisa menyebabkan kemerahan, kekeringan, dan rasa terbakar yang menandakan reaksi alergi kulit terhadap bahan tersebut sehingga Anda direkomendasikan untuk mencoba tes spot terlebih dulu supaya aman.

Chemical peeling

cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam

Satu lagi cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang paling ampuh, yaitu chemical peeling. Perawatan satu ini terbukti ampuh untuk mengurangi penampilan kusam sehingga membuat kulit jadi lebih bersih sekaligus bercahaya.

Seiring waktu, cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam ini bisa merangsang produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel, serta mengurangi munculnya flek hitam. Namun ingat, chemical peeling bisa bereaksi terlalu keras untuk pemilik kulit sensitif sehingga Anda wajib berhati-hati saat menggunakannya.

Demikian ulasan informasi tentang beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah. Pastikan, jenis perawatan yang Anda pilih memang sesuai dengan kondisi kulit sehingga tidak menimbulkan reaksi berbahaya lainnya. Namun, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kulit supaya mendapat perawatan paling aman.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lidah Buaya

 

Tentang nezzumia

Check Also

krim pemutih wajah terbaik

Dijamin Aman dan Tercatat BPOM, Ini 8 Krim Pemutih Wajah Terbaik

Krim pemutih wajah terbaik kerap dianggap sebagai jalan pintas bagi sebagian besar orang untuk mendapatkan …