fbpx
Cara menghilangkan bekas jerawat memerah

Jangan Bingung, Begini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Memerah

Jerawat jadi salah satu masalah yang sering terjadi pada kulit wajah siapa saja. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, tapi bisa menimbulkan bekas mengganggu pada kulit. Meski demikian, jerawat bakal sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan khusus. Menjaga kebersihan kulit jadi cara menghilangkan bekas jerawat memerah terbaik yang bisa dilakukan.

Namun sayangnya, banyak orang justru merasa tidak sabar dan akhirnya memencet jerawat di wajah. Ketahuilah, kebiasaan semacam ini bisa menyebabkan jerawat jadi lebih buruk dan memicu bekas merah pada kulit. Bisa dipastikan, Anda harus putar otak untuk mencari cara menghilangkan bekas jerawat memerah tersebut.

Cara menghilangkan bekas jerawat memerah juga kerap dicari karena ternyata jerawat bukan hanya meninggalkan bekas kemerahan saja tapi juga kehitaman pada kulit. Kondisi tersebut yang menjadikan tekstur kulit wajah jadi tidak merata dan merusak penampilan. Bukan itu saja, wajah pun jadi terlihat berlubang dengan cekungan besar berbentuk lingkaran.

5 Rahasia cara menghilangkan bekas jerawat memerah

Cara menghilangkan bekas jerawat memerah

Perlu Anda ketahui, bekas jerawat terbagi dalam tiga kategori yang berbeda. Pertama adalah Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH), kategori yang kedua adalah Post Inflammatory Erythema (PIE), dan yang terakhir adalah Atrophic Scars. Tentu saja, ketiganya bisa dibasmi dengan berbagai cara menghilangkan bekas jerawat memerah.

Nah, salah satu bekas jerawat yang paling sering terjadi, terutama pada pemilik kulit berwarna terang adalah Post Inflammatory Erythema. Umumnya, masalah ini terlihat seperti bekas jerawat kemerahan yang biasanya timbul karena pembesaran pembuluh darah di dekat permukaan kulit. Namun ketahuilah, cara menghilangkan bekas jerawat memerah sebenarnya tak semudah itu.

Tapi Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat memerah yang praktis menggunakan bahan-bahan yang bisa Anda temukan di pasaran. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Gunakan skin care dengan kandungan soothing dan calming

Meski cara menghilangkan bekas jerawat memerah cenderung sulit dilakukan, tapi Anda tetap bisa menggunakan produk yang bersifat soothing dan calming. Sebab, produk semacam ini ampuh untuk membantu Anda mengurangi kemerahan yang tampak pada kulit. Beberapa kandungan skin care yang bisa Anda cari adalah centella asiatica, allantoin, dan green tea.

  1. Fokus menghidrasi kulit

Apabila Anda beranggapan bahwa hidrasi hanya untuk mereka yang memiliki kulit kering, maka Anda keliru. Sebenarnya, kulit dehidrasi merupakan permasalahan kulit yang diakibatkan oleh faktor eksternal. Sementara kulit kering adalah kondisi bawaan sejak lahir sehingga cara menghilangkan bekas jerawat memerah pada jenis kulit ini perlu penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA  Tingkatkan Percaya Diri dengan 8 Rekomendasi Shampoo Penumbuh Rambut Terbaik

Ketika kulit mengalami dehidrasi, moisture barrier atau lapisan pelindung kulit juga turut berpengaruh hingga pada akhirnya memperparah kondisi bekas jerawat di wajah. Ingat, menjaga hidrasi kulit merupakan kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat. Jadi bisa dikatakan, cara menghilangkan bekas jerawat memerah adalah menghidrasi kulit dengan baik.

  1. Tidak lupa menggunakan sunscreen

Ketika terpapar sinar UV secara langsung, tentu saja bekas jerawat memerah bakal semakin parah. Bukan itu saja, sinar UV juga bisa mengganggu kesehatan kulit dan membuat cara menghilangkan bekas jerawat memerah yang Anda lakukan sia-sia.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda menggunakan sunscreen setiap hari. Bila kulit yang sehat saja harus dilindungi dengan sunscreen, apalagi kulit bermasalah. Itulah cara menghilangkan bekas jerawat memerah berikutnya.

Cara menghilangkan bekas jerawat memerah

  1. Perawatan laser

Mengingat akar permasalahan bekas jerawat kemerahan atau PIE ada pada pembuluh darah yang membesar, maka cara menghilangkan bekas jerawat memerah paling efektif adalah dengan perawatan laser secara khusus. Salah satu treatment laser yang bisa Anda lakukan bernama vascular lasers.

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat memerah ini bekerja menembus lapisan kulit cukup dalam hingga mencapai pembuluh darah dan memencarkan pembesaran di dalamnya. Namun, Anda tidak boleh sembarangan melakukannya. Diperlukan konsultasi dokter terlebih dulu sebelum melakukan prosedur satu ini.

  1. Menghindari risiko iritasi kulit lainnya

Seiring berjalannya waktu, bekas jerawat kemerahan di wajah Anda sebenarnya bakal berkurang dengan sendirinya. Namun, hal ini hanya berlaku jika Anda memperkecil risiko terjadinya iritasi lain pada kulit. Inilah yang kemudian disebut sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat memerah pada wajah.

Nah, ada beberapa cara untuk menghindari terjadinya iritasi yang lebih parah. Di antaranya tidak melakukan ekstraksi seperti, memencet jerawat atau komedo pada area yang bermasalah, tidak menggunakan pembersih wajah dengan kadar sulfates atau pH tinggi, dan tidak menggunakan toner atau produk skin care lain yang mengandung alkohol ataupun astringent.

Cara menghilangkan bekas jerawat memerah menggunakan bahan alami

Cara menghilangkan bekas jerawat memerah

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jerawat bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, hal ini jelas membutuhkan waktu cukup lama jika dibiarkan tanpa perawatan atau Anda tidak mencari tahu cara menghilangkan bekas jerawat memerah pada wajah tersebut.

Ketahuilah, cara menghilangkan bekas jerawat memerah pada wajah paling mudah adalah menggunakan krim kortison atau steroid. Biasanya, sel kulit bakal menyerap krim tersebut dan mengurangi segala bentuk pembengkakan akibat jerawat.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat yang Paling Ampuh?

Krim satu ini bisa bebas Anda peroleh di apotek terdekat. Namun, jika cara menghilangkan bekas jerawat satu ini justru membuat kondisinya bertambah parah, maka segera berkonsultasi dengan dokter terdekat. Bila dibiarkan, jerawat bisa saja semakin meradang dan mengganggu penampilan.

Ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat memerah secara alami menggunakan bahan-bahan di sekitar kita, di antaranya sebagai berikut:

  • Putih telur

Bahan alami satu ini mengandung enzim lysozyme yang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Jadi jangan heran jika banyak orang menggunakan cara menghilangkan bekas jerawat memerah satu ini.

  • Lidah buaya

Dalam setiap tetes lendir lidah buaya terdapat kandungan polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat pada kulit. Inilah sebabnya mengapa lidah buaya dianggap sebagai cara menghilangkan bekas jerawat memerah paling ampuh.

  • Bawang putih

Di dalam bawang putih terdapat zat sulfur yang diyakini mampu menghilangkan jerawat secara tepat dan cepat.

  • Cuka apel

Siapa sangka, jika kandungan antiseptik alami pada cuka apel bisa dijadikan cara menghilangkan bekas jerawat memerah dengan cepat. Diketahui, kandungan tersebut memang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah cantik Anda.

Tak bisa dipungkiri, kehadiran jerawat pada wajah bisa membuat siapa saja risih dan gemas untuk memencetnya. Bahkan tak sedikit pula yang getol mencari cara menghilangkan bekas jerawat memerah ini supaya penampilan kembali tampak memesona dan percaya diri pun meningkat.

Tips mencegah jerawat di area wajah

Cara menghilangkan bekas jerawat memerah

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat sekaligus dijadikan cara menghilangkan bekas jerawat memerah di wajah. Di antaranya adalah membersihkan wajah secara teratur minimal dua kali sehari. Apabila jerawat mulai muncul, Anda dilarang untuk memencet jerawat tersebut.

Sebaiknya, gunakan obat jerawat yang mengandung asam salisilat, sulfur, atau benzoil peroksida yang dijual bebas di apotek sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat memerah dan membandel. Jangan pernah pula menyentuh wajah menggunakan tangan yang kotor dan batasi konsumsi makanan pedas tinggi lemak.

Selain cara menghilangkan bekas jerawat memerah di atas, sebenarnya jerawat bisa dihindari dengan mengelola stres dalam diri. Sebaiknya, salurkan stres yang Anda alami dengan melakukan relaksasi, yoga, membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, atau aktivitas positif lainnya yang Anda sukai.

 

Tentang nezzumia

Check Also

Beberapa Kerusakan Kulit Wajah Akibat Krim Merkuri, Hati-Hati!

Skincare sangat identik dengan wanita , meskipun sejatinya tak menutup kemungkinan pria juga memakai. Skincare …