fbpx
Taken from Pixabay

Penyebab Bibir Bengkak dan Cara Mengatasinya

Anda mungkin pernah mengalami  bibir bengkak ya? Kondisi ini sering muncul tiba-tiba dan tanpa gejala apapun, khususnya ketika bangun di pagi hari. Memang bibir yang menebal dan bikin tidak nyaman ini bisa kembali seperti semula dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Namun bibir bengkak ini juga bisa menjadi gejala dari suatu kondisi yang membahayakan. Oleh karena itu, segera konsultasikan dengan dokter jika mengalami bibir bengkak. Anda bisa download di sini untuk menanyakan permasalahanmu.

Lalu mana saja penyebab yang tidak membahayakan dan mana yang membahayakan? Anda bisa mengetahui penyebab bibir bengkak selengkapnya dengan mengklik

Penyebab  Bibir Bengkak

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan bibir bengkak, antara lain:

1.     Alergi

Penyebab bibir bengkak yang pertama adalah karena alergi. Kondisi ini biasanya dipicu reaksi tubuh terhadap zat asing yang masuk. Ketika ada zat asing yang masuk, tubuh akan mengeluarkan zat kimia yang disebut dengan histamin sebagai bentuk perlindungan. Namun, histamin tersebut justru bisa memicu berbagai reaksi alergi, termasuk pembengkakan.

Bisa saja anda tidak menyadari bahwa tubuh ternyata terpapar zat alergen. Bisa jadi Anda alergi terhadap zat di lingkungan sekitar seperti serbuk sari, spora jamur, debu, atau bulu hewan peliharaan. Selain pembengkakan di beberapa bagian tubuh, gejala lainnya yang mungkin Anda rasakan yaitu gatal, napas berbunyi ngik-ngik (mengi), bersin-bersin, dan hidung tersumbat.

Bukan hanya alergi lingkungan saja, alergi makanan juga bisa menjadi penyebab bibir bengkak. Pembengkakan ini biasanya muncul sesaat setelah anda mengonsumsi makanan yang dapat memicu alergi. Alergi makanan biasanya menimbulkan gejala seperti bibir dan wajah bengkak, pusing, sulit menelan, sakit perut, dan mual.

Selain itu, gigitan atau sengatan serangga dan obat bisa membuat bibir menjadi bengkak. Sedangkan jika Anda alergi obat biasanya gejala lain yang muncul yaitu ruam, gatal, mengi, pembengkakan di bagian tertentu, muntah, juga pusing.

BACA JUGA  6 Faktor Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih Kosan Untuk Mahasiswa Dan Karyawan Di Jakarta Selatan

2.     Angioedema

Penyebab bibir bengkak selanjutnya adalah Angioedema. Angioedema adalah kondisi saat anda mengalami pembengkakan di bawah kulit. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari reaksi alergi, reaksi obat nonalergi, bahkan karena faktor keturunan. Angioedema paling sering menyerang bibir dan juga mata.

Selain terjadi pembengkakan, angiodema juga akan membuat anda merasakan sakit dan gatal di bagian yang terkena. Gejala angioedema biasanya berlangsung selama 1-2 hari. Berbagai gejala ini bisa diobati dengan kortikosteroid, antihistamin atau suntikan epinefrin.

3.     Cedera atau luka

Cedera atau luka di wajah juga bisa menyebabkan bibir anda menjadi bengkak. Cedera bisa jadi muncul karena kecelakaan, ggitan, pascalaser, terbakar, hingga terkena hantaman benda tumpul.

Mengobati bibir bengkak lantaran cedera tergantung pada penyebabnya. Untuk cedera ringan, anda bisa menggunakan kompres es untuk membantu mengempeskannya. Sementara itu, jika pembengkakan disertai luka dan perdarahan usahakan untuk mengobatinya di dokter.

4.     Bibir yang terlalu kering

Ketika bibir tidak mendapatkan kelembapan yang dibutuhkan, maka bisa menjadi sangat kering bahkan hingga pecah-pecah. Nah, bibir yang pecah-pecah ini akan membuat kuman mudah sekali masuk dan menginfeksi. Akibatnya, bibir pun bisa jadi mengalami pembengkakan.

Maka dari itu, gunakan pelembap bibir yang mengandung petroleum jelly untuk menjaganya tetap lembap. Selain itu, gunakan produk bibir yang mengandung tabir surya agar tidak terbakar sinar matahari jika Anda sedang berkegiatan di luar ruangan.

Selain itu, anda juga perlu menghilangkan kebiasaan menjilat bibir karena air liur justru bisa membuatnya semakin kering. Dan jangan mengoprek atau menggigit kulit bibir meski terasa kering dan bersisik.

Apakah Bibir Bengkak Berbahaya?

Perlu diketahui bahwa kondisi bibir bengkak berdasarkan penyebabnya bisa dibedakan menjadi kondisi yang berbahaya dan tidak. Jadi penting untuk Anda mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya.

Jika Anda dengan cepat bisa mengingat apa yang sudah Anda makan, apa yang membentur bibir Anda, atau adakah penyakit keturunan yang Anda miliki, maka akan lebih mudah untuk Anda melakukan penanganannya.

BACA JUGA  Super Ketat! Negara Ini Tugaskan Polisi Untuk Awasi Pakaian dan Cara Berdandan Masyarakat

 

Terlambat menangani penyebab bibir bengkak yang bisa membahayakan. Bahkan jika hanya disebabkan oleh alergi pun, jika Anda tidak langsung mendapatkan pengobatan maka alergi bisa juga membuat Anda kesulitan bernafas.

Itulah sebabnya jika bibir bengkak Anda diikuti juga dengan gejala membahayakan lain, Anda sebaiknya segera mencari pertolongan pertama dengan memeriksakan diri.

Tips Mengatasi Bibir Bengkak

Secara garis besar, cara mengatasi bibir bengkak bisa dibedakan menjadi cara penanganan sendiri dan juga penanganan dari dokter. Berikut ini penjelasan mengenai apa saja cara yang dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan bibir dengan lebih cepat.

Kompres dengan Es

Cara yang pertama untuk mengatasi bibir bengkak adalah dengan mengompresnya menggunakan es. Kompres es pada bibir bengkak ini selama 10-15 menit setiap 2 jam sekali selama 24 jam pertama. Cara alami ini sangat ampuh khususnya untuk bibir bengkak yang disebabkan oleh benturan.

Menggunakan Lidah Buaya

Selain mengompres dengan es, bibir bengkak juga bisa diobati dengan menggunakan lidah buaya. Pasalnya, lidah buaya memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa membantu bibir kembali normal dalam waktu singkat. Cara ini baik untuk bibir bengkak yang terjadi akibat inflamasi di bawah tubuh karena alergi atau gigitan.

Suntik Kortikosteroid

Jika kedua cara alami di atas tidak efektif dalam mengatasi bibir yang bengkak, anda juga mungkin harus mendapatkan bantuan medis akibat dari bibir bengkak ini. Cara medis yang paling umum akan diberikan adalah suntikan alergi yaitu kortikosteroid. Pengobatan ini akan dilakukan untuk bibir bengkak yang disebabkan oleh anaphylaxis, angioedema, hingga MRS.