Cara Setting Internet Biar Lancar Main Game

Cara Setting Internet Biar Lancar Main Game

Main game maupun menonton video streaming merupakan kegiatan yang banyak diminati oleh banyak orang saat ini. Dimana kegiatan tersebut dianggap menghibur dan memberikan sejumlah manfaat bagi mereka.

Namun, sayangnya seringkali kita menghadapi berbagai kendala ketika melakukan aktivitas tersebut, terutama masalah jaringan internet yang lelet. Terdapat beberapa kasus gangguan internet yang cukup sering dialami oleh pengguna, salah satunya adalah saat lancar menonton streaming YouTube akan tetapi ketika digunakan untuk main game online mengalami lag.

Tentu internet yang tidak stabil ini sangat menyebalkan ya.Namun anda tidak perlu khawatir karena kali ini kami akan bahas penyebab dan solusi yang dapat membantu memperbaiki gangguan jaringan internet.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet, yang dapat menjelaskan perbedaan antara menonton YouTube dan bermain game online tersebut. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  • Spesifikasi Perangkat

Kinerja saat bermain game dipengaruhi oleh spesifikasi perangkat yang digunakan, hal ini cukup lumrah mengingat spesifikasi untuk main game dan menonton video berbeda.

  • Koneksi Internet Lambat

Jaringan internet yang lelet maka dapat berpengaruh pada game jadi lambat. ini merupakan hal yang wajar sebab ketika main game maka perangkat butuh waktu lebih lama untuk memuat data yang dibutuhkan. Ini berkaitan dengan latency (waktu tunda) dan lebar pita (bandwidth).

  • Optimasi Konten

Platform YouTube kerap kali dioptimalkan untuk memberikan kualitas streaming makin cepat. Sedangkan untuk game umumnya developer mengoptimalkan software mereka agar bisa berjalan di berbagai perangkat.

  • Tipe Konten

Perlu anda ketahui jika jenis konten ini juga berpengaruh pada kinerja perangkat. Saat anda sedang menonton video streaming biasanya membutuhkan sumber daya yang lebih sedikit dibandingkan saat anda bermain game. Pasalnya ketika anda sedang main game umumnya memerlukan pemrosesan grafis dan input yang cepat, dan iu berpengaruh pada kecepatan internet

  • Jumlah Perangkat Terhubung

Semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan internet, semakin lambat kecepatan internetnya karena bandwith dibagikan ke banyak perangkat di waktu bersamaan.

  • Jarak antara Perangkat dan Router WiFi
BACA JUGA  Download Final Fantasy VII Remake Integrade DLC Game Legendaris

Jarak yang jauh antara perangkat dan router WiFi dapat membuat koneksi internet jadi makin lambat, karena umumnya router memiliki batasan jarak jangkauan.

  • Jarak antara Server Game dan Perangkat

Saat bermain game, jarak antara server game dan perangkat juga dapat memengaruhi kualitas koneksi internet.

  • Gangguan Elektromagnetik

Adanya gangguan elektromagnetik dari perangkat elektronik lain di sekitar lingkungan juga dapat mempengaruhi koneksi internet.

  • Masalah Teknis

Masalah teknis pada perangkat atau jaringan, seperti modem dan router, juga dapat memengaruhi kualitas koneksi internet saat bermain game.

Selain sejumlah faktor yang kami bahas diatas, ada beberapa penyebab lain yang bisa mempengaruhi jaringan internet. Seperti jenis aktivitas online yang dilakukan dan jumlah data yang diunduh. Saat menggunakan koneksi internet yang dibagi atau digunakan di antara beberapa perangkat, maka kecepatan internet akan terbagi secara proporsional di antara perangkat tersebut. 

Misalnya, jika Anda memiliki koneksi internet dengan kecepatan 100 Mbps dan terhubung ke tiga perangkat, maka secara matematisnya setiap perangkat akan mendapatkan kecepatan sekitar 33 Mbps. Umumnya untuk aktifitas seperti menonton video atau stremaing video ini membutuhkan sedikit data yang diunduh dari server YouTube.

Berbeda dengan ketika anda bermain game online yang memerlukan transfer data real-time yang lebih besar antara server game dan perangkat komputer.Dengan memahami faktor-faktor ini, kita dapat lebih baik dalam mengoptimalkan koneksi internet saat melakukan berbagai aktivitas online.

Cara Setting Internet Biar Lancar Main Game 1

Cara Setting Internet Biar Lancar Main Game

Masuk kedalam pembahasan inti artikel kali ini, yakni cara setting internet biar lancar main game. Kali ini Kami memiliki beberapa opsi yang bisa anda terapkan, diantaranya :

  • Sambungkan pada koneksi internet stabil sesuai kebutuhan

Pastikan Anda memiliki atau menggunakan paket internet yang memadai dan stabil untuk mendukung kebutuhan bermain game online. Karena memang aktifitas ini membutuhkan data yang besar secara realtime.

  • Batasi penggunaan perangkat lain yang tersambung pada jaringan yang sama

Sesuai yang kami sebutkan di atas tadi, semakin banyak perangkat yang terhubung ke router maka kecepatan internetnya pun terbagi. 

BACA JUGA  Termasuk GTA 5, Berikut List Game Gratis Xbox Game Pass Juli 2023!

Jika terdapat perangkat lain yang menggunakan internet dalam jumlah besar, coba batasi penggunaannya saat Anda bermain game agar koneksi internet lebih lancar.

  • Pakai kabel Ethernet dibandingkan WiFi

Koneksi kabel Ethernet cenderung lebih stabil dan memiliki latensi yang lebih rendah daripada koneksi WiFi. Jika memungkinkan, hubungkan perangkat Anda langsung ke router menggunakan kabel Ethernet. Langkah ini hanya bisa dilakukan jika kebetulan anda bermain game di perangkat laptop atau PC.

  • Matikan aplikasi lain yang membutuhkan internet dan berjalan pada perangkat Anda 

Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat memakan bandwidth dan mempengaruhi kinerja koneksi internet. Meskipun kecil, namun hal ini juga cukup berpengaruh. Tutup atau hentikan aplikasi yang tidak perlu saat bermain game.

  • Pakailah software untuk mengoptimalkan koneksi internet

Ada beberapa software pengoptimalisasi koneksi internet yang dapat membantu meningkatkan kinerja koneksi saat bermain game. Coba gunakan software tersebut sesuai petunjuk yang diberikan.

  • Gunakan server game terdekat dari lokasi Anda

Memilih server game yang berada dekat dengan lokasi fisik Anda dapat mengurangi latency (waktu tunda) dan meningkatkan kualitas koneksi saat bermain game.

  • Kurangi resolusi maupun pengaturan grafis pada game jika internet lemot

Mengurangi resolusi grafis dan pengaturan grafis yang tinggi dalam game dapat mengurangi beban pada koneksi internet dan meningkatkan kinerja permainan.

  • Pakailh VPN yang memiliki kecepatan internet stabil

Jika Anda menggunakan VPN, pastikan untuk memilih penyedia VPN yang cepat dan stabil agar tidak mempengaruhi kinerja koneksi internet saat bermain game.

  • Upgrade paket internet

Jika masalah koneksi internet terjadi secara konsisten, pertimbangkan untuk mengupgrade paket internet Anda ke kecepatan yang lebih tinggi untuk mendapatkan koneksi yang lebih baik saat bermain game.

Cukup sekian dulu ulasan dari kami kali ini tentang cara setting internet biar lancar main game. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.