Intip Spesifikasi Samsung Galaxy A13 dan A33 5G Menjelang Rilis di Indonesia

Samsung disinyalir bakal meluncurkan sejumlah ponsel baru dari keluarga A series ke pasar global. Beberapa diantaranya yakni Galaxy A13, A23, A33, A53, sampai dengan Galaxy A73. Bocoran mengenai beberapa perangkat tersebut pun mulai beredar di internet, salah satunya yakni bocoran spesifikasi Samsung Galaxy A13 4G dan Samsung Galaxy A33.

Informasi seputar bocorannya juga berasal dari salah satu situs berbahasa Jerman yakni WinFuture.de yang membagikan gambar render. Hasil gambar rander tersebut pun diyakini merupakan sosok dari Galaxy A13 4G dan A33. Galaxy A13 4G adalah model lain dari Galaxy A13 5G yang dirilis Samsung pada akhir tahun lalu di Amerika Serikat.

Bocoran Spesifikasi Galaxy A13

Melalui sebuah gambar rander yang telah di bagikan oleh WinFuture.de, Samsung Galaxy A13 tampak memiliki desain punggung seperti Galaxy A32 (2021). Desain serupa itu adalah terdapat empat kamera belakang yang disusun secara vertikal. Kamera belakang tersebut menempel langsung pada bagian belakang ponsel, dengan kata lain tidak memiliki modul. Mengacu pada bocoran yang beredar, empat kamera belakang Galaxy A13 konon terdiri dari kamera utama beresolusi 48 MP, kamera ultrawide 5 MP, kamera depth sensor 2 MP, dan juga kamera makro 2 MP.

Lalu untuk dibagian depan, Galaxy A13 dirumorkan bakal dibekali layar dengan desain infinity-V. Smartphone ini kabarnya akan menggunakan panel LCD PLS berukuran 6,6 inci, resolusi Full HD Plus (2.408 x 1.080 piksel), dan refresh rate 90 Hz. Adapun untuk poni pada layar tersebut kabarnya akan memuat kamera selfie 8 MP. Soal dapur pacu, Galaxy A13 di kabarkan mengandalkan chipset bikinan Samsung, yakni Exynos 850.

Selain itu, bocoran lain mengenai spesifikasi Galaxy A13 meliputi juga baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fast charging 15W, RAM 4GB, serta penyimpanan media 64 GB yang bisa diekspansi dengan microSD. Kabarnya ponsel ini bakalan hadir dengan pilihan warna hitam, putih, dan biru dengan banderol harga 200 euro (sekitar Rp 3,1 juta).

BACA JUGA  Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A51 Indonesia

Bocoran spesifikasi Galaxy A33 5G

Berbeda dengan Samsung Galaxy A13, bocoran tentang Samsung Galaxy A33 5G juga turut ramai di internet dengan spek berbeda pula. Dilihat dari gambar render yang beredar, terlihat smartphone ini masih akan dibekali dengan desain layar yang sama seperti pendahulunya, yaitu Galaxy A32. Layar Galaxy A33 5G mengusung desain Infinity-U dengan panel OLED seluas 6,4 inci, beresolusi Full HD Plus dan memiliki refresh rate 90 Hz.

Belakang bodi ponsel tampak bakal mewarisi desain punggung Galaxy A52 dan A72 yang dirilis sejak tahun lalu. Empat kamera belakangnya di benamkan dalam sebuah modul yang berbentuk persegi panjang. Dalam modul tersebut, empat kamera pada Galaxy A33 disusun secara vertikal lengkap dengan sebuah lampu flash LED.

Meski demikian, belum ada informasi lebih lanjut soal konfigurasi dari kamera Galaxy A33 ini. Namun pada bocoran lain hanya menyebutkan bahwa ponsel ini konon bakal ditenagai chipset Exynos 1200, yang dipadukan dengan RAM 6 GB dan penyimpanan media / ROM 128 GB. Ini sebagaimana yang dikutip dari KompasTekno Senin (7/3/2022).

Sesuai dengan namanya, Samsung Galaxy A33 5G jelas mendukung koneksi jaringan 5G, serta di bekali dengan kapasitas baterai 5000 mAh. Beberapa varian warna yang di sediakan adalah hitam, putih, biru, dan oranye, sebagaimana yang dihimpun dari laman GSMArena.

Kapan Masuk Indonesia?

Sebagaimana yang disampaikan, bahwa mengenai spesifikasi di atas tersebut tak lain masih berupa rumor yang belum bisa di konfirmasi kebenarannya. Pasalnya, Samsung sendiri belum memberikan kisi-kisi lebih mengenai kehadiran smartphone Galaxy A13 4G dan A33 5G di pasar global, termasuk juga di Indonesia.

Kendati demikian, Samsung nampaknya bakal sesegera mungkin memboyong dua ponselnya ke Indonesia. Khusus untuk Galaxy A33, alih-alih versi 5G, Samsung sepertinya berencana merilis Galaxy A33 versi 4G terlebih dulu untuk pasar di Indonesia. Tak mengapa, meski begitu indikasinya Galaxy A13 maupun Galaxy A33 (4G) sudah mengantongi sertifikasi lolos uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Di laman TKDN, diketahui terdapat sertifikasi bernomor 381/SJ-IND.8/TKDN/2/2022 yang diajukan oleh PT Samsung Electronics Indonesia pada tanggal 24 Februari 2022. Pada sertifikasi tersebut, tercantum ponsel dengan nomor model seri “SM-A135F” telah mendapatkan nilai TKDN sebesar 37,6 persen. Berdasarkan penelusuran yang dikutip dari Kompas Tekno, model SM-A135F tersebut merujuk pada ponsel Samsung Galaxy A13 4G.

BACA JUGA  Cara Menghapus File Sampah di HP Samsung Yang Membuat HP Penuh dan Berat

Sedangkan untuk Samsung Galaxy A33 versi 4G muncul dalam sertifikasi terpisah. Adapun sertifikasi yang dimaksud mempunyai nomor 144/SJ-IND.8/TKDN/1/2022 yang diajukan oleh PT Samsung Electronics Indonesia tanggal 27 Januari 2022. Pada sertifikasi tersebut tercantum nomor seri model SM-A336E dengan nilai TKDN sebesar 38,3 persen.

Menurut penelusuran, model SM-A336E ini merujuk pada ponsel Galaxy A33 versi 4G. Memang belum ada tanda-tanda peluncuran smartphone Galaxy A13 dan A33 di pasar global. Tetapi sertifikasi TKDN yang sudah dikantongi keduanya menyiratkan indikasi kuat Galaxy A13 dan Galaxy A33 bakal dipasarkan di Tanah Air. Sert8fikasi TKDN sendiri merupakan salah satu syarat wajib perangkat elektronik sebelum dipasarkan di Indonesia.

Namun belum lama juga kabar menarik tentang bocoran lain terkuak, yakni seorang pembocor (tipster) dari TechInsider Blog mengeklaim bahwa Samsung diyakini bakal menggelar acara peluncuran smartphone A-Series barunya pada bulan Maret ini. Tetapi perlu di ingat kembali bahwa informasi yang ada masih belum bisa di konfirmasi kebenarannya. Untuk itu kita tunggu kabar selanjutnya.