Realme 9 Pro Plus Vs Vivo V23, Mending Mana?

Realme Indonesia mempunyai smartphone baru yang cukup laris, yakni 9 Pro Plus. Ponsel ini diluncurkan bersamaan dengan Realme 9 Pro pada Rabu (16/2/2022) yang mana menyasar di segmen kelas menengah. Bisa dipastikan bahwa Realme 9 Pro Plus diposisikan sebagai varian lebih tinggi dibanding Realme 9 Pro. Varian tertinggi, 9 Pro Plus dibekali dengan chipset MediaTek dengan Dimensity 920.

Realme bukan pioner satu-satunya yang merilis smartphone yang di otaki dengan chipset MediaTek Dimensity 920 di Tanah Air. Pada Januari 2022, Vivo dengan V23 juga dibekali dengan chipset yang sama. Kedua merek smartphone tersebut dijual dengan rentang harga serupa, yakni antara Rp. 5 jutaan. Mungkin melihat dari harga tersebut serta chipset yang digunakan memanglah sama, akan tetapi tetap ada perbedaan di spesifikasi yang lainnya entah dari sisi kamera, baterai atau yang lainnya.

Berikut untuk lebih jelasnya, perbandingan Realme 9 Pro Plus dan Vivo V23

Desain

Smartphone Realme 9 Pro Plus dan Vivo 23 sama-sama tampil dengan bagian punggung yang bisa berubah warna apabila terkena sinar matahari. Modul kameranya sama-sama di desain serupa, mengusung bentuk persegi dengan sudut membulat. Hanya saja susunan kameranya cukup yang tidak sama. Selain itu tampilan depan kedua ponsel ini juga berbeda. Realme mengandalkan teknologi layar Super AMOLED seluas 6,4 inci pada 9 Pro Plus serta adanya punch hole alias lubang sebagai rumah kamera selfie.

Sementara itu, Vivo V23 menggunakan layar AMOLED berponi (notch) dengan luas 6,44 inci. Keduanya sama-sama mendukung refresh rate 90 Hz. Desain kedua smartphone tersebut juga berbeda. Ini diketahui dari tampilan Vivo V23 yang hadir dengan desain kotak di tiap tepi ponsel. Sedangkan pada Realme 9 Pro Plus memilih desain melengkung.

Hardware

Baik Realme 9 Pro Plus dan Vivo V23 sama-sama diotaki oleh MediaTek Dimensity 920, seperti yang sudah disampaikan. Chipset ini dirancang dengan fabrikasi 6 nm sebagaimana telah diketahui. Di Realme 9 Pro Plus, chip tersebut dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal UFS 2.2 yang terdiri dari dua pilihan, yaitu 128 GB dan 256 GB. Kapasitas RAM pada ponsel ini juga dapat diperluas 5 hingga GB.

BACA JUGA  Daftar Harga Hp 5G di Indonesia, Tertarik Membelinya?

Mengenai kapasitas ruang, Vivo V23 didampingi dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Ini menjadi opsi satu-satunya pada perangkat Vivo. Pengguna Vivo juga bakal merasa lega karena adanya dukungan fitur Extended RAM 4 GB yang dialokasikan dari penyimpanan internal. Jadi, RAM keseluruhan smartphone Vivo yakni 12 GB apabila fitur itu diaktifkan.

Untuk catu daya, ponsel Realme 9 Pro ditopang baterai berkapasitas 4.500 mAh yang didukung pengisian cepat 60 W. Bahkan baterai tersebut di klaim Realme mampu terisi 50 persen hanya dalam waktu 15 menit saja. Selisih tidak banyak, V23 di sokong baterai 4.300 mAh dengan dukungan fitur fast charging juga. Fitur pada Vivo tersebut membuat V23 bisa terisi daya hingga 68 persen dalam 30 menit.

Kedua smartphone tersebut sama-sama berjalan dengan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka masing-masing. Vivo pada V23 dengan antarmuka Funtouch OS 12, dan Realme 9 Pro Plus mengadopsi realme UI 3.0.

Kamera

Ponsel 9 Pro Plus dari Realme dibekali dengan tiga kamera yang terdiri dari kamera utama dengan 50 MP (Sony IMX766, f/1.56, OIS), kamera wideangle dengan 8 MP (119 derajat), serta kamera makro 2 MP. Adapun fitur fotografi yang melengkapi ponsel ini yaitu ProLight Imaging Technology yang mengombinasikan sensor Sony IMX766, AI Noise Reduction Engine 3.0 dan sistem stabilisasi ganda. Lalu ada juga fitur Smart Long Exposure, Peak dan Zoom, serta filter 90’s Pop.

Di bagian depan, smartphone ini dibekali dengan sebuah kamera selfie yang mendukung resolusi 16 MP. Dilengjapi dengan fitur Super Nightscape, Portrait Bokeh, serta HDR selfie dan video. Lain Realme, lain juga pada Vivo dimana kamera V23 terdiri dari 64 MP AF Night Camera (f/1.8), 8 MP Super-Wide Angle Camera (f/2.2), dan juga resolusi 2 MP Super Macro Camera (f/2.4). Selain itu Vivo V23 juga dibekali dengan kamera depan ganda, 50 MP AF Front Camera (f/2.0) dan 8 MP Super Wide-Angle Camera (f/2.28), yang sudah lengkap dengan dua lampu LED Flash di bagian layar depan.

Sementara untuk fitur fotografi yang ditawarkan oleh Vivo V23 mencakup Dual-Tone Spotlight, AI Extreme Night Portrait, Flash Portrait, Party Portrait, Multi-Style Portrait, Double Exposure, 4K Selfie Video, sampai dengan Dual-View Video.

BACA JUGA  Layaknya DSLR, Hasil Fotografi Smartphone Masa Kini Berkat AI

Fitur Lain

Setelah beberapa spek di atas disampaikan, ada dukungan fitur lain yang masih harus pengguna ketahui. Pada Realme untuk 9 Pro Plus antara lain 5G, WiFi 6, in-display fingerprint, NFC, Dolby Atmos, serta sistem pendinginan Vapour Cooling Chamber. Nah, sedangkan untuk Vivo V23 salah satunya mendukung jaringan 5G. Sementara fitur lainnya adalah pemindai sidik jari di layar atau under-display fingerprint scanner, bluetooth 5.2, USB tipe C, dan NFC.

Harga

Smartphone Realme 9 Pro Plus tersedia dalam varian warna Sunrise Blue dan Aurora Green, sedangkan Vivo V23 tersedia dengan warna Stardust Black dan Sunshine Gold.

  • Realme 9 Pro Plus (8 GB/128 GB) – Rp. 4.999.000,-
  • Realme 9 Pro Plus (8 GB/256 GB) – Rp. 5.499.000,-
  • Vivo V23 5G (8 GB/128 GB) – Rp. 5.999.000,-