Apple Siapkan MacBook Layar Lipat?

Siapa sangka, teknologi layar lipat tengah menjadi tren di kalangan vendor teknologi dunia. Ini mengingatkan kita tentang Samsung, yang sempat menghebohkan pasar mobile dengan produk flagship lipatnya. Apalagi harga yang ditawarkan tidak main-main, telatif tinggi sebagai smartphone high-end. Kondisi ini sudah sejak 2019, dimana perusahaan teknologi berlomba menciptakan perangkat foldable di pasar global.

Apple, sebagai raksasa teknologi dunia dikabarkan tengah menyiapkan perangkat dengan layar yang bisa dilipat. Laporan terbaru muncul dari Display Supply Chain Consultant atau (DSCC) yang mengatakan bahwa Apple kemungkinan sedang mengembangkan laptop atau MacBook dengan teknologi layar yang dapat dilipat.

Menurutnya, Apple juga sedang mendiskusikan laptop lipat berukuran sekitar 20 inci dengan salah satu perusahaan pemasok layar. Seperti yang disampaikan salah seorang analis DSCC yakni Roaa Young, perangkat itu akan menjadi lini produk baru Apple dan mengusung fungsi ganda. Adapun fungsi yang pertama, sebagai laptop yang memiliki keyboard layar apabila dalam posisi dilipat.

Sementara fungsi kedua yani sebagai monitor ketika perangkat dibentangkan. Menurut Young, perangkat tersebut kemungkinan akan mendukung resolusi 4K atau bahkan lebih tinggi. Apabila difungsikan sebagai monitor, maka pengguna memerlukan keyboard eksternal guna mengoperasikan perangkat.

Mengingat lagi bahwa perangkat Foldable Apple tersebut masih dalam tahap pengembangan, untuk jadwal peluncurannya pun masih cukup lama. Ross Young juga menyebutkan bahwa laptop lipat Apple kemungkinan baru dirilis pada 2026 atau 2027. Young sendiri mempunyai reputasi cukup baik terkait bocoran produk baru Apple. Ini karena beberapa prediksinya terbukti benar. Bisa di ingat seperti soal layar ProMotion di iPhone 13 Pro hingga layar mini LED pada MacBook Pro 14 dan 16 inci yang disertai ProMotion.

Tentang iPhone Lipat

Tak lupa Young turut membagikan bocoran baru lain terkait iPhone Lipat. Kabarnya smartphone lipat Apple tersebut ditunda hingga tahun 2025. Dengan kata lain ponsel ini mundur lebih lama lagi karena Young sebelumnya berkata bahwa iPhone lipat akan diluncurkan pada tahun 2023 atau 2024. Menurutnya, Apple mengambil keputusan ini setelah berdiskusi dengan sumber dari rantai pasokan perusahaan. Cukup jelas bahwa raksasa teknologi itu tidak terburu-buru untuk terjun ke pasar perangkat lipat.

BACA JUGA  Spesifikasi Samsung Galaxy F04, HP Samsung Sejutaan

Padahal, Samsung di September 2020 lalu disebut telah menyetorkan sample layar lipat ke Apple sebagai bahan pengujian. Rumor lainnya juga menyebutkan jika perusahaan asal California tersebut bekerja sama dengan LG Display untuk perangkat lipat perusahaan.

Sebagai informasi, perangkat lipat merupakan bagian dari rencana Apple yang bukan sekadar rumor. Mengacu pada informasi yang dikutip dari Kompas Tekno, Sabtu (26/2/2022), pengajuan paten Apple menunjukkan bahwa perusahaan sedang dalam masa meneliti layar lipat yang tahan retak. Rumor terkait ini menyebutkan, Apple melakukan tes daya tahan perangkat secara internal.