5 Fitur Tersembunyi iPhone yang Bisa Kamu Cobain

Memang tak pernah ada habisnya bicara soal iPhone. Hal menarik dari perangkat komunikasi Apple bukan soal pengaruh besar tingkat sosial di lingkungan, namun karena performanya yang memang layak di acungi jempol. Bahkan ragam fiturnya sangat di nanti-nanti oleh penggunanya, namun masih banyak yang belum mengetahuinya.

Bisa di bilang ini adalah fitur unggulan pada iPhone yang ternyata banyak yang belum paham. iPhone dibekali banyak fitur yang memudahkan pengguna saat beraktivitas. Misalnya yakni iPhone punya fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah kamera jadi layaknya kaca pembesar seperti yang sebelumnya sempat viral.

Disamping itu iPhone juga punya fitur yang mampu membuatnya seolah menjadi alat pengukur atau meteran. Tetapi fitur iPhone tersebut mungkin jarang diketahui oleh pengguna, meskipun sebenarnya menarik untuk dicoba.

Untuk pengguna yang ingin mengakses fitur tersembunyi di iPhone tersebut, tak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Cukup simak rangkuman berikut, mengutip dari Kompas Tekno, Rabu (23/02/2022).

  1. Fitur Mengubah iPhone Menjadi Kaca Pembesar

Jadi, salah satu fitur yang menarik di iPhone yakni bisa menjadi kaca pembesar. Ya, kamera iPhone bisa dibuat seolah jadi kaca pembesar berkat adanya fitur Magnifier. Fitur iPhone ini yang memungkinkan pengguna untuk melihat objek atau benda yang berukuran kecil secara lebih jelas.

Fitur Magnifier pada iPhone ini tidak terletak pada aplikasi kamera, jadi pengguna perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Fitur tersembunyi ini bisa diaktifkan dengan cara sebagai berikut:

  • Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu setting (Pengaturan).
  • Lalu gulir ke bawah, dan klik opsi “Aksesibilitas”.
  • Kemudian klik opsi “Pintasan Aksesibilitas”.
  • Selanjutnya gulir ke bawah, dan klik opsi “Pembesar” atau “Magnifier”.

Setelah memilih opsi tersebut, maka iPhone dapat berubah menjadi kaca pembesar. Fitur kaca pembesar tersebut dapat diakses dengan langkah klik tombol samping atau power tiga kali untuk iPhone seri Face ID, dan atau klik tombol home tiga kali untuk iPhone seri Touch ID.

  1. Fitur Pengukur Benda dengan iPhone

Kamera iPhone bukan hanya bisa jadi kaca pembesar, tetapi juga bisa jadi alat pengukur atau meteran. Fungsi tersebut bisa di dapatkan oleh pengguna dengan memanfaatkan aplikasi bawaan yang bernama “Meassure App” atau “Aplikasi Pengukur”.

BACA JUGA  Sederet iPhone Bekas Terbaik Harga Mulai Rp 5 Jutaan

Fitur tersebut menggunakan teknologi Augmented Reality dari kamera untuk bisa mengukur panjang atau lebar dari sebuah benda. Mengukur benda menggunakan Meassure App bisa dilakukan dengan langkah berikut ini:

  • Silakan buka aplikasi Meassure App, lalu kamera bakal terbuka.
  • Arahkan lingkaran kamera yang muncul dilayar pada objek, tetapi pastikan lingkungan sekitar objek yang ingin diukur mendukung pencahayaan yang cukup.
  • Kemudian, klik ikon tambah sembari menggerakkan kamera ke arah lebar atau panjang objek.
  • Nantinya aplikasi bakal memunculkan garis dengan satuan meter pada objek tersebut.
  • Jika selesai mengukur, pengguna bisa menyimpan hasil pengukurannya dengan mengetuk ikon bulat putih yang ada di samping ikon tambah.
  1. Fitur Kirim Ciuman Lewat iPhone

Pasti fitur satu ini banyak yang menyukai. Bagaimana tidak, fitur tersembunyi iPhone ini bernama Digital Touch, yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengirim semacam stiker animasi yang ada di platform pesan instan Apple iMessage.

Keren kan? Disana akan dijumpai banyak stiker bergerak yang bisa dikirim dan dibuat pengguna melalui Digital Touch iPhone, salah satunya yakni stiker berbentuk ciuman. Tetapi fitur ini hanya bisa dilakukan pada sesama pengguna iMessage saja. Cara mengirim stiker ciuman di iPhone adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi iMessage di iPhone, dan ketuk kolom obrolan.
  • Klik opsi “Digital Touch”, lalu ketuk menggunakan dua jari pada bidang persegi untuk membuat stiker animasi.
  • Akan muncul otomatis stiker bergerak dengan bentuk seperti bibir yang sedang mencium.
  • Klik ikon panah untuk mengirimkan stiker tersebut.
  1. Fitur Lampu Flash Sebagai Tanda Notif

Keberadaan lampu LED Flash atau lampu kilat bukan hanya berfungsi untuk memberikan bantuan pencahayaan pada kamera iPhone saja. Akan tetapi pengguna juga bisa mengaturnya sebagai tanda notifikasi masuk di iPhone. Biasanya, notifikasi yang masuk di iPhone ditandai dengan suara atau getaran. Tetapi, kilatan lampu Flash juga bisa dibuat sebagai tanda notifikasi masuk di iPhone, dengan cara berikut:

  • Buka menu “Pengaturan” yang dengan mengetuk ikon berbentuk seperti gerigi roda.
  • Lalu gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Aksesibilitas”.
  • Pilih opsi “Audio / Visual”, yang berada di kolom “Pendengaran”.
  • Gulir lagi ke bawah, dan geser tombol toggle “Kilat LED Peringatan” untuk mengaktifkan lampu flash sebagai peringatan notifikasi.
  1. Mengubah Papan Ketik iPhone Jadi Trackpad

Sebagian pengguna mungkin sudah tidak asing dengan istilah trackpad atau papan fisik untuk navigasi ponsel yang biasa digunakan pada smartphone lawas. Nah, di iPhone juga punya fitur yang bisa mengubah papan ketik jadi trackpad virtual tersebut.

BACA JUGA  10 Game Android iOS MOBA Terbaik Untuk Mengisi Waktu Liburan

Ini merupakan salah satu fitur tersembunyi juga, yang mana jika pengguna ingin mengaktifkannya pengguna tak perlu aplikasi tambahan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Mulai tulis teks menggunakan papan ketik iPhone Anda.
  • Pada saat papan ketik virtual muncul di layar, tahan dan klik tombol spasi.
  • Nantinya papan ketik bakal masuk ke mode trackpad, pengguna bisa menggeser kursor yang ada ke kanan atau ke kiri dari papan ketik itu.
  • Sedangkan untuk keluar dari mode trackpad, pengguna hanya cukup melepaskan tombol spasi.

Fitur – fitur di atas bisa dijajal pada iPhone 11 Pro dengan versi sistem operasi iOS 15.2. Beda model ponsel dan versi sistem operasi, mungkin juga akan beda ketersediaan fitur dan letak opsinya. Itulah lima fitur tersembunyi pada Apple iPhone, selamat mencoba.