Oppo A76 Hadir di Kelas Menengah dengan Fitur Kelas Atas

Resmi, Oppo A76 telah dirilis di Indonesia pada Jumat (18/2/2022). Meski tergolong dalam ponsel kelas menengah, akan tetapi smartphone Oppo A76 dapat warisan fitur dari ponsel kelas atas Oppo Find series. Jadi, biarkan mid range, namun ada beberapa kelebihan yang membuat ponsel tersebut mewah. Adapun fitur warisan tersebut yakni teknologi pengisi daya cepat (fast charging) SuperVOOC. Oppo A76 yang dibekali dengan SuperVOOC 33 watt.

Hal ini turut di paparkan oleh PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto bahwa Oppo A76 bakal jadi ponsel A-Series pertama yang mendapatkan fitur SuperVOOC. Melalui sebuah acara peluncuran yang di gelar secara daring, Aryo juga mengatakan jika alasan Oppo membawa SuperVOOC ke A76 adalah agar fitur-fitur kelas atas tersebut juga bisa dinikmati oleh pengguna yang lebih luas.

“Ini sebagai sebuah bentuk komitmen ketika kami selalu menyuarakan bahwa nantinya fitur-fitur yang ada di perangkat kelas atas akan bisa dinikmati oleh semua perangkat lini serinya,” ungkap Aryo.

Selain itu, di tambahkan pula olehnya beberapa jumlah kelebihan dari fitur SuperVOOC 33 watt ini. Jadi SuperVOOC adalah singkatan dari Super Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging.

Teknologi ini merupakan pengisian daya cepat yang dikembangkan Oppo, setelah perusahaan mengembangkan teknologi “VOOC” 2013 lalu. Mulanya, fitur SuperVOOC hadir pertama kali di ponsel flagship Oppo Find X edisi khusus Lamborgini pada 2018 lalu. Kemudian untuk beberapa waktu, SuperVOOC menjadi fitur ekslusif di perangkat flagship Oppo.

Lalu penggunaan fast charging teknologi ini diperluas lagi hingga ke lini Reno series. Sehingga pada 2022 ini, Oppo A76 ikut kebagian fitur warisan tersebut dari ponsel flagship Oppo.

“Kami perkenalkan 33 watt SuperVOOC di perangkat Oppo A76. Ini menjadi yang pertama kalinya di lini A-Series,” imbuh Aryo.

Dengan keberadaan teknologi SuperVOOC 33 watt, Aryo membeberkan bahwa waktu pengisian daya dari ponsel ini menjadi lebih singkat lagi ketimbang ponsel A series yang lainnya. Selain itu Aryo juga mengeklaim, baterai 5.000 mAh pada Oppo A76 mampu terisi 50 persen dalam 31 menit atau terisi penuh 100 persen dalam kurun waktu sekitar satu jam saja.

BACA JUGA  OPPO A76 Hadir dengan Baterai Besar Dijual Rp 3 Jutaan

Untuk perbandingan saja, pendahulu A76, yakbi Oppo A74 5G dibekali baterai 5.000 mAh dengan fitur pengisian cepat 18 watt. Ini membuat pengisian daya dari nol hingga 68 persen memakan waktu sekitar 60 menit lamanya.

Sementara itu untuk Oppo A74 versi 4G dibekali dengan baterai 5.000 mAh dengan fitur flash charge 33 watt, yang diklaim bisa mengisi daya ponsel hingga 54 persen dalam waktu 30 menit saja. Namun tetap saja waktu pengisian daya ini sedikit lebih lama dari pada Oppo A76.