Tiramisu Resmi Jadi Nama Android Berikutnya

Seperti biasa, Google selalu menamai semua sistem operasinya ke dalam nama-nama makanan manis (Dessert). Sebut saja seperti Jelly Bean, Lollypop, Marshmallow, Oreo, dan masih banyak lagi. Kini akhirnya Google resmi mengungkap kode nama untuk sistem operasi Android 13. Kabar ini sesuai pada bocoran-bocoran sebelumnya, bahwa “Tiramisu” menjadi bekal nama sistem operasi (OS) generasi 13. Nama Tiramisu pada Android 13 ini terkonfirmasi dari informasi sistem di Android tigabelas yang dirilis untuk para developer (developer preview), belum lama ini. Pada menu About Phone ponsel Android 13, nama Tiramisu tercantum pada keterangan Android version (versi Android).

Tiramisu adalah salah satu kue kategori dessert yang berasal dari Italia dengan cita rasa kopi. Seringkali jika Tiramisu menjadi bagian hidangan penutup yang umumnya dijumpai pada restoran Italia, dan bahkan kini bisa di jumpai di hampir semua negara. Namun kabarnya, nama Tiramisu untuk Android 13 ini kemungkinan hanya akan dipakai oleh kalangan internal Google saja, yang tidak diumumkan ke publik atau dicantumkan di perangkat Android pengguna. Hal ini karena pihak Google sendiri telah menghentikan tradisi penamaan versi Android dengan nama-nama makanan/camilan manis, sejak versi Android 10 dan setelahnya.

Akan tetapi kode nama makanan untuk Android masih dipergunakan pada kalangan internal saja. Misalnya seperti kasus Android 10 dengan nama Quince Tart, Android 11 Red Velvet Cake, dan Android 12 Snow Cone. Keputusan Google untuk tak lagi menggunakan nama makanan pada penyebutan OS-nya tersebut sangat disayangkan oleh banyak fans Android. Mengingat penggunaan nama dessert sudah menjadi ciri khas OS Android Google itu sendiri. Google sendiri mulai menggunakan nama makanan manis untuk sistem operasi sejak merilis Android 3 atau versi 1.5 pada 2009 lalu, dengan nama Cupcake. Mekanisme penamaan OS Android dengan kode nama makanan manis penutup setelahnya pun dibuat berurutan sesuai dengan abjad.

Sederet nama pendahulunya telah tercatat seperti Donat, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice cream sandwich, Jellybean, Kitkat, dan masih banyak lagi mengurutkan abjad. Terakhir, Google menggunakan nama “Pie” untuk versi OS kesembilan (Android 9.0). Mengingat kode nama-nama makanan tersebut begitu sulit di pahami oleh kalangan awam menjadi alasan Google menghentikan tradisi tersebut. Sehingga memilih menggunakan nama dengan angka.

BACA JUGA  Spesifikasi Tecno Pova 5 dengan Baterai Jumbo 6.000 mAh

Fitur Menarik Android 13 dan Jadwal Rilis

Dave Burke, selaku VP of Engineering Android di Google, menyebutkan sejumlah perubahan yang disertakan dalam Android 13 versi developer preview 1. Fitur-fitur baru itu meliputi adanya lebih banyak opsi tema dan fitur privasi, preferensi bahasa baru, dan beberapa peningkatan lainnya. Untuk tema, Android 13 bakal menghadirkan ikon aplikasi yang lebih dinamis, jadi bukan hanya aplikasi bikinan Google saja. Nantinya bakal ada fitur ikon bertema yang memungkinkan ikon aplikasi yang memiliki warna senada dengan wallpaper pengguna.

Pada aspek privasi, Android 13 versi developer preview 1 membawa fitur privasi lebih segar dan baru. Misalnya yakni saat berbagi foto dan video di aplikasi. Sistem operasi terbaru inilah yang memungkinkan aplikasi hanya bisa mengakses foto atau video yang dipilih pengguna saja, bukan semua foto di galeri pengguna. Disisi lain pada OS ini, Google berencana menghadirkan fitur ini ke semua ponsel yang menjalankan OS Android 11 dan yang lebih baru. Perlu diingat jika Android 13 yang dirilis saat ini masih dalam versi developer preview 1, jadi belum versi final.

Kedepannya, Google masih bisa menghilangkan, mengubah, atau bahkan menambahkan berbagai fitur baru ke Android 13. Sementara untuk jadwal perilisan, mengacu pada informasi yang ada, yang dicantumkan di blog Developer Android, Google dijadwalkan merilis Android 13 versi developer preview pada bulan Februari-Maret 2022. Lalu dilanjutkan lagi dengan perilisan Android 13 versi beta pada April 2022. Sementara di versi akhir (stable) dari Android 13 ditargetkan siap pada Juni atau Juli 2022 tahun ini. Apabila benar sesuai jadwal, maka Android 13 versi akhir (stable) paling cepat bakal dirilis setelah bulan Juli 2022, sebagaimana mengutip dari Kompas Tekno, Selasa (15/2/2022).