Bandingin Samsung Galaxy S22 Ultra Vs iPhone 13 Pro Max, Mantep Mana?

Belum lama ini Samsung baru saja merilis lini ponsel flagship terbarunya, dengan model tertinggi yakni Galaxy S22 Ultra. Menyandang nama Ultra bukan berarti perangkat tersebut biasa-biasa saja, namun ponsel ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding dua saudaranya, Galaxy S22 versi reguler dan Galaxy S22 Plus. Dengan kata lain Samsung Galaxy S22 Ultra adalah varian tertinggi dari Galaxy S22 Series. Bukan hanya memiliki bidang layar yang luas, namun smartphone ini mempunyai pengaturan kamera yang lebih kompleks. Selain itu, ponsel ini juga mengadaptasi sistem serta desain dari seri Galaxy Note. Dibagian sisi kiri bawah pada bodi ponsel ini mempunyai kompartemen khusus untuk menyematkan S-pen, yakni stylus atau pena yang biasa dipakai di seri Galaxy Note. Dibagian sudutnya berbentuk menyiku, tak lain mirip seperti pada Galaxy Note 20 Ultra yang dirilis pada 2020 lalu.

Berkat keunggulan inilah Samsung Galaxy S22 Ultra terlihat nampak menjadi utama bagi sang vendor untuk beradu di pasar ponsel kelas flagship, khusunya dengan ponsel pabrikan Apple iPhone. Telah menjadi ajang tahunan, yakni adu ponsel kelas flagship antara Samsung dan Apple, mengingat keduanya merupakan brand populer yang memproduksi smartphone flagship. Untuk memenuhi pertarungan pasar mobile khususnya jajaran ponsel flagship, sudah sekitar akhir tahun lalu perusahaan asal California tersebut sudah merilis lini ponsel teranyarnya, dengan model tertinggi yakni iPhone 13 Pro Max. iPhone ini dibekali dengan segudang komponen mewah, mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dibanding tiga saudaranya seperti iPhone 13 Pro, iPhone 13, dan iPhone 13 Mini. Mengusung nama Pro dan Max, tentu saja smartphone ini memiliki ukuran layar yang lebih besar dibanding tiga saudaranya itu.

Selain itu, iPhone 13 Pro Max tersebut juga dibekali dengan tiga pengaturan kamera dengan tambahan sensor LiDAR. Sensor LiDAR atau (Light Detection and Ranging) merupakan peraba optik yang berfungsi untuk mengukur suatu objek. Dengan mengetahui spesifikasi lebih yang ditawarkan pada iPhone 13 Pro Max dan Galaxy S22 Ultra, agaknya cukup sulit untuk menemukan ponsel mana yang unggul. Pasalnya, kedua ponsel tersebut menggunakan sistem operasi (OS) yang berbeda, yakni Android dan iOS. Perbedaan sistem operasi tentu saja akan menghasilkan pengalaman yang berbeda juga saat menggunakan ponsel tersebut. Sementara itu pada Samsung Galaxy S22 Ultra didukung dengan stylus, dimana itu tidak dimiliki oleh iPhone 13 Pro Max. Meski begitu, kebutuhan pengguna juga bakal berbeda terkait stylus. Nah, intinya keunggulan smartphone bisa ditemukan secara akurat dari pengalaman dan kebutuhan masing-masing pengguna.

BACA JUGA  Sederet iPhone Bekas Terbaik Harga Mulai Rp 5 Jutaan

Lain halnya dengan spesifikasi di atas kertas atau yang memang ditawarkan oleh pabrik, pengguna bisa dengan jelas menemukan perbedaan serta keunggulan spesifikasi dari masing-masing ponsel flagship tersebut. Berikut rangkuman dari perbedaan kedua perangkat tersebut mengutip Kompas Tekno, Senin (14/2/20220).

Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra

Pada antarmuka smartphone Samsung Galaxy S22 Ultra, pengguna bisa melihat betapa megahnya layar yang di usung dengan panel Dynamic AMOLED 2X seluas 6,8 inci beresolusi Quad HD Plus, serta mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Terdapat dukungan poni atau punch hole sebagai rumah kamera selfie beresolusi 40 MP (f/2.2). Lalu pada bagian punggung, Galaxy S22 Ultra dibekali dengan empat pengaturan kamera yang tampak menyatu dengan bodi ponsel bagian belakang. Masing-masing lensa di semua sektor kameranya terdiri atas resolusi berbeda, diantaranya adalah kamera utama (wide) beresolusi 108 MP (f/1.8, dual pixel AF), ultra-wide 12 MP (f/2.2), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, optical zoom 3x), dan kamera telefoto dengan resolusi 10 MP (f/4.9, optical zoom 10x).

Sebagai dapur pacunya, S22 Ultra di Indonesia ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm). Dimana chipset tersebut dipadukan dengan beberapa konfigurasi RAM dan penyimpanan cukup besar yakni 8 GB/128 GB, 12 GB/256 GB, 12 GB/512 GB, dan 12 GB/1 TB. Sayangnya untuk Galaxy S22 Ultra yang meluncur di Indonesia hanya tersedia dalam pilihan RAM dan penyimpanan, antara lain 12 GB/128 GB, 12 GB/256 GB, dan 12 GB/512 GB.

Spesifikasi Apple iPhone 13 Pro Max

Lain Samsung, lain halnya dengan Apple dengan iPhone 13 Pro Max yang hadie dengan panel OLED 6,7 inci (2.532 x 1.170 piksel) yang mendukung refresh rate 120 Hz. Sama dengan kebanyakan ponsel lain, iPhone 13 Pro Max juga kebagian poni pada bagian layarnya yang disebut notch untuk menyematkan kamera selfie beresolusi 12 MP (f/2.2). Kemudian di bagian punggung, iPhone 13 Pro Max dilengkapi dengan tiga pengaturan kamera yang diterletak dalam sebuah modul berbentuk persegi, terdiri dari kamera utama (wide) 12 MP, (f/1.5), kamera telefoto 12 MP (f/2.8), serta kamera ultrawide 12 MP (f/1.8). Untuk sektor hardware, iPhone 13 Pro Max ditenagai dengan chipset Apple A15 Bionic (5 nm) untuk memberikan ketangkasan performa. Sedangkan untuk informasi kapasitas RAM di iPhone, biasanya memang tidak ditampilkan secara resmi oleh Apple.

BACA JUGA  Memperkirakan Harga Redmi Note 11 di Indonesia Mendatang

Mengutip dari GSM Arena, terdapat empat varian konfigurasi RAM dan penyimpanan pada iPhone 13 Pro Max yang antara lain adalah 6 GB/128 GB, 6 GB/256 GB, 6 GB/512 GB, dan paling besar dengan 6 GB/1 TB.

Baik Apple maupun Samsung, keduanya memang jago adu kebolehan produksi perangkatnya. Tak heran jika produk Samsung dan Apple seringkali menjadi perbandingan. Namun semua kembali pada keinginan pengguna, karena kebutuhan akan menjawab smartphone mana yang menurut pengguna paling mudah di gunakan dalam menyesuaikan kebutuhan sehari-hari.