Bakal Ada Xiaomi 12 Mini, Begini Bocoran Awalnya

Pada akhir tahun 2021 lalu, vendor besar smartphone asal China yakni Xiaomi telah merilis deretan Xiaomi 12 Series. Terdapat tiga model yang dirilisnya meliputi Xiaomi 12, Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12X. Kabar baru lagi, belum lama disebutkan bahwa Xiaomi bakal menambah satu anggota baru di keluarga 12 Series-nya. Sebut saja yaitu Xiaomi 12 Mini yang pastinya memiliki desain beda dari anggota lainnya. Bocoran ini di bagikan oleh salah seorang pembocor gadget kenamaan di Twitter @@Shadow_leak. Dalam kicauannya tersebut dia juga membagikan foto render perangkat dengan keterangan jelas “Xiaomi 12 Mini”.

Dari unggahan foto tersebut menunjukkan jika ponsel terbaru Xiaomi 12 Mini memiliki desain yang cukup berbeda dengan Xiaomi 12 lainnya, terutama pada modul kameranya. Masih sama dengan membawa tiga buah kamera, tetapi dengan peletakkan yang berbeda. Untuk Xiaomi 12 yang diluncurkan di negara asalnya, China mengusung satu lensa kamera yang besar dan diposisikan di paling atas. Namun sebaliknya, lensa besar pada foto render Xiaomi 12 Mini justru ditempatkan dibagian paling bawah dari dua lensa lainnya. Tetapi untuk logo penulisan merek Xiaomi masih sama-sama ditempatkan di punggung ponsel sebelah kiri.

Tidak hanya satu gambar itu saja, tetapi ada gambar yang lainnya dibagikan oleh @Shadow_leak. Namun, ia juga tidak membagikan informasi seperti bocoran spesifikasi dari perangkat yang kemungkinan disebut Xiaomi 12 tersebut. Padahal bocoran maupun berbagai rumor tentang Xiaomi 12 Mini sebenarnya sudah muncul sejak akhir tahun lalu. Mengutip KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (9/2/2022), Xiaomi 12 Mini kemungkinan akan hadir dengan layar kurang dari 6 inci dengan teknologi panel AMOLED. Apabila kabar ini benar artinya ukuran mini smartphone baru Xiaomi memang lebuh ramping. Seperti diketahui jika ukuran Xiaomi 12 adalah 6 28 inci dan Xiaomi 12 Pro dengan 6,73 inci.

Dibagian pacunya, 12 Mini konon bakal di sokong dengan chipset Snapdragon 870 buatan Qualcomm. Dengan kata lain, ini menjawab penasaran banyak publik jika chipset-nya berbeda dari Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro, namun masih sama seperti Xiaomi 12X. Dalam hal lain  @Shadow_leak juga pernah membagikan foto render Xiaomi 12 Mini dengan desain yang berbeda pada Desember 2021 lalu. Pada foto yang dibagikannya saat itu, modul kamera pada ponsel juga terdiri dari tiga kamera. Akan tetapi untuk penempatannya berbeda yakni dua lensa disejajarkan dari satu lensa lainnya. Sehingga belum bisa di pastikan akurasi atas bocoran yang ada tersebut sampai pihak Xiaomi benar-benar meresmikan 12 Mini di publik. Sebagai informasi, berikut tentang spesifikasi Xiaomi 12 di China.

BACA JUGA  Sederet Bocoran Fitur Unggulan yang Bakal Jadi Andalan Xiaomi 12

Spesifikasi Xiaomi 12 di China

Xiaomi 12 series telah meluncur di negara asalnya, China dengan tiga model yakni Xiaomi 12 reguler, Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12X yang khusus tersedia hanya di negeri Tirai Bambu itu. Untuk 12 dan 12 Pro dibekali dengan chipset teranyar Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Sedangkan pada Xiaomi 12X diperkuat dengan chipset Snapdragon 870. Soal bentangan layar, varian Xiaomi 12 Pro dibekali dengan panel AMOLED berbentang 6,73 inci dengan teknologi LTPO dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus sebagai perlindungan permukaan perangkat. Selain itu Xiaomi 12 Pro juga hadir dengan tiga buah kamera 50 MP yakni kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX 707 disertai dengan OIS, kamera telephoto 50 MP, serta kamera ultrawide 50 MP. Kemudian untuk kamera selfienya beresolusi 32 MP.

Xiaomi 12 juga mempunyai spesifikasi serta desain yang mirip dengan Xiaomi 12 Pro. Bedanya, jika ukuran layar Xiaomi 12 lebih rendah. Layar ponsel ini mengusung panel jenis AMOLED seluas 6,28 inci (2.400 x 1.080 piksel). Dibagian belakang bodi, Xiaomi 12 dibekali dengan kamera utama 50 MP di dukung sensor Sony IMX 766, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera tele-macro 5 MP. Lalu pada kamera depannya sama dengan Xiaomi 12 Pro yakni 32 MP.

Sementara untuk varian Xiaomi 12X, layarnya berjenis AMOLED dengan luas 6,28 inci dan mendukung refresh rate 120 Hz. Mengacu dibagian desain, Xiaomi 12X tampak identik dengan Xiaomi 12 reguler. Xiaomi 12X ini dibekali dengan tiga kamera belakang yang serupa dengan Xiaomi 12 yakni mengusung kamera utama 50 MP. Khusus untuk Xiaomi 12 reguler dan Xiaomi 12 Pro kabarnya akan dirilis secara global yang kemungkinan sekitar akhir Fabruari atau awal Maret 2022. Seperti yang sudah beredar, ada kemungkinan besar bahwa kedua ponsel ini bakal sasari Indonesia karena sudah mendapat sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).