OPPO Reno 7 yang Bakal Hadir di Indonesia Beda Dari Versi China

Salah satu brand smartphone populer, yakni Oppo yang belum lama telah di kabarkan. Dipastikan bahwa produsen asal Tiongkok tersebut bakal melenggangkan seri Reno7 di pasar Indonesia. Secara resmi memang jadwal peluncurannya belum di umumkan, namun beberapa bocoran telah di layangkan Oppo seperti spesifikasi maupun desain smartphone Reno7. Oppo Indonesia telah menyebutkan desain ponsel Reno7 yang bakalan tampil bergengsi dan pastinya lebih berbeda dibandingkan Oppo Reno7 yang meluncur di negara asalnya, yakni China. Sekilas desain Oppo Reno7 terungkap, dalam sebuah foto yang dibagikan oleh Oppo melalui keterangan resminya. Diketahui jika punggung Oppo Reno7 memiliki sudut yang membulat, khususnya di bagian bawah casing. Sepanjang tepian punggung juga di desain melengkung.

Sebagai perbandingan dengan Reno7 versi di China, sudut perangkat juga membulat. Akan tetapi pada tepian perangkat didesain kotak, bukan melengkung. Bagian ini juga menjadi pembeda utama fisik Reno7 di Indonesia dengan yang beredar di China. Bisa dibilang jika bocoran soal desain Reno7 di Indonesia hampir sama dengan desain yang menghiasi Oppo Reno6 yang diluncurkan di Tanah Air pada tahun 2021 lalu. Menurut Oppo, desain bodi semacam ini memberikan kesan tipis pada perangkat, dan pengalaman menggenggam ponsel akan lebih nyaman tentunya, terutama saat di genggam hanya dengan menggunakan satu tangan saja. Soal material, Reno7 smartphone Oppo terbaru ini mengusung tekstur glossy, yang kemungkinan berkat desain teknologi Reno Glow. Teknologi ini sendiri merupakan peningkatan dari Oppo Glow yang disebut oleh Oppo lebih tahan terhadap goresan. Dalam sebuah foto yang dibagikan tampak Oppo Reno7 mempunyai warna gradasi antara biru gelap dengan biru keabuan.

Tentu saja varian warna tersebut sangat berbeda dengan Reno7 yang di edarkan di China. Memang sama-sama memiliki warna gradasi, tetapi untuk varian di China hadir dengan warna yang lebih cerah, seperti biru muda dan ungu muda serta warna gold dengan gradasi salem.

Bocoran Spesifikasi Oppo Reno7 di Indonesia

Mengenai bocoran soal Spesifikasinya, dikabarkan bahwa Oppo Reno7 sudah mendapat sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan nilai TKDN 31,15 persen. Artinya perangkat ini telah lolos uji dan berhasil mengantongi sertifikat dari Direktorat Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika (Postel). Dengan begitu, secara teoritis maka perangkat ini siap diluncurkan di pasar Indonesia. Untuk diketahui jika ponsel ini merupakan series perangkat kelas menengah yang hadir dengan fitur andalan kamera depan maupun kamera belakang. Salah satu fitur unggulan yang hadir pada Oppo Reno Series yakni fitur Portrait.

BACA JUGA  OPPO N3 Flip Hadir Sebagai HP Lipat Pertama 3 Kamera

Disini Oppo andalkan sensor Sony IMX709 pada Reno7 yang merupakan sensor hasil kolaborasi Sony dengan Oppo. Sensor ini diklaim membawa 60 persen peningkatan sensitifitas cahaya serta 35 persen lebih rendah noise apabila dibandingkan dengan sensor yang terdapat pada Reno6. Bahkan tak tanggung-tanggung dalam kerjasama antara Oppo dan Sony dalam mengembangkan sensor tersebut melibatkan sedikitnya 300 insinyur dan menghabiskan waktu sekitar tiga tahun. Oppo bahkan menggelontorkan lebih dari 1,5 dollar AS atau setara dengan Rp 21,5 miliar dalam mengembangkan sensor IMX709.

Tak sampai disitu saja, namun Sony IMX709 juga hadir dengan model pencahayaan RGBW generasi baru. Dijelaskan oleh PR Manager OPPO Indonesia yakni Aryo Meidianto A yang menyebutkan bahwa dukungan tersebut memungkinkan sensor untuk menghasilkan warna yang lebih tajam lantaran setiap satu pixel rate RGB akan di dampingi dengan dua pixel white, sehingga sensor tersebut mampu menangkap lebih banyak warna. Karena sensor ini merupakan hasil pengembangan Oppo dengan Sony maka tidak akan digunakan oleh vendor ponsel lainnya, kecuali OnePlus yang kini satu naungan dengan Oppo. Selain fitur portrait, smartphone Oppo Reno7 juga dipastikan mendukung jaringan 5G.

Lebih lagi, Aryo juga mengatakan bahwa Oppo sudah melakukan berbagai uji jaringan 5G dengan beberapa operator lokal yang telah menggelar teknologi 5G. Dengan begitu, Aryo menjanjikan jika Reno7 akan kompatibel dengan jaringan 5G di Indonesia.