iPhone 13 Tiba-Tiba Layarnya Berubah Menjadi Pink, Kenapa?

Apple mempunyai generasi anyar terbaru yakni iPhone 13. Perangkat ini telah dirilis sejak September 2021 lalu. Walaupun terhitung baru beberapa bulan saja, tetapi sejumlah pengguna melaporkan adanya masalah pada layar iPhone 13 tersebut.

Laporan itu menjelaskan bahwa layar iPhone berubah warna pink secara tiba-tiba. Akibatnya pengguna tak bisa mengoperasikan ponsel Apple generasi 13 sama sekali. Tak ada cara lain yang bisa dilakukan kecuali melakukan reset perangkat.

Diketahui dari laman forum diskusi Apple pada Oktober 2021, salah seorang pengguna berkata jika layar iPhone 13 Pro miliknya berubah menjadi merah muda atau pink. Bukan itu saja, tetapi ponsel ini juga mengalami crash, tak lama setelah layar berubah warna. Alhasil, mau tak mau Apple harus memperbaiki semuanya dengan mengganti unit pada korban.

Sayangnya masalah serupa juga di alami sejumlah pengguna lain yang melaporkan kendala iPhone 13 di Reddit. Akan tetapi untuk mereka yang mengalami masalah tersebut tidak mendapat solusi penggantian unit, lantaran Apple berdalih adanya bug (software) sebagai penyebabnya, bukan komponen (hardware) pada iPhone 13.

Di dalam laman dukungan Apple atau Apple Support menyatakan juga bahwa perusahaan telah melakukan pemeriksaan dan menyatakan tidak ada sesuatu yang bermasalah. Mengutip dari Kompas Tekno, Selasa (25/1/2022) jika insiden berubahnya warna pada layar iPhone menjadi pink itu memang secara acak. Pengguna yang mengalami kejadian ini mengatakan jika peristiwa itu terjadi sejak dirinya menggunakan fitur GPS untuk membantu navigasi.

Terkait Reddit, pengguna yang mengalami menyampaikan, “baterai ponsel saya menjadi aneh dan freeze, jadi saya menyalakan ponsel dan layarnya juga berwarna pink.”

Menurut Apple Insider, masalah tersebut memang kemungkinan besar disebabkan oleh software, bukan hardware di iPhone 13. Indikasi tersebut terlihat dari sejumlah ikon seperti sinyal dan baterai yang berwarna putih sebagaimana kondisi normal pada umumnya.

Memang, untuk sejauh ini pembaruan untuk iOS 15.3 belum disertai perbaikan bug layar pink. Akan tetapi Apple menyarankan pengguna agar membuat cadangan (backup) data dan menginstal pembaruan baru saat tersedia. Terkait iPhone 13, perangkat iOS tersebut hadir dalam empat model meliputi iPhone 13 “reguler”, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

BACA JUGA  Wow! Harga iPhone di Jepang Termurah Sedunia untuk Saat Ini

Berbeda dari pendahulunya, iPhone 12 yang tidak disertai poni. Namun pada iPhone 13 Series hadir dengan tampilan bertambah poni (Notch) yang diklaim 20 persen lebih kecil. Selain poni, chipset terbaru juga di tanamkan yakni A15 Bionic, yang diklaim memiliki performa 50 persen lebih ngebut dibanding chipset kompetitor.

Soal harga, iPhone 13 di Indonesia untuk satu unitnya dilepas kisaran Rp 15-21 juta, lalu iPhone 13 Mini dijual sekitar Rp 13-19 juta. Sedangkan untuk iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max dijual mulai Rp 18,5 juta hingga Rp 31 juta.