fbpx

Vivo Y21A Dirilis Berbekal Baterai 5.000 mAh, Harga?

Seri Y smartphone Vivo kembali mejeng di internet. Memang benar jika perusahaan Tiongkok tersebut telah kembali mampang di jagad mobile dengan meluncurkan smartphone seri Y yakni Vivo Y21A. Ponsel ini telah mengawali debutnya di India dan telah menjadi suksesor dari Vivo Y20A yang dirilis akhir tahun lalu. Secara spesifikasi, smartphone Vivo tersebut tampil dengan layar LCD seluas 6,51 inci sudah lengkap HD Plus (1600×720 pixel) dan aspect ratio 20:9.

Jika di perhatikan lagi, Vivo Y21A mirip dengan Vivo Y21T yang masuk Indonesia pada awal Januari ini. Terlihat adanya sebuah poni berbentuk waterdrop di bagian depan, dan modul berbentuk persegi yang membungkus kamera di bagian punggung perangkat. Untuk dimensinya, Vivo Y21T berukuran 164,26 × 76,08 × 8,00 mm dengan bobot 182 gram, memang sedikit lebih ringan jika dibanding pendahulunya, Vivo Y20A.

Sebagai tenaganya, ponsel Vivo Y21T percayakan semua kinerja dari chipset MediaTek Helio P22 yang diproduksi dengan proses fabrikasi 12nm. Untuk menjamu pengguna baru agar lebih puas chipset tersebut di kombinasikan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB.

Bahkan para pengguna juga bisa menambah kapasitas RAM melalui fitur Extended RAM sebesar 1 GB. Smartphone ini menawarkan dua kamera belakang, konfigurasinya yaitu 13 MP (f/2.2) sebagai kamera utama dan kamera makro dengan 2 MP (f/2.4).

Sejumlah fitur dukungan pada kemampuan fotografinya adalah Portrait, Panorama, Live Photo serta mode Pro. Ada pula fitur slow-motion untuk mendukung aktivitas videografi pengguna smartphone Vivo Y21T. Sedangkan untuk kamera depannya terlilit resolusi 8 MP.

Sebagai jantung utama smartphone, tak lupa Vivo bekali Y21A dengan kapasitas 5.000 mAh yang dibekali kemampuan pengisian cepat (fast charging) 18W. Fitur lainnya juga tak ketinggalan yaitu, port USB tipe-C, jack audio 3,5mm, serta slot micro SD.

Dukungan kartu SIM ganda tetap ada, seperti ponsel pintar pada umumnya. Serta masih banyak lagi berupa jaringan 4G, VoLTE, WiFi 2,4GHz/5GHz, bluetooth 5.0, GPS dan sensor pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol power dan pastinya masih banyak lagi. Nah, ada satu yang menarik karena pengguna akan mendapatkan fitur Multi-Turbo 5.0, mode Ultra-Game, Easy Share dan iManager.

BACA JUGA  Oppo A95 Punya 6 Fitur Serba Tahan, Apa Saja?

Untuk soal software, Vivo Y21T berjalan dengan sistem Android 11 yang dipoles antarmuka khas Vivo, FunTouch 11.1. Smartphone Vivo ini tersedia dalam dua pilihan warna, Midnight Blue atau Diamond Glow. Meski telah resmi mendarat di India, akan tetapi soal harga Vivo Y21A belum diumumkan. Apakah smartphone Vivo Y21T juga bakal hadir di Indonesia?

Jawabannya, mengacu pada kabar yang ada Vivo kemungkinan besar juga akan menyasar di Indonesia. Ini karena munculnya sebuah indikasi tentang kode ponsel (V2149) di laman sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian per tanggal 4 Januari 2022. Kode yang sama juga muncul di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo. Akan tetapi sampai saat ini pun informasi tentang kapan Vivo Y21T meluncur di Tanah Air juga belum diketahui.