fbpx

Cara Sembunyikan Foto Video di Galeri iPhone

Foto atau video yang ada di ponsel memang seharusnya menjadi privasi masing-masing orang. Tidak seorang pun pantas lancang memaksa pemilik hp untuk menunjukkan semua yang ada di galerinya, tergantung bagaimana para pemilik tersebut mengijinkan atau tidak.

Ada beberapa yang sama sekali tidak berkenan, namun lantaran perasaan tak enak membuatnya harus meminjamkan perangkat dan melihat semua isi galeri. Tips ini sangat cocok sekali buat kamu yang dibebani perasaan tak enak ketika seorang teman lantas meminjam ponsel.

Ya, cara sembunyikan foto video di galery iPhone, agar kamu merasa lebih tenang saat perangkat di pinjam teman. Sayangnya fitur ini tersedia untuk pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 9 atau yang lebih baru. Jika di ingat, fitur ini mirip seperti yang ada di Samsung Galaxy Grand Neo Duos yang sudah cukup lama di rilis dengan sistem operasi yang kala itu masih Jelly Bean atau tidak Lolipop.

Sembunyinya semua foto dan video di galery adalah keinginan pengguna iPhone jika memang berkenan menyembunyikan. Artinya, kamu tentu tetap bisa melihatnya dan tidak bagi orang lain. Mengutip laman Kompas Tekno, Kamis 13/1/22 yang mencoba dengan iPhone versi iOS 15.0.2.

Bicara soal perbedaan sistem operasi iOS, mungkin saja akan mempunyai perbedaan pada letak atau opsi tahapannya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu coba.

  • Buka galeri foto di iPhone dengan mengetuk aplikasi bawaan dengan nama “Photos” atau “Foto”.
  • Lalu buka album, dan klik opsi “Pilih” yang berada dibagian pojok kanan atas layar.
  • Pilih beberapa foto atau video yang ingin kamu privasi atau sembunyikan.
  • Klik opsi berbagi, lakukan dengan mengetuk ikon persegi dengan panah yang berada dibagian pojok kiri bawah layar. Nantinya akan muncul banner baru yang memuat pengaturan opsi berbagi, kamu bisa gulir ke bawah, lalu klik opsi “Sembunyikan”.
  • Langkah yang terakhir, nfirmasi permintaanmu dengan klik opsi “Sembunyikan Foto”.

Setelah klik opsi tersebut, foto atau video yang disembunyikan tidak akan terlihat di album dalam galeri lagi, alias pindah ke folder tersembunyi.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi oppo R1x 2022 Terbaru! Ponsel Elegan dengan Harga 3 Jutaan

Sementara jika kamu ingin memulihkan seperti semula, berikut caranya:

  • Buka galeri foto di aplikasi “Foto”, lalu gulir ke bawah, klik folder “Tersembunyi”. Pada folder tersebut semua foto dan video yang disembunyikan akan tertampil semua.
  • Kemudian klik opsi “Pilih” yang letaknya ada di pojok kanan bagian atas layar, lalu pilih beberapa foto atau video yang akan dikembalikan ke album entah satu, dua, beberapanya atau semuanya.
  • Kemudian klik lagi ikon persegi dengan yang berada dibagian pojok kiri layar.
  • Pilih opsi “Tunjukkan”. Maka semua foto yang ingin kamu perlihatkan sudah tertampil lagi.

Fitur pada iPhone tersebut tidak menggunakan pengaman seperti kata sandi atau pola. Semua bisa dilakukan dengan mudah oleh pemilik iPhone dengan iOS mendukung atau terbaru. Asalkan si peminjam hp tidak tahu soal fitur tersebut maka aman-aman saja.

Sepertinya masih kurang sempurna jika tanpa pasword, karena seseorang yang meminjam hpmu bisa dengan mudah mengakses folder tersembunyi. Nah, solusi tepat apabila kamu ingin lebih aman bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti KeepSafe.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyembunyikan foto yang dilengkapi kata sandi, sehingga aman dan tenang. Satu lagi, sebaiknya memang jangan sembarangan melepaskan perangkatmu di tangan orang lain. Biar bagaimanapun, ponsel merupakan barang pribadi.