Smartphone Lipat Huawei Akhirnya Dirilis dengan Snapdragon 8 Generasi 1

Akhirnya, Huawei berkecimpung meramaikan segmen ponsel lioat (Foldable Phone) dengan meluncurkan Honor Magic V 5G di China. Ini pertama kalinya Honor mempunyai ponsel lipat dengan seri tersebut yang ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Jika melihat dari desainnya, Honor Magic V 5G mempunyai bentuk dan mekanisme lipatan yang tak jauh beda dengan ponsel lipat buatan Samsung, yakni Galaxy Z Fold 3.

Honor mengusung dua layar pada ponsel lipat pertamanya, yakni layar utama atau (main screen) dan layar sekunder alias (external screen). Tentu saja penggunaan dua jenis layar tersebut sangat mirip dengan Samsung Galaxy Z Fold 3. Namun yang membedakan disini adalah ukuran layar utama dan layar sekunder pada Honor Magic V 5G sedikit lebih luas dibandingkan milik Samsung.

Jika di posisikan terbentang, layar utama smartphone Huawei ini berukuran 7,9 inci dengan resolusi 2.272 x 1.984 piksel, aspect ratio 10:9, serta mendukung refresh rate 90 Hz. Ini merupakan ukuran yang memang lebih besar dari Samsung Galaxy Z Fold 3 yang hadir dengan layar utama 7,6 inci saat dibentangkan.

Sementara jika dilipat, ponsel Honor terlihat mirip ponsel biasa yang menampilkan layar sekunder seluas 6,45 inci dengan resolusi 2.560 x 1.080 piksel, aspect ratio 21:9, dan mendukung refresh rate 120 Hz. Untuk dukungan layar sekundernya juga sedikit lebih besar dibanding smartphone lipat Samsung, yakni dengan 6,2 inci.

George Zhao selaku CEO Honor mengklaim jika ponsel Honor Magic V 5G usung mekanisme lipatan seperti buku yang dapat bertahan dilipat dan dibuka sebanyak 200.000 kali, hal ini sebagaimana yang dikutip dari Kompas Tekno, dari The Verge, Rabu (12/1/2022).

Dibagian aspek fotografi, smartphone honor dibekali dengan double selfie camera yang terdiri 42 MP, diletakkan dalam sebuah punch holeh di layar bagian depan dan dalam. Sedangkan tiga kamera belakang yang melengkapinya, kesemua menghimpun 50 MP yang terdiri atas kamera utama 50 MP, kamera utrawide 50 MP, dan kamera spektrum warna (color spectrum).

Bagian dalam perangkat, smartphone Honor percayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dengan fabrikasi 4nm dan sudah mendukung teknologi jaringan 5G. Kemudian untuk mendukung multitasking pengguna dibenamkan kapasitas RAM 12 GB serta penyimpanan media atau ROM 256/ 512 GB.

BACA JUGA  Huawei Mate 50 Pro Jadi Sang Raja Kamera Baru di Kelas Smartphone

Sebagai jantung utama perangkat, Honor Magic V 5G menanamkan baterai berkapasitas 4.750 mAh dan sudah mendukung fast charging 66 watt. Fitur tersebut memungkinkan pengguna agar mengisi daya lebih cepat hingga 50% dalam waktu 15 menit saja. Tatanan softwarenya, ponsel ini sudah berjalan dengan sistem operasi Android 12 dilapisi antarmuka Magic UI 6.0. Lantas berapa harga satu unitnya?

Karena saat ini Huawei masih memasarkan Honor Magic V 5G di China, untuk satu unit smartphone di lepas dengan harga 9.999 Yuan (sekitar Rp 22,4 juta) untuk varian 12/ 256 GB. Sedangkan untuk varian 12/512 GB dijual seharga 10.999 Yuan atau (kira-kira Rp 24,6 juta).

Kabarnya smartphone ini dipasarkan pertama kali di China pada 18 Januari 2022 mendatang yang hadir dengan warna silver, orange, dan black. Namun belum ada informasi lebih lanjut apakah produk Honor tersebut juga akan di pasarkan diluar pasar China. Jadi, kita tunggu saja.