Dulu Populer Banget, Tapi Sederet Merk Ponsel Ini Sekarang Tinggal Kenangannya Aja

Di era modernisasi seperti sekarang, teknologi semakin banyak dengan pengenalan terbaru. Namun siapa sangka hal itu bikin beberapa perangkat justru jatuh, alias tenggelam namanya. Pasalnya seperti yang kita tahu, dalam setiap tahunnya saja banyak pergantian perangkat. Contoh paling menonjol, dulunya kita sering menggunakan ponsel jadul biasa yang kini merambah menjadi smartphone dengan keberadaan fitur canggih dari pendahulunya. Apa saja merek HP yang dinilai tenggelam, berikut beberapa daftarnya.

Ericsson

Ericsson, merupakan sub-brand merek asal Swedia yang berdiri sejak tahun 1990-an. Ericsson menjadi merek ponsel beken pada masanya bersama dengan Nokia. Sayangnya makin kesini pamornya makin meredup. Bahkan di abad ke-21 yang mana Ericsson kembali bangkit dengan peluncuran ponselnya dengan sistem operasi Symbian R380.

Akan tetapi hal itu tak mampu mewujudkan kiprahnya kembali untuk eksis di pasaran. Alhasil, Ericsson justru membagi perusahaannya menjadi dua divisi. Laku pabrikan merubah sistem produksi dan desain ponsel dialihkan ke Sony Ericsson Mobile Communications, hasil kerja samanya dengan Sony.

Sedangkan untuk pengembangan software dan hardware yang digunakan sebagai fondasi guna membuat telepon seluler dialihkan ke perusahaan baru yang disebut dengan Ericsson Mobile Platforms (EMP).

Nokia

Selain Ericsson, seperti yang disebutkan tadi bahwa merek lain yang hampir tenggelam lepas adalah Nokia. Dulunya merek ini sempat populer, hingga meluncurkan ponsel Lumia. Akan tetapi kini perusahaan tersebut telah di akuisisi HMD Global.

Walaupun demikian, brand tersebut masih belum bisa menyeimbangkan merek berjaya lain seperti Samsung, Xiaomi dan beberapa merek ternama masa kini lainnya. Akan tetapi kabarnya Nokia juga akan kembali ke pasar mobile.

Sony Ericsson

Siapa sangka jika Sony Ericsson juga masuk dalam daftar merek HP yang mulai tak tampak namanya. Perusahaan yang merupakan hasil joint venture dengan Sony yang dibentuk pada 2001 ini sempat menelurkan sejumlah ponsel populer dengan aneka fitur inovatif, seperti misalnya Sony P800 yang dibekali dengan keypard sekaligus layar sentuh dan stylus.

BACA JUGA  5 Iphone Murah Paling Rekomendasi

Ini menjadi salah satu keluarga Xperia Sony yang sempat eksis dirintis di masa Sony Ericsson. Sayang, berdasarkan dari keterangan di situs Ericsson, penjualan produk Sony Ericsson yang identik dengan logo lingkaran berwarna hijau mulai terpuruk pada 2008.

Siemens

Perusahaan Siemens adalah pabrikan ponsel yang berasal dari Jerman, sempat mencoba peruntungan di industri ponsel melalui Siemens Mobile dan berhasil eksis selama beberapa waktu saja. Akan tetapi tak sesuai harapan, kiprah Siemens tak bertahan lama tersebut membuatnya memutuskan untuk menjual divisi ponsel pada perusahaan asal Taiwan yakni BenQ di tahun 2005.

LG

Sama seperti Samsung, LG juga satu negara dengannya, yakni dari negeri Ginseng sebagai pemasok perangkat pintar. Disamping itu LG juga merangkup perakitan elektronik dan kebutuhan rumah tangga. Salah satu yang tak pernah dilupakan, LG menelurkan smartphone G Flex berbentuk melengkung pada 2013, atau Wing yang mengusung dua layar dan bisa diputar. Tapi, seperti yang bisa kita lihat perkembangan smartphone LG memang tak se populer dulunya.

Esia

Masih ingat dengan Esia? Ya, operator seluler yang berbasis CDMA dari Bakrie Telecom hingga kemudian merakit ponsel yang dipasarkan kemudian dengan nama Esia Hidayah edisi ramadhan. Ponsel Esia sempat populer di dekade 2000-an hingga awal 2010-an, namun lambat laun Esia terpuruk. Terlebih lagi sejak teknologi seluler Code Division Multiple Access (CDMA) ditinggalkan oleh operator-operator lain pada masa awal peralihan ke 4G.

Nexian

Nexian menjadi merek populer di Indonesia, tepatnya dimasa awal kejayaan Android pada dekade yang lalu. Sebagai pabrikan dari brand lokal, Nexian sempat merilis ponsel Android One di tahun 2015. Tetapi setelah itu namanya tak terdengar lagi, seolah lenyap di pasaran.

Blackberry

Satu perangkat yang bakal jadi kenangan terindah adalah BlacBerry, tentu kalian masih ingat dengan wujud perangkat tersebut yang mengenalkan BBM makin populer. BlackBerry adalah perangkat yang dikenal dengan papan atau keypad QWERTY. Sayang sekali, makin kesini semakin hilang saja langkahnya. Banyak smartphone lain yang makin maju membuat nama BlackBerry seolah dilupakan.

BACA JUGA  5 HP Vivo yang Lagi Diskon Akhir Tahun Hingga Rp 1 Juta

Itulah beberapa nama merek ponsel yang kian meredup. Semoga kedepan, semua merek di atas akan kembali bangkit dengan sentuhan teknologi terbaru.