Android 12 Go Bisa Buka  Aplikasi Tanpa Harus Diunduh Terlebih Dahulu

Pembaruan demi pembaruan sistem operasi pada smartphone yang digulirkan oleh Google sudah banyak terlihat, serta bisa dirasakan hasilnya. Ini seperti yang diketahui bahwa perusahaan tersebut suka memberikan nama-nama untuk sistemnya dengan jenis makanan, seperti Marshmallow, Nougat, Oreo dan masih banyak lagi sesuai dengan urutan abjad. Namun kali ini kita akan lebih fokus pada Android Go.

Kabar terbaru mengenai OS tersebut sudah mulai berkeliaran. Disebutkan jika Android 12 Go Edition akan memberikan transparansi kepada pengguna smartphone guna mengakses seluruh aplikasi. Selain itu OS tersebut juga memudahkan pengguna agar bisa menentukan seberapa banyak informasi pribadi dapat di akses oleh aplikasi. Guna menunjang privasi para penggunanya, Google sengaja hadirkan dashboard khusus yang bisa mengatur akses aplikasi pada beberapa perangkat seperti kamera, lokasi sampai dengan microphone.

Bahkan dengan pembaruan Android 12 Go Edition tersebut pengguna bisa mencabut izin akses dari aplikasi melalui dashboard yang telah disediakan. Ditambahkan juga indikator privasi pada bilah status yang akan memberitahu pengguna ketika terdapat aplikasi yang saat itu sedang mengakses perangkat. Namun fitur-fitur terbaru tersebut hanya akan dijumpai jika perangkat sudah mendukung Android Go keluaran 2022. Ini artinya bagi anda semua yang ingin mengetahui kebolehan pembaruan tersebut harus bersabar.

Pembaruan Android 12 Go Edition

  • Aplikasi

Salah satu peningkatan tersebut misalnya, aplikasi akan memungkinkan pengguna dalam memulihkan file yang sudah terhapus selama waktu yang ditentukan yakni 30 hari. Jadi jika nantinya smartphone anda telah mendukung sistem operasi ini maka tak perlu khawatir lagi.

  • Multibahasa

Multibahasa menjadi fitur cerdas yang nantinya hadir, memungkinkan pengguna bisa membaca artikel atau mendengar radio, sesuai dengan terjemahan bahasa yang anda inginkan.

  • Fitur App Sharing

Fitur App Sharing turut dihadirkan oleh google pada buku aplikasi tanpa di dowonload terlebih dahulu. Secara singkat fitur ini memungkinkan para pengguna untuk mendapat aplikasi secara mudah tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu, sebagaimana kita tahu selama ini. Bahkan pengguna  juga bisa berbagai aplikasi dengan perangkat terdekat menggunakan Nearby Share dan Google Play. Dengan adanya fitur ini, pengguna tentu dapat menghemat data lantaran tak perlu  mengunduh aplikasi.

  • Berbagi Perangkat Secara Aman
BACA JUGA  Ini Cara Main Google Games Dino tanpa Terputus ke Internet!

Selebihnya lagi pada kesempatan ini Google tetap memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna dengan adanya fitur Berbagi Perangkat Secara Aman. Ini karena keberadaan fitur yang dibuat Google pada Android 12 Go Edition yakni menambahkan profil tamu yang bisa di akses secara langsung pada layar kunci. Intinya pengguna bisa beralih ke profil tamu jika perangkat hendak akan di pinjam oleh rekan, sebagaimana yang dikutip dari Kompas Tekno Kamis, (16/12/2021).